• Headline News

    Friday, September 25, 2020

    Anak Kampong Dapat Nomor Urut 1, Manis 2 dan SMS-GES 3

    PENGUMUMAN PENDAFTARAN BAKAL PASANGAN CALON DALAM PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BURU SELATAN TAHUN 2020
    Download / Preview


    Namrole, Kompastimur.com

    Pasangan Hadji Ali-Zainudin Booy (Anak Kampong/Ajaib) mendapatkan nomor Urut 1 dalam Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bursel dalam Pemilihan Tahu 2020 yang digelar di ruang Aula Kantor KPU Kabupaten Bursel, Kamis (23/09).

    Sementara pasangan Abdurrahman Soulisa-Elisa Ferianto Lesnusa (Manis) mendapatkan nomor urut 2 dan pasangan Safitri Malik Soulisa-Gerson Eliaser Selsily (SMS-GES) mendapatkan nomor urut 3.

    Nomor urut pasangan calon itu ditetapkan dengan Keputusan KPU Kabupaten Bursel nomor 13/plt.02.3-Kpt/8109/KPU-Kab/IX/2020 tentang Penetapan Nomor Urut dan Daftar Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Buru Selatan Tahun 2020.

    Dari pantauan media ini, proses pengundian nomor urut itu diawali dengan pengambilan nomor antri pengundian nomor urut yang diambil pertama oleh Calon Wakil Bupati dari Pasangan SMS-GES, Gerson Selsily yang kemudian mendapatkan nomor antrian 2. Kemudian nomor antri yang diambil oleh Calon Wakil Bupati dari pasangan Manis, Elisa Ferianto Lesnusa mendapatkan nomor antrian 3 serta nomor antri yang diambil oleh Calon Wakil Bupati dari pasangan Anak Kampong (Ajaib), Zainuddin Booy mendapatkan nomor antrian 5.

    Berikutnya, Calon Bupati dari pasangan SMS-GES, Safitri Malik Soulisa saat undian nomor urut mendapatkan nomor urut 3. Sedangkan, Calon Bupati dari pasangan Manis mendapatkan nomor urut 2 serta Calon Bupati dari pasangan Anak Kampong (Ajaib), Hadji Ali mendapatkan nomor urut 1.

    Hadji Ali dalam sambutannya mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kinerja KPU Kabupaten Bursel yang telah bekerja cukup maksimal sampai saat ini.

    "Saya sebagai calon Bupati Buru Selatan dengan nomor urut 1 pasca penetapan calon yang telah kami terima pada tanggal 24 September 2020. Atas nama pasangan Calon, saya Hadji Ali dan Zainudin Booy sangat menaruh hormat dan mengapresiasi kepada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bursel yang telah bekerja setiap hari dalam mempersiapkan Pilkada serentak tahun 2020," katanya.

    Sebagai atensi kami, lanjutnya, bahwa dari data Pileg tahun 2019 kurang lebih 53.000 sekian, dimana dengan kerja-kerja profesional sesuai dengan DPS yang kami terima pada Pilkada serentak ini menurun menjadi 46.312 suara. Ini menunjukkan bahwa KPU Bursel telah menghadirkan kualitas demokrasi pada Pilkada Kabupaten Bursel.

    Katanya lagi, sebagai pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati dengan tagline Anak Kampong Ajaib selalu menjunjung tinggi empat pilar demokrasi bangsa, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika.

    "Sebagai pasangan Calon dengan Tagline Anak Kampong Ajaib selalu mengharapkan Pilkada Damai dan tetap menjunjung tinggi semangat Kai Wait (persaudaraan," ucapnya.

    Sementara itu, Calon Wakil Bupatinya, Zainudin Booy yang didampingi Hadji Ali dan Ketua Tim Pemenangan Anak Kampong (Ajaib) Sami Latbual kepada wartawan usai Pengundian nomor urut mengaku sangat senang dengan nomor urut 1.

    "Kita tidak tahu nomor ini dibuat dimana, kemudian letaknya bagaimanamana, tapi dengan itikad baik saja," ucapnya.

    Terlebih lagi, lanjutnya, ada seorang Kepala Soa di hari yang sama telah memberitahukan dirinya bahwa jika dirinya memiliki hati bersih dan niat baik, maka pasti akan memperoleh nomor urut 1.

    "Memang tadi ada seorang Kepala Soa bilang ke Beta. Beta tanya dia Beta nomor berapa, dia bilang Pak Booy kalau hati bersih dan punya niat baik pasti dapat nomor satu. Alhamdulillah, hari ini Beta cari Kepala Soa itu dan Beta ucapkan terima kasih, dengan niat baik dan hati yang bersih Beta diberikan nomor 1. Jadi, ada keajaiban, selama ini kita selalu nomor 3, selalu di nomor tigakan, tapi hari ibi nomor 1 karena mengambil sendiri. Kalau diambil oleh orang lain, pasti Katong nomor 3, kita nomor 1," tuturnya.

    Ia pun mengiyakan bahwa di dalam setiap perlombaan ataupun pertandingan, yang menjadi juara ialah nomor 1 sehingga ia berharap agar rakyat Bursel bisa membantu mendoakan pasangan Anak Kampong (Ajaib).

    "Ya dimana-mana begitu, kita mulai dengan angka 1. Mudah-mudahan angka 1 antar Katong sampai di juara 1 Pilkada Bursel," harapnya.

    Sedangkan, Calon Bupati dari pasangan Manis, Abdurrahman Soulisa dalam sambutannya berharap semua kontestan dapat menjaga kedamaian dalam proses Pilkada ini.

