• Headline News



    Monday, October 17, 2016

    Warga Maluku Dihimbau Hindari Isu SARA Jelang Pilkada

    Ambon, KT
    Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Maluku, Idrus Toekan menghimbau agar masyarakat Maluku, khususnya bagi daerah-daerah yang ikut dalam melaksanakan Pilkada serentak jilid II agar jangan termakan oleh isu-isu yang berbau SARA dan dapat merusak tatanan kehidupan persaudaraan di Bumi Pela Gandong ini.

    Menurut Toekan, isu SARA yang sengaja dimainkan pada pilkada hanyalah semata-pmata untuk menghancurkan kehidupan antar umat beragama di Indonesia, oleh sebab itu masyarakat khususnya di Maluku jangan terpancing dengan isu-isu tersebut.

    “Saya menghimbau agar masyarakat Maluku, khususnya di Kota Ambon dan beberapa daerah lain yang ikut melaksanakan perhelatan politik Pilkada serentak semester kedua ini jangan terkontaminsi dengan berbagai isu SARA yang tersebar di luar daerah. Hal itu tentu dapat mengakibatkan perpecahan antar umat beragam di Maluku yang sudah menjadi budaya lokal orang Maluku,” kata Toekan.

    Toekan menghimbau kepada masyarakat Maluku harus terlibat aktif dalam menjaga ketertiban dan keamanan. Karena biasayanya dalam waktu menjelang Pilkada itu berbagai isu sengaja dimainkan oleh para oknum yang tidak bertanggungjawab yang dapat menghancurkan budaya keakraban hidup orang basudara yang ada di Maluku. 

    tak hanya itu, Toekan juga menghimbau agar tim maupun pendukung dari tiap pasangan-pasangan calon kepala daerah yang ikut berkompetisi agar bisa menghindari isu-isu tersebut, jangan ada saling fitnah dan saling menjatuhkan dalam memperebut kursi kepemimpinan di daerah, tetapi bertarung dengan mengedepankan semangat hidup orang basudara sebagaimana menjadi simbol dari kehidupan Pela Gandong yang kemudian dapat membawa Maluku sebagai laboratorium kerukunan antar umat beragama.

    Menyinggung soal isu SARA yang sengaja dimainkan pada Pilkada DKI yang akan berlansung bersamaan dengan daerah-daerah lain dan sudah menjadi bahan diskusi di kalangan masyarakat Maluku, baik melalui media sosial dan lainya, Toekan menyampaikan agar Maluku terhindar dari masalah tersebut yang mulai berkembang, maka masyarakat harus mampu menghindari isu tersebut.

    “Jika isu tersebut sengaja dimainkan di DKI, masyarakat Maluku jangan mudah terpancing dengan hal tersebut. Budaya orang Maluku itu berbeda dengan budaya jawa dan daerah-daerah lain. Budaya orang Maluku itu kental dengan yang namanya budaya orang Basudara, dimana budaya tersebut tergambarkan dalam budaya Pela-Gandong. 

    Itu adalah budaya yang dijaga para leluhur secara turun temurun. Oleh karena itu, selaku Ketua MUI Maluku, saya menghimbau agar semua masyarakat Maluku jangan termakan dengan isu-isu yang dapat menghancurkan adat serta budaya orang Maluku yang selama ini terpelihara dengan baik,” himbaunya. (KT-SH)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Warga Maluku Dihimbau Hindari Isu SARA Jelang Pilkada Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top