• Headline News


    Monday, October 24, 2016

    Puluhan Ribu Massa Hadiri Deklarasi BARU

    Namlea, KT
    Lebih dari 20.000-an massa menghadiri acara deklarasi Bakri Lumbessy – Amrullah Madani Hentihu (BARU) di kawasan Simpang Lima Namlea, yang berlangsung Minggu siang hingga sore hari (23/10).

    Dalam deklarasi itu, BARU mengikat janji akan menaikan anggaran bagi desa Rp.1-3 milyar per tahun. Dalam tempo dua tahun, program itu tak terwujud, maka keduanya akan meletakan jabatan Bupati-Wakil Bupati.

    Pantawan Kompas Timur, massa berdatangan dari 10 penjuru Kota Kecamatan di Kabupaten Buru. Mereka yang bertolak dari Desa-Desa terjauh sudah dilakukan dari pagi hari. Sedangkan dari wilayah Kecamatan Batabual, dikerahkan kapal milik PT Pelayaran Samudra sebanyak dua unit untuk mengangkut massa.

    Sudah dari pukul 11.00 wit massa mulai mendatangi lokasi delkarasi BARU. Namun lautan massa puncak terjadi setelah selesai Sholat Dzhuhur, saat massa dari 10 kecamatan semua tumpah di sana.

    Saking sesaknya massa, jalur menuju jalan pendidikan hingga bundaran RH Mart yang pernah dijadikan lokasi deklarasi RAMA ditutup.

    Demikian juga jalur di depan Kantor Bupati lama hingga dinas kesehatan ditutup, karena massa ikut tumpah ruah di sana. Bahkan poros depan SPBU hingga pertigaan kuburan muslim juga ditutup, karena massa juga ikutan tumpah pula di sana.

    Dengan dihibur artis Juwita Bahar, Marvey Kaya, Reza pelantun tembang dero tobelo, juga para artis bupolo, massa yang berdesakan itu tetap bertahan di dalam terik panas matahari . Lainnya yang tidak kebagian posisi di tengah jalan, memilih berteduh di emperan jalan dan tempat dangan.

    Satu per satu pimpinan Parpol dari kabupaten memberikan orasi singkat, setelah itu giliran Bakri dan Rully tampil . Bakri di kesempatan itu hanya menjelaskan pernah bersama Husnie Hentihu meletakan pondasi dasar pembangunan di Buru.
    Setelah itu dua kali ia pernah bertarung , tapi selalu kalah karena melawan Husnie. Tapi untuk kali ketiga ini, ia optimis menang karena sudah kembali bersama Husnie dan tokoh hebat dari Buru.

    BARU lantas menghipnotis puluhan ribu massa, saat di hadapan notaris, Rully membacakan isi kontrak politik, kesanggupan BARU di tahun kedua kepemimpinan mereka untuk menggelontorkan dana pembangunan ke desa-desa Rp.1-3 milyar untuk setiap desa per tahun.
    Rully lalu membacakan isi kontrak politik point per point, antara pasangan BARU dengan warga minus pns, tni/polri, karena ketiga instutusi itu dilarang berpihak.

    Anggaran desa sebesar tersebut itu akan diatur sesuai peraturan yang sah dan tidak bertentangan dengan peraturan maupun perundang-undangan yang berlaku.
    Jika dalam dua tahun setelah BARU berkewenangan menyusun APBD II (2018,red), bila BARU tidak menganggarkan dana tersebut dalam RAPBD, maka keduanya akan mengundurkan diri dari jabatan.

    Selanjutnya kontrak politik ini akan terus disosialisasikan kepada masyarakat. Keduanya juga siap mengikat perjanjian lain yang tidak diakomodir dalam kontrak politik ini.
    Setelah dilakukan sosialisasi isi kontrak politik itu, pimpinan parpol PKS,PPP dan PKB dari Wilayah Maluku sempat ikut memberikan orasi singkat. Lalu ditutup oleh Husnie Hentihu dengan orasi selama 11 menit.

    Husnie yang begitu dielu-elukan puluhsn ribu massa ini, ikut membikin massa histeris saat dengan lantang ia menyatakan BARU siap pimpin Buru lima tahun ke depan.
    Menurut Husnie, deklarasi bukan sekedar janji. Tapi deklarasi BARU hari ini sungguh luar biasa, karena disertai dengan pernyataan politik yang penting untuk mensejahterakan rakyat disaksikan oleh notaris , para tokoh masyarakat bersama puluhan ribu rakyat.

    “Itu berarti ada kemauan yang sungguh luar biasa untuk secara jujur, secara bersih akan memimpin negeri ini lima tahun ke depan,”tandas Husnie.

    Dikatakan, kalau Bakri ini tahun 2002 lalu mendampinginya sebagai wakil bupati. Kemudian dalam perjalanan Beliau mengambil jalan sendiri untuk coba lawan bapak Unie.”Tapi apa yang terjadi, bapak Bakri menyerah. Sesudah itu lawan lagi satu kali di tahun 2012. Juga rubuh,”kata Husnie.

