• Headline News


    Wednesday, October 19, 2016

    Dharma Oratmangun Ungkap Pelanggaran Pilkada di MTB

    Ambon, KT
    Bakal Calon Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB) Dharma Oratmangun akhirnya membeberkan sejumlah pelanggaran pilkada di wilayah setempat.
    "Sebagai politisi dan sebagai peserta dalam perhelatan Pilkada serentak di Kabupaten MTB, setelah dicermati maka saya mencium adanya praktek pelanggaran Pilkada yang sengaja dilegalkan oleh penyelenggara Pilkada di wilayah setempat," kata Oratmangun kepada wartawan di Ambon, Rabu (19/10).

    Dia menjelaskan, sebagai anak adat, praktek kotor yang dimainkan adalah sebuah penghinaan terhadap masyarakat kultur, khususnya di Tanimbar. Oleh karena itu, pihaknya meminta agar Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) untuk segera turun dan menelurusi praktek tersebut.

    Lebih lanjut, Politisi Partai Golkar ini mengungkapkan pihaknya menemukan ada komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) di MTB yang masih berstatus pengurus partai politik, yakni pada Partai Demokrat yang SK-nya ditandatangani langsung oleh Anas Urbaninggrum dan Edhy Baskoro selaku Ketua dan Sekretaris DPP partai.

    "Ini merupakan temuan yang bisa berdampak fatal bagi penyelenggaraan pemilu di MTB jika dibiarkan oleh Panwas, masa kan ada komisioner yang masih berstatus sebagai pengurus partai politik,” tegasnya.

    Terkait dengan temuan tersebut, tim suksesnya telah melaporkan hal ini kepada panwas untuk ditelusuri lebih mendalam.

    Menurutnya, Dalam undang-undang itu sudah sangat jelas mengatur bahwa komisioner KPU harus bebas dari ikatan apapun termasuk partai politik selama 5 tahun, namun lagi-lagi profesionalitas penyelenggara masih diabaikan begitu saja.

    Olehnya itu, Oratmangun sangat mengharapkan agar netralitas dan profesionalitas pemilu di MTB bisa terjaga.

    "Ini dalam halnya menjaga profesionalitas dan netralitas penyelenggara pemilu sehingga menjadi pilkada yang berkualitas," tandasn­ya. (KT-HT)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dharma Oratmangun Ungkap Pelanggaran Pilkada di MTB Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top