• Headline News


    Friday, October 7, 2016

    DPRD Maluku Kembali Disandera Bahas KUA-PPAS

    AMBON, KT
    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku kembali dibuat pusing oleh Pemerintah Provinsi Maluku dengan agenda dadakan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Perubahan Tahun 2016.
    Pantauan media ini di DPRD Maluku, Kamis (6/10) seluruh unsur pimpinan baik itu Pimpinan DPRD, Pimpinan Komisi dan Fraksi kembali dikumpulkan guna membahas kepadatan agenda tersebut. Usai rapat sekitar pukul 11.00 WIT, Pimpinan komisi-komisi di DPRD Maluku akhirnya menggelar rapat dengan mitra.

    Wakil Ketua Komisi B DPRD Maluku, Abdullah Marasabessy didampingi Sudarmo dan kedua anggota Komisi B DPRD Maluku mengatakan, lagi-lagi Pemerintah daerah memberikan tugas yang singkat bagi DPRD Maluku untuk membahas seluruh dokumen penting bagi pembangunan di daerah. Salah satunya DPRD harus membahas KUA-PPAS yang seharusnya mulai dibahas pada bulan agustus lalu.
    Menurutnya, pemerintah daerah belum mengkonfirmasi soal keterlambatan pemasukan dokumen KUA-PPAS ke DPRD.

    "Ini sebuah hal yang benar-benar membuat kita pusing dan kewalahan dalam proses pembahasannya, seharusnya dokumen ini harus dimasukan sejak bulan Agustus lalu, namun hingga kini belum juga mendapatkan respon dari pemerintah soal keterlambatannya," uj­ar Marasabessy.

    Baginya, saat ini DPRD akan membahas proses APBD Perubahan tahun 2016 dan diikuti dengan APBD Murni 2017 mendatang, bahkan lebih parah lagi, sejumlah agenda penting DPRD Maluku di penghujung Tahun 2016 menjadi tak menentu penjadwalannya sehingga dalam rapat pimpinan mengisyaratkan agar seluruh agenda DPRD dapat mensiasati waktu penyelesaian agenda.

    Rapat yang digelar Komisi B DPRD Maluku, Kamis (6/10) membahas DIM KUA-PPAS milik 3 SKPD diantaranya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Dinas Kehutanan dan Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Provinsi Maluku.

    Untuk diketahui, Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Maluku dari totalan anggaran yang diperuntukan dari APBD berjumlah 14,2 milyar pada struktur belanja langsung mengalami rasionalisasi 304 juta pada perubahan, sehingga total anggaran yang ada di tahun 2016 sebesar 6,9 milyar.

    Dinas Kehutanan yang dianggarkan 6,5 milyar turut kena rasionalisasi sebesar 891 juta atau tersisa 5,7 milyar pada perubahan.

    Sedangkan untuk Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) dari totalan anggaran 53 milyar dirasionalisasikan hingga tersis 43,4 milyar atau mengalami pemotongan sebesar 9 milyar lebih. (KT-HT)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: DPRD Maluku Kembali Disandera Bahas KUA-PPAS Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top