• Headline News


    Monday, October 10, 2016

    Tak Ada Grand Desain Pengelolaan Tambang di Maluku

    Ambon, KT
    Wakil Ketua Komisi B DPRD Maluku, Sudarmo mengatakan setelah dirinya meneliti secara benar laporan realisasi anggaran milik Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Maluku, rupanya tidak tercantum sama sekali terkait grand desain pengelolaan pertambangan di Maluku. 

    Padahal, Provinsi Maluku kian tersohor namanya dengan potensi pertambangan yang sangat menjanjikan bagi kesejahteraan masyarakat Maluku secara khusus dan Indonesia secara luas.

    "Di dalam Dokumen Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Perubahan tidak ada satu kalimat pun yang menunjukkan soal pemanfaatan atau pengelolaan potensi pertambangan di Maluku," ujar Sudarmo dalam rapat bersama dengan mitra. 

    Dia meminta agar hal ini menjadi catatan serius pemerintah khususnya Dinas ESDM Maluku untuk bisa menciptakan grand desain pengelolaan pertambangan di Maluku yang efektif dan efisien serta bisa membantu mensejahterakan masyarakat. 

    Politisi PKS ini berpendapat, Dokumen KUA ini tidak ditelaah secara baik oleh pemerintah daerah dari segi instansi teknis yang menangani masalah tersebut sehingga pola pengembangan dan pemanfaatan potensi pertambangan di Maluku tidak diakomodir dalam kebijakan yang ada.

    "Bagaimana kita bicara bangun Maluku sementara eksekutif saja tidak menyiapkan hal tersebut, ini perlu dikritisi sehingga kepentingan dalam rangka mensejahterakan masyarakat benar-benar dikawal secara serius," katanya. 

    Masalah pertambangan saat ini bukan menjadi masalah yang disembunyikan, dan di Maluku potensi tersebut terbuka lebar dengan adanya pertambangan di Gunung Botak Kabupaten Buru dan Romang Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), bahkan menurut hasil kajian ada 25 cekungan migas yang belum dioperasikan. 

    "Sebenarnya ini menjadi target kita dalam rangka pengelolaan demi kesejahteraan masyarakat kita, bukan kita diam dibalik meja dengan potensi sekian banyak ini," tandasnya. (KT-HT)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tak Ada Grand Desain Pengelolaan Tambang di Maluku Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top