• Headline News


    Tuesday, August 11, 2020

    Bawaslu dan Dinkes Bursel Tanda Tangan MoU


    Namrole, Kompastimur.com 
    Guna menjaga kesehatan dan keselamatan penyelenggara pengawasan Pilkada di Kabupaten Bursel, Bawaslu Kabupaten setempat melakukan MoU dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk meminta beckingan kesehatan bagi para penyelenggara pengawasan yang ada di kabupaten Bursel.

    Penandatangan MoU ini dilaksanakan di Aula Rapat kantor Bawaslu Bursel, Senin (10/8/2020) dan disaksikan oleh, Pimpinan dan Anggota Bawaslu, Asisten I Pemda Bursel, Alfario Soumokil, Anggota KPU Devisi Hukum, James Tasane, insan pers serta undangan lainnya.

    Ketua Bawaslu, Umar Alkatiri dikesempatan itu menyampaikan, proses penandatangan kerjasama antara Bawaslu Kabupaten Bursel dengan Dinkes Kabupaten Bursel merupakan kelanjutan dari kerja sama yang telah dilakukan oleh Bawaslu RI dengan Kementerian terkiat proses penyelenggaran Pilkada serentak di tahun 2020.

    “Jadi ini merupakan instruksi langsung dimana sebelumnya Bawaslu RI telah lebih dahulu melakukan MoU dengan Kementrian dan selanjutnya diturunkan melalui surat perintah dari provinsi untuk kabupaten yang melakukan Pilkada supaya dapat koordinasi dengan Dinkes di Kabupaten agar MoU ini dapat terlaksana dalam rangka memberi dukungan penuh bagi jajaran Bawaslu dari tingkat kabupaten sampai desa dan dusun,” ujar Alkatiri.

    Alkatiri menyampaikan, pihaknya berharap agar kepala Dinkes Kabupaten Bursel, Ibrahim Banda dapat meneruskan kesepakatan bersama itu ke jajaranya yang paling bawa agar dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya.

    “Kami berharap, pak Kadis Kesehatan dapat menyampaikan penandatangan kerja sama ini ke dinas kesehatan di tingkat kecamatan, desa dan seluruh jajaran bapak,” ujar Alkatiri.

    Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan, Alfario Soumokil yang hadir mewakili Bupati Bursel menyampaikan, bahwa Pemda Bursel mendukung penuh semua prgram kerja yang dilaksanakan Bawaslu sebagaimana di atur dalam undang-undang yang berlaku.

    “Pada prinsipnya pemerintah daerah siap mendukung setiap langkah-langkah yang diambil Bawaslu dalam menjalankan pengawasan pada Pilkada serentak tahun 2020 ini. Begitu juga dengan Dinas Kesehatan,” ucap Soumokil.

    Ia berharap, semua proses pentahapan Pilkada di Bursel dapat berjalan dengan menerapkan Standar Protokol kesehatan Covid-19.

    “Kami berharap semua tahapan yang dilakukan bawaslu dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan protap kesehatan. Harapan kami penerapan protap kesehatan dalam setiap tahapan dapat dilaksanakan sehingga hasil yang diperoleh dapat sesuai dengan apa yang kita sama-sama harapkan,” ucapnya.

    Dikesempatan yang sama, Kadis Kesehatan Kabupaten Bursel, Ibrahim Banda menuturkan tujuan utama Dinkes adalah memutus mata rantai penyebaran Covid19.

    “Pada prinsipnya, tujuan Dinkes itu memutus mata rantai Covid19 dari kontak-kontak erat dengan masyarakat dan kami mendukung penuh proses hari ini,” ucap Banda.

    Untuk itu, lanjutnya, para penyelenggara dan pengawas Pilkada perlu mendapat perhatian serius agar para penyelenggara dan pengawas tidak menjadi bagain dari penyebaran virus mematikan tersebut.

    “Kita cermati secara serius jangan sampai mereka sebagai agen, sehingga kita bersihkan dan protect mereka terlebih dahulu atau jangan sampai mereka sebagai korban, maka dari itu kami akan membeckup petugas-petugas mereka sampai di desa-desa,” tambah Banda.

    Ia berharap, Bawaslu dalam menjalankan tugas-tugas di setiap tahapan Pilkada dapat mensosialisasikan tentang kebiasan hidup baru dan menjalankan protab kesehatan ditengah-tengah masyarakat Bursel.

    “Kita tingkatkan adapatasi kebiasan hidup baru seperti memakai masker jika keluar rumah dan saya harapkan Bawaslu juga dalam melaksanakan tugas dapat mensosialisasikan kebiasan-kebiasan hidup baru bagi masyarakat agar semua yang terlibat dapat disiplin menerapkan hidup baru atau New Normal,” pungkasnya. (KT/02)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bawaslu dan Dinkes Bursel Tanda Tangan MoU Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top