• Headline News


    Thursday, October 20, 2016

    Lukas Enembe : Minta Aspeknas Ikut Memajukan Papua

    Jayapura, KT  
    Pemerintah Provinsi Papua meminta Asosiasi Pelaksana Konstruksi Nasional (Aspeknas) Papua dalam menjalankan perannya, ikut memajukanTanah Papua dengan lebih produktif di pasar global.
    Hal itu disampaikan Gubernur Papua Lukas Enembe melalui Kepala Dinas Perhubungan Papua Djuli Mambaya, pada Kongres Daerah I Aspeknas, di Jayapura, Rabu (19/10/2016).

    Enembe menilai, kualitas konstruksi yang unggul sangat bergantung pada sumber daya manusia pelaksananya. Karena itu, peningkatan kompetensi tenaga ahli dan terampil, mutlak diperlukan. Misalnya dalam sebuah tender, sebuah badan usaha menang, itu bukan kebijakan yang proteksionis. Tapi memang yang bersangkutan memiliki daya saing baik sehingga unggul.


    "Makanya saya yakin lembaga yang mengelola jasa konstruksi ini akan terus berbuat yang terbaik, supaya kedepan keunggulan kita dibidang jasa konstruksi makin tinggi," ujarnya.

    Enembe menekankan, pemprov menyadari, pembinaan jasa konstruksi bukanlah suatu pekerjaan yang ringan, karena harus melibatkan semua pihak.

    "Oleh karena itu, diperlukan semacam blue print (cetak biru) pembinaan jasa konstruksi agar setiap stake holder mampu memahami dan melaksanakan wewenang sesuai dengan tanggung jawabnya masing-masing," kata Enembe.

    Sementara itu, Ketua Asosiasi Pelaksana Konstruksi Nasional, Zainal Arifin mengatakan Aspeknas berdiri pertama kali di Provinsi Riau, dan sekarang sudah ada di 25 provinsi termasuk Papua.

    Zainal meminta seluruh kontraktor di era MEA harus benar benar siap, jika tidak mau di dahului oleh kontraktor asing. "Kalau kontraktor siap, tentu pemerintah tidak akan menyia nyiakan putra daerahnya," ujarnya.

    Untuk Papua di lembaga ada empat unsur, pertama asosiasi perusahaan, kedua asosiasi profesi, ketiga unsur pakar dan perguruan tinggi, dan keempat unsur dari pemerintah. (KT-JP)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Lukas Enembe : Minta Aspeknas Ikut Memajukan Papua Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top