    "Kami cuma ingin menyampaikan bahwa marilah kami dan kedua pasangan kita jaga kesamaan pikir dan menjaga Pilkada yang aman dan damai di negeri ini sehingga dia menjadi suatu contoh bagi masyarakat di Bursel," katanya.

    Iapun menghimbau kepada pendukung ketiga pasangan Calon di Bursel, termasuk Manis untuk bagaimana menjaga Pilkada ini dari hal-hal yang tidak kita inginkan bersama

    Terlebih lagi, lanjutnya, karena sekarang Covid-19 lagi melanda negeri ini.

    "Marilah kita jaga juga Protab yang sudah ditentukan pemerintah, baik pemerintah pusat sampai ke daerah. Ini sesuatu yang harus kita jaga bersama dan pasangan Manis maju untuk mengbadi dalam negeri. Pilkada hanya ajang lima tahunan, kita harus menjaga dan menjunjung tinggi semangat dan sportifitas kita sebagai anak negeri," tuturnya.

    Sementara Ketua Tim Pemenangan pasangan Manis, Muhair Bahta yang didampingi pasangan Manis mengatakan nomor urut 2 yang didapatkan dimaknai sebagai sebuah Rahmat.

    "Kita memaknai ini rahmat bahwa proses ini berjalan dan Alhamdulillah pasangan ini mendapatkan nomor urut 2. Hakikat nomor 2 itu bahwa kita memilih Bupati dan Wakil Bupati," katanya.

    Lanjutnya, nomor urut 2 sangat berarti bagi pasangan Manis. Karena yang dipilih adalah Bupati dan Wakil Bupati.

    "Kita tahu bersama, 2 itu lengkap, saling melengkapi, ada siang ada malam, ada baik ada buruk, dia melengkapi. Itu hakekatnya dari pasangan nomor urut 2 ini saling melengkapi, apa yang punya kelebihan dari Bupati akan diperkuat oleh Wakil Bupati dan kekurangan akan dilengkapi juga oleh Wakil Bupati. Dan kita akan memilih pasangan, pasangan itu 2, kursi Bupati dan Wakil Bupati," tuturnya.

    Selanjutnya, Calon Bupati dari pasangan SMS-GES, Safitri Malik Soulisa dalam sambutannya mengatakan pihaknya akan selalu menghormati setia keputusan KPU.

    "Saya berusaha untuk bagaimana kita sebagai calon kandidat menghormati semua keputusan dari KPU dan tahun ini kita agak sedikit berbeda dengan adanya wabah Covid 19, saya juga mewanti-wanti kepada tim-tim di lapangan marilah kita menjaga bersama-sama sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan oleh pemerintah daerah dan terkhususnya untuk Kabupaten Bursel," kata Safitri.

    Ia mengaku bersyukur karena dalam proses ini tidak ada calon tertentu yang positif Covid-19.

    "Puji syukur, saya tidak terlalu banyak berbicara, yang pasti saya sendiri merasa suatu kebanggaan karena walaupun dalam keadaan Covid 19 tapi Alhamdulillah kita semua para calon kandidat tidak  ada yang terkena Covid 19 sehingg semua bisa terselenggara sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan oleh KPU, khususnya untuk Kabupaten Bursel," ucapnya.

    Ia mengaku nomor urut 3 yang didapatkan sangat tepat baginya sebagai kader PDIP.

    "Tadi sudah pada tahap pengundian nomor urut dan kami pasangan SMS-GES kami dapat nomor urut 3, nomor urut 3 ini sendiri Salam Metal, saya sebagai kader PDIP, salam Merah total," ujarnya.

    Ia pun sempat menyentil Ketua KPU Kabupaten Bursrl, Syarif Mahulauw dalam sambutannya itu.

    "Jadi, disini saya mencoba untuk saling menghormati, saling menjaga agar proses Pilkada tahun ini bisa menjadi contoh yang baik, karena sebagai Ketua KPU, saya sangat paham dan saya sangat tahu bagaimana kita masing-masing mencoba untuk integritas diri di dalam kita sendiri untuk kita juga saling menghormati, tetapi yang pasti saya mohon ini ajang politik," paparnya.

    Sementara Ketua Tim Pemenangan SMS-GES, Ahmadan Loilatu kepada wartawan mengaku nomor urut 3 yang didapatkan memang sangat diharapkan.

    "Nomor 3 ini sangat kita harapkan karena nomor 3 itu menunjukkan ada keberlanjutan pembangunan dan kemudian salamnya Metal, menang total dan ini Pilkada ketiga dan ini Pilkada ketiga dan kami yakin sungguh, Pilkada pertama nomor urut terakhir, nomor urut 6 menang, Pilkada kedua nomor urut 2 menang dan Pilkada ketiga nomor 3 menang," ucapnya.

    Untuk diketahui, Rapat Pleno itu dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Bursel Syarif Mahulauw dan dihadiri oleh empat komisioner lainnya, yakni Ismudin Booy, James Tasane, Jainudin Solissa dan Nurdin Soumena.

    Selain itu turut dihadiri oleh Divisi Pengawasan dan Hukum KPU Provinsi Maluku Almudatsir Sangadji, Kapolres Pulau Buru AKBP Agia Febri Kusumawiatmaja Sekretaris KPU Kabupaten Bursel Solaiman Loilatu dan anggota Bawaslu Kabupaten Bursel Robo Souwakil.

    Rapat Pleno Pengundian dan Nomor Urut tersebut turut mendapatkan pengawalan ketat dari puluhan personil Polres Pulau Buru. (KT/02)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Anak Kampong Dapat Nomor Urut 1, Manis 2 dan SMS-GES 3 Rating: 5 Reviewed By: A L
    loading...
    Scroll to Top