• Headline News


    Wednesday, November 16, 2016

    11 Ribu Lebih Pemilih SBB Belum Miliki e-KTP

    Ambon, KT
    Masalah kepengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau e-KTP rupanya menjadi masalah krusial akhir-akhir ini. Bukan hanya di Kota Ambon, namun justru menjalar ke Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

    Jumlah pemilih yang belum memiliki e-KTP tersebut pun jumlahnya tak tanggung-tanggung bahkan mencapai angka 11 ribu sehingga Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat belum mengakomodirnya dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS). 

    Ketua KPU SBB, Silehu Achmad kepada wartawan kemarin di Ambon mengatakan tercatat KPU SBB telah melayangkan surat sebanyak dua kali kepada Disdukcapil setempat agar mempermudah pengurusan KTP elektornik 11.102 pemilih yang tak terakomodir dalam DPS. Namun, belum ada jalan keluar pasti lantaran terkendala masalah anggaran.

     “Disdukcapil bahkan meminta anggaran dari KPU untuk mengurusi masalah ini. Sementara KPU sendiri tidak memiliki alokasi dana untuk pengurusan KTP elektronik masyarakat karena itu domainnya pemerintah daerah,” ujar Silehu. 

    Ia mengatakan telah meminta Disdukcapil untuk dalam waktu dekat berkordinasi dengan pemkab dan membicarakan kendala anggaran tersebut.

    “Tentu kami berharap ada itikad baik dari Disdukcapil karena ini masalah hak demokratis dari rakyat SBB. Misalnya saja tidak diproses sampai KTP elektronik, minimal ada surat keterangan domisili agar pemilih-pemilih tersebut dapat menyalurkan hak pilihnya dalam pilkada nanti,” katanya.

    Sebelumnya diberitakan, KPU Kabupaten SBB secara resmi telah bertemu dengan Disdukcapil setem­pat, menyikapi 11.102 pemilih yang tidak terakomodir di DPS.

    Jumlah pemilih dimaksud sangatlah banyak, sehingga sangat disayangkan jika tidak terakomodir dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan ditetapkan pada 2 Desember mendatang. Sementara KPU setempat telah menetapkan DPS SBB sebanyak 148.383 pemilih. (KT-HT)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 11 Ribu Lebih Pemilih SBB Belum Miliki e-KTP Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top