• Headline News


    Wednesday, October 19, 2016

    KPU Lima Daerah Diminta Siapkan APK

    Ambon, KT
    Komisi Pemilihan Umum (KPU) di lima wilayah di Maluku yang akan menggelar pilkada serentak Tahun 2017 mendatang diminta untuk segera mempersiapkan penyediaan Alat Peraga Kampanye (APK) sejak awal, mengingat proses kampanye akan berlangsung sejak tanggal 28 Oktober hingga 11 Februari 2017 mendatang.

    Komisioner KPU Maluku, La Alwi kepada seluruh jajaran KPU lima kabupaten dan kota yang hadir dalam rapat koordinasi dan evaluasi pedoman teknis administrasi pilkada Tahun 2017 di kantor KPU Maluku mengatakan, KPU tidak boleh lalai sebab tinggal kurang lebih seminggu lagi masa kampanye akan dimulai.

    “Ada elemen-elemen teknis yang harus direduksi oleh KPU sehingga tidak menimbulkan konflik di masyarakat. Salah satunya adalah penyediaan APK yang merupakan elemen teknis penting saat kampanye,” katanya.

    Dijelaskan, KPU kabupaten dan kota harus segera mempersiapkan teknis penyediaan APK mulai dari mengkomunikasi dengan pasangan calon soal desain sampai koordinasi dengan LPSE di KPU Maluku.

    Apalagi jika penyediaan APK memakan biaya diatas Rp 200 juta tentu harus dilakukan lelang berdasarkan perintah undang-undang sehingga itu akan memakan waktu yang cukup lama.
    “Harus dilakukan koordinasi jangan sampai sudah penetapan calon barulah KPU mulai bergerak. Keterlambatan hal-hal teknis seperti ini juga bisa memicu konflik,” jelas Alwi.

    Dalam pilkada kali ini, ketentuan memungkinkan pasangan calon yang telah ditetapkan dapat menambahkan APK dengan berdasarkan ketentuan yang diatur adlam PKPU Nomor 12 tentang Kampanye.

    Misalnya mengenai ukuran APK harus sesuai dengan ukuran APK yang difasilitasi oleh KPU kabupaten/kota, kemudian APK dapat dicetak paling banyak 150 persen dari jumlah maksimal yang disediakan KPU.

    Kemudian dalam menetapkan jumlah maksimal APK, KPU harus berkoordinasi dengan pasangan calon (Paslon) atau tim kampanye Paslon. (KT-HT)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: KPU Lima Daerah Diminta Siapkan APK Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top