• Headline News


    Tuesday, January 19, 2021

    Baru Berusia 3 Bulan, Partai UKM Sudah Berkembang Luar Biasa



    Jakarta, Kompastimur.com

    Berikut catatan Syafrudin Budiman SIP., Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Usaha Kecil Menengah (DPP Partai UKM) menjelang 3 bulan berdiri. Dimana Partai UKM berdiri tepat pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 92 tahun pada 28 Oktober 2020 dan dilaunching oleh para deklarator Partai UKM pada 10 November 2020.


    Catatan ini merupakan perjalan pendek Partai UKM selama 3 bulan berdiri dan menceritakan harapan dan tantangan. Terutama menghadapi Verifikasi Depkumham 2022 dan Verifikasi Faktual KPU RI 2023.


    "Insya Allah diusia 3 bulan Partai UKM sebagai partai baru terus berbenah dan mempercepat konsolidasi ke bawah. Partai UKM lahir sebagai aspirasi dan alat perjuangan pelaku UMKM, Koperasi dan Pedagang Pasar, termasuk kaum perempuan, milenial, disabilitas dan Kalangan media," kata Gus Din sapaan akrab Syafrudin Budiman SIP., melalui rilis resmi, Senin (18/01/2020).



    Berikut catatan tersebut, diantaranya;


    1. Partai UKM berdiri sejak 28 Oktober 2020 dan 28 Januari 2021 usia kita akan berumur 3 bulan. Sebuah prestasi bagi Partai baru seperti UKM sudah bisa membangun 25 lebih jaringan Propinsi dan Puluhan jariangan Kabupaten/Kota.


    2. Partai UKM juga sudah merampungkan struktur Majelis Tinggi, Dewan Pembina, Dewan Penasehat, Dewan Pakar, Mahkamah Partai, Pengurus Harian, Ketua Departemen dan Biro, serta melaunching 13 Sayap Organisasi Sayap dan Organisasi Massa Berafiliasi ke Partai UKM pada 25 Januari 2021 besok.


    3. Sebagai Partai Kader yang bertitel Intelektual Organik, Partai UKM banyak didukung oleh Pelaku UMKM, Koperasi, Pedagang Pasar, Kaum Perempuan, Milenial, Media dan Disabilitas (belum tergarap maksimal). Ada juga tokoh relawan, tokoh ormas, tokoh intelektual kampus, agamawan, jurnalis, mahasiswa, pengusaha menengah, advokat, selebgram, artis dan beberapa elemen lain.


    4. Partai UKM juga jika di cek di google dan media sosial lainnya, adalah Partai Baru paling populer dan pemberitaannya bersifat positif dan memiliki lipatan informasi secara progresif dan sistematis. Sehingga lewat Informasi tersebut, hampir tiap jam banyak orang kirim WA, Facebook dan mencari lewat search engine google, siapakah dan apa itu Partai UKM?.


    5. Kita jangan bergembira terlebih dahulu perjuangan kita masih jauh 2024, 2023 dan terdekat 2022 saat Verifikasi Depkumham. Namun menuju Verifikasi Depkumham masih ada 15 bulan untuk menata jaringan di 34 Propinsi dan 514 Kabupaten/Kota. Kita optimis 3 Bulan kedepan sudah tuntas semuanya, lebih cepat dari yang kita bayangkan.


    6. Partai UKM berasaskan Pancasila dan Berlandaskan Ekonomi Kerakyatan dengan Visinya Menciptakan Masyarakat Indonesia Bahagia untuk Meningkatkan Kesejahteraan Bersama. Adapun 7 Misinya, Keadilan Sosial, Kesejahteraan, Ekonomi Kerakyatan, Kesetaraan Ekonomi, Kemajuan Ekonomi, Persamaan Hak dan Penegakan Hukum. Dan Partai UKM akan mengimplementasikan dan meneguhkan komitmen kebangsaan dengan Mempertahankan Keberagaman/Kemajemukan, Merawat Kebhinekaan dan Mencerahkan Peradaban.


    7. Partai UKM memiliki target 15 juta pemilih dari basis garapan 65 juta pelaku UMKM, Koperasi dan Pedagang Pasar. Partai UKM juga menggarap basis perempuan dengan bukti akomodasi politik perempuan masuk di struktur 50 persen, menggarap basis kalangan milenial, basis kalangan disabilitas/penyandang cacat dan mengajak individu kalangan media/jurnalis se Indonesia masuk dalam kepengurusan. Tentu target ini sangat realistis, bahkan sesuai teori Immanuel Kant, Rasionalis dan Empiris. Hal ini terus dikerjakan dan diperjuangkan oleh-oleh kader secara patuh pada aturan organisasi dan terpimpin, dengan bentuk teachble and trust to leader.


    8. Dijaman pandemi Covid-19 semua kelompok ormas dan parpol tiarap dengan adanya pandemi. Termasuk juga Partai UKM, walau partai tiarap dalam bentuk konsolidasi massa, namun secara konsolidasi pemikiran dan gagasan Partai UKM tak pernah mati. Partai UKM menjadikan tantangan sebagai peluang dengan konsep Zero to Hero.


    9. Partai UKM dalam kampanye menggunakan basis informasi dan teknologi, secara virtual/online/sosial media/atau media daring lainnya, jangan kaget kalau Papua terbentuk terlebih dahulu, walzau jauh dari Jakarta.


    10. Partai UKM mengistruksikan kepada seluruh kader dan anggota, agar secara organik mensosialisasikan dan mengkampanyekan logo, lambang, berita-berita dan sosok figur terdepan di Partai UKM. Kita berjuang bersama, bergerak bersama dan menang bersama.


    Akhirul Kalam, Fastabiqul Khoirot


    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


    Salam Pejuang, UKM Jaya.


    Gus Din / Syafrudin Budiman SIP Sekretaris Jenderal DPP Partai UKM.


    NB: Intelektual Organik adalah intelektual yang tidak hanya mengedepankan keilmuan pengetahuan belaka, akan tetapi menjadi sosok transformatif yang mampu melihat realita, di tengah problematika dan persoalan yang ada di masyarakat, baik secara sosial politik dan budaya. (KT-Rls/tim)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Baru Berusia 3 Bulan, Partai UKM Sudah Berkembang Luar Biasa Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top