• Headline News


    Wednesday, October 26, 2016

    Puluhan Calkada di Maluku Tarik Nomor Urut

    Ambon, KT
    Puluhan calon kepala daerah (calkada) yang tersebar di lima kabupaten/kota di Maluku mengambil nomor urut. penarikan nomor urut tersebut dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 tahun 2016 tentang tahapan, program da jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Ambon tahun 2017 yang mengatur tentang proses pengundian dan penarikan nomor urut pasangan calon.

    Berdasarkan data yang berhasil dihimpun media ini, Selasa (25/10) KPU di lima daerah di Maluku menggelar pengundian dan penarikan nomor urut pasangan calon dengan waktu yang berbeda. Untuk Kabupaten Buru, KPU menggelar pengundian dan penarikan nomor urut di Aula Kantor KPU Kabupaten Buru dan di pimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Buru Munir Soamole didampingi empat komisioner lainnya sekitar pukul 11.00 WIT.

    Melalui proses penetapan calon, KPU Buru telah menetapkan dua pasangan calon yakni Pasangan Ramly Umasugi-Amustofa Besan dan Bakrie Lumbessy-Amirullah Madani Hentihu. Pada proses pengundian dan penarikan nomor urut pasangan calon, pasangan Ramly Umasugi-Amustofa Besan (RAMA) mendapatkan nomor urut 2 dan pasangan Bakrie Lumbessy-Amirullah Madani Hentihu (BARU) mendapatkan nomor urut 1.

    Selain itu, KPU Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) juga melakukan pengundian dan penarikan nomor urut pasangan calon pukul 11.00 WIT. Rapat pleno terbuka dalam rangka proses tersebut di pimpin oleh Ketua KPU Achmad Silehu dan komisioner lainnya. KPU SBB pasca penetapan pasangan calon menetapkan 4 kandidat. Empat kandidat diantaranya pasangan Remon Puttileihalat-Amirudin (RODAL), Pasangan Samson Atapary-Suhfi Majid (INA-AMA), Pasangan Sanadjihitu Tuhuteru-Petrus Suripatty (TUNTAS) dan Pasangan Yasin Payapo-Thimotius Akherina (YAKIN).

    Proses pengundian dan penarikan nomor urut psangan calon, keempat pasangan tersebut mendapatkan nomor urut masing-masing Rodal (1), Ina Ama (2), Tuntas (3) dan Yakin (4).

    Bukan hanya itu, KPU Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) telah menetapkan 4 pasangan calon diantaranya Pasangan Dharma Oratmangun-Lucas Faraknimela (DOA), Pasangan Petrus Fatlolon - Agustinus Utuwaly (FATWA), Pasangan Paulus Werembinan-Yusuf Silety (POWER JUSTIS) dan Jusephus Kulalean asal calon perseorangan.

    Sedangkan KPU Kota Ambon telah menetapkan dua pasangan calon, diantaranya Paulus Kastanya-Muhammad Armyn Syarif 'SAM' Latuconsina (PANTAS) dan Richard Louhenapessy-Syarif Hadler (PAPARISA BARU). Kendati demikian, pada proses pengundian dan penarikan nomor urut pasangan calon, KPU sekitar pukul 19.00 WIT yang berlokasi di Gedung Baileo Siwalima Karang Panjang Ambon, PAPARISA BARU hendak mendapatkan nomor urut 1 dan PANTAS mendapatkan nomor urut 2. (KT-HT)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Puluhan Calkada di Maluku Tarik Nomor Urut Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top