    “Jadi hari ini saudara sekalian lihat kenapa Bapak Unie bersama dengan Pa Bakri ? Karena ada sesuatu hal yang sangat cacad, sungguh menjadi alasan bersama saya berada bersama pasangan BARU,”tambahnya lagi.

    Dihadapan puluhan ribu massa, Husni lantas memuji-muji Bakri yang sudah punya sejumlah pengalaman pemerintah . Setelah lepas dari wakil bupati, Bakri diangkat menjadi Kadis Infokom di Maluku, kemudian yang terakhir menjadi staf ahli gubernur Maluku.

    “Dan hari ini beliau memilih pensiun untuk menerima amanah dan aspirasi masyarakat untuk mencalonkan diri sebagai calon bupati,”lantang Husnie.
    “Dengan pengalaman pemerintahan yang kokoh dan pernah bersama saya selama lima tahun , beliau orang yang jujur, beliau orang yang amanah dan bersama-sama yang meletakan fondasi bagi prembangunan kabupaten Buru ini,”lagi tegaskan Husnie.

    Selaku sesepuh, selaku pinih sepuh dari masyarakat kabupaten Buru, Husnie mengaku berdiri di atas panggung sore itu untuk memperkenalkan BARU kepada rakyar Bupolo. Ia lalu menggugah BARU agar terus ingat kalau yang datang hari itu ratusan ribu masyarakat bupolo, karena mereka yang punya hak pilih mencapai puluhan ribu orang itu ikut membawa anak karena tidak mungkin di tinggalkan di rumah

    Husni menegaskan, mereka itu hadir untuk Bakri dan Rully. “Untuk apa mereka hadir ? untuk kalian berdua. Oleh karena itu, jangan sampai lapar bicara lain dan kanyang bicara lain. Awas, awas, itu tidak boleh,”pesankan Husnie.

    Dengan dukungan masyarakat Buru, kata Husnie, insya Allah berbagai program telah disiapkan oleh tim pemenangan Bakri-Rully. Telah dipersiapkan program yang terkait dengan keinginan untuk mensejahterakan masyarakat.

    “Insya Allah pertanian akan kita galakan, petani padi sawah akan lebih kita intensifkan dengan mendatangkan berbagai peralatan dan dukungan, baik berupa alsintan, jalan usaha tani, pupuk yang Insya Allah semua itu akan jalan,”janji Husnie mewakili BARU.

    Petani lahan kering juga akan sama-sama, tidak akan ada perbedaan. Dan insya Allah juga akan meningkatkan usaha peternakan terpadu, sehingga saat meletakan landasan di kabupaten ini, meletakan usaha pertanian sebagai prime over sebagai landasan utama, tidak akan ditinggalkan oleh kedua pasanan ini.

    Kenapa ? karena usaha pertanian ini memberikan jaminan bagi kesejahteraan masyarakat. Untuk nelayan insya Allah akan ditambah armada tanggkap nelayan sebanyak mungkin , ada kapal pengangkut/­penampung ikan dan lain-lain.Semua ini bermuara kepada kesejahteraan rakyat kabupaten Buru.

    Husni menyebut angka statistik yang disampaikan wakil ketua dewan, Djalil Mukadar. Ia jadi terkejut, ternyata prime over di sektor pertanian terpadu ini bukannya naik, melainkan menurun.
    Husnie juga menjelaskan soal isu miring anaknya yang maju sebagai wakil bupati.
    “Satu lai, ada orang yang bilang, bapak Unie turun anak yang naik. Ini salah Rully ini warga negara Indonesia. Dia punya hak untuk dipilih dan memilih. Bukan karena anak bapak Unie.Alhamdulillah kepada saudara kita di tiga partai politik yang begitu jeli melihat ada figur muda yang pantas untuk dicalonkan”, ujarnya.

    Husnie mengatakan, kalau ada orang yang bicara miring di luar, karena cemburu tidak langsung. Juga karena takut kalah.”Jujur saja, kalau memang beta persiapkan dia untuk maju, maka pada saat mau lepas bupati dulu sudah sorong dia maju dengan kekuatan full pada saat itu.Tapi ini tidak sama sekali. Tidak sama sekali, iya. Dia kader golkar tapi laku di partai lain,”ujar Husnie sambil mengumbar tawa.

    Secara khusus, Husnie menitip pesan kepada BARU atas janji kontrak politik mereka.”Pesan saya kepada mereka berdua, ingat kita telah melakukan suatu janji kepada rakyat. Kita telah melakukan banyak hal yang tentunya telah kita saksikan secara bersama-sama.Jadi pak Bakri - Rully, jagalah amanah itu, rawat dengan baik, peliharalah amanah itu, tetap santun. Jangan lapar lain, kenyang lain,” demikian Husnie. (KT-05)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Puluhan Ribu Massa Hadiri Deklarasi BARU Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top