• Headline News


    Thursday, January 28, 2021

    DPRD Buru Minta Ko Hai Harus Selesaikan Kerugian Negara Rp. 500 Juta



    Namlea, Kompastimur.com

    DPRD Buru meminta Arnis Kapitan alias Ko Hai harus menyelesaikan kerugian negara sebesar Rp.500 juta di proyek RSUD Namlea TA 2018 lalu.


    Permintaan DPRD itu disampaikan langsung oleh Ketua dewan, M Rum Soplestuny SE menanggapi tantangan yang dilontarkan bos PT Pemalut Utama Group ini yang ogah mengembalikan kerugian negara Rp.500 juta lebih.


    Menanggapi kebandelan Ko Hai itu, Ketua DPRD Buru ini menegaskan, pastinya sikap DPRD tidak bertentangan dengan aturan atau atensi temuan rekomendasi  dari BPK RI.


    "Hari ini kalau ada rekomendasi khusus juga dari BPK RI turun, maka DPRD juga akan bersikap dan akan menindaklanjuti itu," tandas Rum Soplestuny Kamis (28/01/2021).


    "Yang pastinya, arah gerakan dan sikap DPRD tidak menyalahi aturan yang ada. kita akan mengacuh kepada hasil audit BPK RI. Kalau hari ini ada temuan dan sebagainya makan akan kita bahas di DPRD," lanjut Rum.


    Menanggapi kebandelan Ko Hai karena ada merasa punya pekerjaan lebih di luar kontrak  pada tahun 2018 lalu, Rum Suplestuny mengatakan, pada saat kontrak duduk, tahun tahun kemarin ada diawasi oleh kejaksaan. "Harus ada atensi dari kejaksaan," sesal Rum.


    Kata Rum, walau pekerjaan diluar kontrak  itu disuruh konsultan pengawas, seharusnya  ada persetujuan pimpinan proyek juga pihak RSU dan sebagainya.


    "Komponen itu harus dilibatkan untuk berkonsultasi agar diputuskan pekerjaan di luar kontrak tersebut benar atau tidak benar," ucap Rum.


    Untuk itu, Rum sebagai Ketua DPRD, dan juga sebagai pimpinan lembaga , tetap menghimbau Ko Hai agar masalah kerugian negara harus diselesaikan.


    'Kalau memang ada kerugian negara di sana dan dikaji betul memang ada kerugian negara, berarti harus dikembalikan. Sebagai pihak ketiga, kontraktor harus menyelesaikan kerugian itu," warning Rum.


    Sementara itu, pada Kamis malam (28/01/2021) ini beredar luas video berdurasi 53 detik yang berisi pernyataan Ko Hai. Video ini beredar di pemilik WA.


    Dalam video tersebut, Ko Hai menyatakan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas pernyataan dirinya dan pemberitaan di media bahwa ia menantang BPK RI dan auditor BPK RI.


    Di video yang dibuatnya sendiri ini, lalu dibagikan lewat WA, Ko Hai menyatakan akan menaati dan membayar kerugian akibat kekurangan volume pekerjaan.


    "Itu tidak benar, dan saya akan mentaati sesuai ketentuan yang ada di dalam LHP BPK RI sesuai rekomendasi temuan kekurangan volume tersebut," janji Ko Hai.


    Sebagaimana diberitakan Arnis Kapitan alias Ko Hai menuduh BPK RI Perwakilan Maluku tidak betul, menyusul adanya temuan kerugian negara sebesar Rp.500 juta lebih pada proyek pembangunan gedung RSUD Namlea TA 2018 lalu.


    Karena itu, Arnis Kapitan yang juga Bos PT Pemalut Utama Group, dengan tegas menolak mengembalikan kerugian negara tersebut sampai hari ini. Padahal ia sudah diwarning mengembalikan kerugian itu sejak tahun 2019 lalu.


    Bukan hanya menolak, tapi Arnis Kapitan juga menantang BPK RI dan Pemkab Buru cq bupati, cq RSUD Namlea untuk membawa masalah ini ke ranah hukum."Saya 90 persen yakin akan menang," tantang Arnis Kapitan.


    Ditemui di Cafe 88, Rabu siang (27/01/2021), di hadapan wartawan, lelaki yang di kalangan kontraktor dipanggil Ko Hai ini mengawali percakapan dengan menyalahkan BPK RI Perwakilan Maluku.


    Ia mengaku kalau BPK RI datang memeriksa proyek yang dikerjakan olehnya di Tahun Anggaran 2018 lalu, tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu.


    Konon saat petugas dari BPK RI datang, hanya didampingi pegawas dari Dinas PUPR Kabupaten Buru. Sedangkan dirinya selaku rekanan, juga konsultan proyek dan pihak RSUD Namlea tidak ada di sana.


    Petugas BPK RI disindir seenaknya memeriksa proyek tersebut lalu menetapkan kerugian negara akibat pekerjaan pengecoran konstruksi tidak sesuai RAB yang mengindikasikan adanya kerugian negara sebesar Rp.500 juta lebih.


    Menanggapi temuan BPK RI tersebut, Ko Hai mengaku sudah menyanggah secara tertulis .Ia tidak menyangkal adanya fisik pengecoran konstruksi tiang bangunan yang tidak sesuai RAB.


    "Waktu itu kita tidak mendampingi. Konsultan juga tidak mendampingi karena ada berangkat. Dia (BPK RI) datang sendiri lalu  ukur sampai malam-malam lalu buat temuan.


    Namun kata Ko Hai, ada dua item pekerjaan yang duluan dikerjakan di luar kontrak alias tidak ada dalam RAB senilai total mencapai Rp.575 juta.


    Ia berdalih, pekerjaaan di luar kontrak itu karena kebutuhan konstruksi yang harus dilaksanakan saat itu juga. Namun tidak dibuat CCO-nya.(KT-10)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: DPRD Buru Minta Ko Hai Harus Selesaikan Kerugian Negara Rp. 500 Juta Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top