• Headline News


    Friday, October 7, 2016

    Dukungan Pemekaran, Abua Bawa Angin Segar Bagi Lease

    Ambon
     Langkah Bupati Malteng Tuasikal Abua menandatangani dokumen duku­ngan politik bagi pemekaran empat Daerah Otonom Baru (DOB) telah membawa angin segar bagi ka­wasan Pulau-pulau Lease.
    Kawasan tersebut akan dime­kar­kan menjadi Kota Kepulauan Lease, terlepas dari Malteng.

    Setelah mendapatkan jaminan dukungan dari Abua, Ketua Tim Konsorsium Pulau Lease Marthinus Sapteno mengaku langkah yang diambil oleh Abua adalah bagian dari peningkatan kesejahteraan masya­rakat.

    “Pak Abua juga sadari hal itu dan oleh sebab itu hal tersebut dipenuhi bila kita lihat seluruh daerah yang akan di mekarkan di indonesia tidak­lah memenuhi persyaratan seba­gaimana yang telah ditetapkan akan tetapi pemerintah mengizinkan untuk dimekarkan,” jelas Sapteno kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Kamis (6/10).

    Menurutnya, pemekaran DOB akan memberikan dampak yang besar bagi masyarakat. Melalui pe­mekaran suatu daerah, akan timbul lapangan-lapangan pekerjaan, dan hal itu akan sangat menguntungkan masyarakat.

    Terlepas dari itu, Sapteno me­nyampaikan apresiasi kepada Abua yang telah memberikan dukungan bagi pemekaran DOB di Malteng.  kedepannya, khusus untuk Pulau Lease, tim konsorsium akan berpro­ses dengan DPRD Malteng.

    Hal ini dikarenakan, menurut Sap­teno, persyaratan untuk pemekaran DOB telah dipenuhi oleh Pulau Lease, hanya saja hingga saat ini masih kurang rekomendasi DPRD Kabupaten Malteng dan rekomen­dasi bupati, namun dengan adanya penandatanganan dukungan terse­but, maka tim konsorsium Pulau Lease hanya akan berproses dengan DPRD Kabupaten Malteng untuk rekomendasi.

    “Lease sendiri akan masih ber­proses dengan DPRD kabupaten Malteng untuk merekomendasikan pemekaran karena semua syarat sudah dilengkapi. Sebelumnya kan, kita masih kurang rekomendasi dari Bupati dan DPRD Kabupaten, hanya saja dengan adanya penanda­ta­nganan tersebut, maka hanya ter­sisa rekomendasi DPRD kabupaten saja yang akan diproses,” ungkapnya.

    Sebelumnya telah diberitakan, Bupati Malteng Tuasikal Abua ber­sama Wakil Bupati Marlatu Leleury resmi menandatangani dukungan politik pemekaran DOB.

    Penandatanganan dukungan poli­tik bupati itu dilakukan dalam acara konsolidasi nasional pembentukan Daerah Otonomi Baru di Gedung Nusantara V, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/10).

    Penandatanganan dukungan politik Pemkab Malteng itu untuk mendukung penuh upaya pem­bentukan seluruh DOB baru di Malteng yang meliputi Seram Utara Raya, Kota Kepulauan Lease, Kota Kepulauan Banda dan Kota Adminstratif Leihitu.

    Langkah untuk mendukung per­juangan pembentukan DOB di Malteng itu, diwujudkan Abua-Mar­latu langsung dihadapan Ketua dan seluruh Anggota DPD RI, Mendagri Tjahjo Kumolo serta seluruh tim dan ketua konsorsium pemekaran yang ada di Malteng. (SIWA5)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dukungan Pemekaran, Abua Bawa Angin Segar Bagi Lease Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top