• Headline News



    Wednesday, October 5, 2016

    LIRA Beberkan Ketimpangan Pengelolaan Dana Desa ke DPRD Maluku

    AMBON, KT - Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Provinsi Maluku, akhirnya membeberkan  ketimpangan pengelolaan dana Desa di Maluku. Koordinator LIRA Maluku, Jan Sariwating dalam rapat dengar pendapat bersama DPRD Maluku yang dipimpin oleh Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPPD) DPRD Maluku Lutfy Sanaky, Rabu (5/10) di ruang rapat paripurna mengatakan pengelolaan dana desa di hampir seluruh desa mengalami banyak masalah.

    Masalah yang ditonjolkan, kata Sariwating yakni tidak transparansi pengelolaannya oleh kepala desa. "Dana desa yang dikelola selama ini oleh sejumlah desa di Maluku sangatlah amburadul dan tidak transparan, ini karena ulah dari kepala desa sebagai pejabat yang memberikan persetujuan,"ujar Sariwating.

    Lebih parahnya, kata Sariwating pemerintah sengaja menggunakan dana desa untuk kepentingan pribadi. 
    "Nantinya dalam pertanggungjawaban, pihak pemerintah setempat mulai melakukan laporan palsu, sebagai contoh di salah satu desa di Kecamatan Ambalau yang kedapatan terjadi praktek tersebut, ini kan sangat miris sebenarnya. Dana desa itu dialokasikan kepada keppentingan dan kesejahteraan rakyat kok bisa,"jelasnya

    Sariwating juga mengatakan, bukan hanya dana atau uang yang dikucurkan, namun pendamping desa yang diloloskan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) harus juga dievaluasi.

    "Mereka patut dievaluasi karena tidak kerja secara jujur dan tidak serius di lapangan,"bebernya. Sariwating meminta agar pemerintah daerah dalam hal ini BPM-PD dapat menjelaskan secara detail kriteria apa saja yang dipakai dalam perekrutan calon pendamping desa ini.

    Dia mengaku kecewa dengan sikap pemerintah daerah yang seakan-akan lupa akan kerja LSM dalam khusus sebagai personil pendamping desa. "Kalau kita yang awasi, pasti tidak terjadi hal seperti ini,"tandasnya (KT-HT)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: LIRA Beberkan Ketimpangan Pengelolaan Dana Desa ke DPRD Maluku Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top