• Headline News



    Wednesday, October 26, 2016

    BPJS Kesehatan - Pemkab MBD Jalin Kerjasama

    Ambon, KT
    Guna memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, Badan Pelaksana Jaminan Sosial ( BPJS ) Kesehatan Kantor Wilayah (Kanwil) Maluku menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

    Jalinan kerjasama ini ditandai dengan penandatangan perjanjian integrasi Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang dilakukan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, dr. Rahmad Asri Ritonga dan Bupati MBD, Barnabas Orno yang disaksikan Kepala Divisi Regional IX, Maryamah yang digelar di Swissbell Hotel Ambon, Selasa (26/10/2016).

    Kepala BPJS Kesehatan Regional IX, Maryamah pada kesempatan tersebut menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Pemkab MBD karena peduli dan mengambil terobosan dalam membantu masyarakat MBD untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang mudah melalui program BPJS kesehatan.

    "Kita berikan apresiasi kepada Pemkab MBD karena telah mengintegrasikan Jamkesda ke BPJS. Ini patut diapresiasi dan ditiru oleh kabupaten/kota lainnya di Maluku," jelasnya.

    Dijelaskan, Pemkab MBD dibawa kepemimpinan Orno telah menunjukan sikap kepedulian agar masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dapat diperoleh dengan mudah dan gratis.

    Maryamah mengungkapkan, BPJS Kesehatan dapat digunakan dimana saja meskipun di luar daerah kependudukan, asalkan peserta memenuhi prosedur yang berlaku.

    Ia meminta pemerintah daerah dapat menyisahkan anggaran dalam APBD untuk diintegrasikan dalam BPJS Kesehatan dalam upayakan mengakomodir masyarakat untuk terdapaftar dalam BPJS Kesehatan.

    Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, dr. Rahmad Asri Ritonga kepada Kompas Timur menandaskan, MBD merupakan kabupaten/kota ketiga di Maluku yang melakukan kerjasama dengan BPJS kesehatan terkait integrasi Jamkesda.

    Diakuinya, penandatangan kerjasama dengan Pemkba MBD mestinya dilakukan papada awal Oktober 2016 lalu, dan baru dilakukan pada tanggal 26 Oktober karena disesuaikan dengan agenda Bupati MBD.

    "MBD merupakan kabupaten ketiga, setelah sebelumnya kita jalin kerjasama dengan Pemkab Buru Selatan dan Seram Bagian Timur (SBT). Kita harapkan ini memacu kabupaten/kota lainnya untuk menjalin kerjasama dalam upaya mengintegrasi Jamkesda ke BPJS Kesehatan," ujarnya.

    Asri mengungkapkan, pihaknya terus mendorong kabupaten/kota agar melakukan kerjasama dengan BPJS kesehatan.

    Diungkapkan, warga MBD yang telah diintegrasikan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan melalui program BPJS kesehatan sebanyak 4000 orang dan terbanyak bila dibandingkan dengan dua kabupaten lainnya yang lebih dulu menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan, yakni SBT 3900 oran dan Bursel 3600 orang.

    Ia berharap tahun 2017 mendatang, 9 kabupaten/kota lainnya di Maluku dapat mengikuti langkah pemkab Bursel, SBT dan MBD dalam mengintegrasikan Jamkesda ke BPJS Kesehatan.

    Sementara Bupati MBD, Barnabas Orno mengungkapkan, Pemkab Maluku Barat Daya menyambut gembira kerjasama dengan BPJS Kesehatan, dimana BPJS Kesehatan sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis bukan hanya saat berobat di MBD tetap kartu BPJS kesehatan dapat digunakan di luar daerah.

    "Ini program (BPJS Kesehatan-red) luar biasa karena manfaatnya bagi masyarakat. harapan kita kedepan kita akan dorong agar semua warga kurang mampu di MBD terakomodir dalam BPJS kesehatan," tandasnya. (KT-FK)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: BPJS Kesehatan - Pemkab MBD Jalin Kerjasama Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top