• Headline News



    Wednesday, October 26, 2016

    Tagop: Kesehatan Masyarakat Bursel Harus Dipenuhi Pemerintah

    Namrole, KT
    Bupati Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Tagop Sudarsono Soulissa mengatakan, Kesehatan adalah hak masyarakat yang harus dapat dipenuhi oleh pemerintah dan menjadi kewajiban bagi pemerintah untuk menyediakan pelayanan kesehatan yang bermutu dan muda dan terjangkau.

    Hal itu disampaikan Tagop dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten II Sekertaris Daerah (Sekda) Bursel Johanis Lesnussa saat membuka kegiatan Rapat Kerja Kesehatan  Daerah (Rakerkesda) yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bursel  berlangsung di Desa Wamsisi Kecamatan Waesama, Senin (24/10).

    Bupati  menandaskan, penyediaan pelayanan kesehatan  tidak terlepas dari upaya Pemerintah secara terus menerus dalam meningkatkan pembangunan kesehatan di Kabupaten ini.

    “Peningkatan kesehatan dapat dilaksanakan melalui upaya-upaya  antara lain, upaya kesehatan, pembiayaan kesehatan, sumber daya manusia kesehatan,  ketersedian farmasi, logistic, informasi kesehatan dan pembedayaan masyarakat,” terang Tagop.

    Lanjut Tagop, upaya itu dapat terealisasi dengan adanya rencana kerja yang tersusun dengan baik. Dimana, Tahun 2016, merupakan tahap lanjutan dari Rencana Strategi (Renstra) Dinas Kesehatan Kabupaten Bursel sehingga perlu adanya koordinasi dan singkronisasi antara rencana kerja  Kementerian Kesehatan RI dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) yang disusun oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bursel.

    “Koordinasi dan singkronisasi  harus  dilaksanakan secara menyeluruh lintas sektor maupun lintas program dengan melibatkan semua unit pelayanan kesehatan dan stakholder terkait untuk mendiskusikan arah dan kebijakan pembangunan kesehatan di Kabupaten ini,” jelasnya.

    Tagop berharap dengan dilaksanakan Rakerkesda ini penanganan masalah kesehatan di Kabupaten Bursel dapat  lebih ditingkatkan.

    Selain itu, Tagop meminta kepada para peserta agar bisa mengikuti kegiatan Rakerkesda dengan baik, sehingga nantinya setelah kembali ke tempat tugas dapat mengimplenetasi apa yang telah didapat saat pelaksanaan Raker.

    “Saya berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik sehingga nantinya hasil dari Rakerkesda dapat dijalankan dengan baik pula,” harapnya.

    Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Bursel Ibrahim Banda kepada wartawan mengatakan, pelaksanaan Rakerkesda yang dilakukan bertujuan untuk menyampakan sekaligus membicarakan serta melakukan evaluasi  berbagai program kerja kesehatan di wilayah Kabupaten Bursel.

    “Ada Rakernas Kesehatan dan itu dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI, ada juga Rakerkeda Tingkat Provinsi dan itu dilakukan Dinkes Provinsi.  Dan di kabupaten, kita lakukan Rakerkesda. Semua ini memiliki tujuan yakni melakukan evaluasi terhadap berbagai program kerja yang dilakukan dalam wilayah kerja masing-masing,” ungkapnya.

    Banda mengaku pelaksanaan Rakerkesda ini mengahadirkan sejumlah nara sumber dari  Dinkes Provinsi dan Yayasan Pelangi Maluku. (KT-05)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tagop: Kesehatan Masyarakat Bursel Harus Dipenuhi Pemerintah Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top