• Headline News


    Tuesday, June 30, 2020

    2 Kasus Baru Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Tator

    Makale, Kompastimur.com 
    Dua kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Tana Toraja (Tator) dan hingga saat ini, Selasa (30/6/20) jumlah Kasus terkonfirmasi menjadi sepuluh (10) kasus.

    Hal tersebut diumumkan langsung oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Tator Mariany Sampe, didampingi Tim Dokter Satgas Covid-19 Tatoe dr. Mardaria Patioran dan Koordinator Pemberitaan Media Center Satgas Covid-19 Tator, Daniel Galenta.

    Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja Mariany Sampe menjelaskan dua kasus baru (kasus 09 dan 10) terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan dengan metode Tes Cepat Molekuler (TCM) di RSUD Lakipadada.

    "Kasus 09 (laki-laki berusia 43 tahun) beralamat di Kelurahan Bombongan Makale, memiliki riwayat perjalanan tiba dari Kendari (20/03/20) dengan tujuan acara keluarga. Pasien terdeteksi saat hendak melakukan rapid test mandiri di RSUD Lakipadada untuk kepentingan kembali ke Kendari, hasil rapid test dinyatakan reaktif lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan Swab dengan metode TCM dan dinyatakan positif Covid-19," terang Mariany. 

    Ditambahkan Mariani Kasus 10 (laki-laki berusia 58 tahun), beralamat di Kompleks Nusa Hijau, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat, dengan riwayat perjalanan berangkat dari Bandung dan tiba di Tator(19/6/20) untuk tujuan bekerja sebagai karyawan perusahaan di Makale Selatan. Kemudian (26/6/20) memeriksakan kesehatan ke klinik dan memiliki gejala terpapar Covid-19 seperti batuk, demam, lemas, sakit seluruh badan dan gangguan indera penciuman. Pasien lalu dirujuk ke RSUD Lakipadada untuk pemeriksaan TCM dan dinyatakan positif Covid-19.

    “Rencana kedua pasien akan dirujuk ke Makassar untuk mengikuti Program Rekreasi Duta Covid-19 Satgas Provinsi Sulawesi Selatan,” tambah Mariany.

    Dengan diumumkannya 2 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Tator, Satgas Covid-19 Tator telah mencatat sudah 10 kasus terkonfirmasi positif dimana 6 pasien diantaranya telah dinyatakan sembuh. Satu pasien dirujuk ke Makassar dan satu kasus dinyatakan meninggal dunia. 

    Koordinator Pemberitaan Media Center Satgas Covid-19 Tator, Daniel Galenta mewakili Satgas Covid-19 Tator mengatakan pihaknya sedang melakukan langkah-langkah memutus mata rantai penyebaran Virus Corona di lingkungan masyarakat. Langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan Tracing terhadap riwayat kontak pasien positif tersebut dengan melibatkan Tim Surveilans. 

    "Tracing ini dilakukan sebagai upaya meminimalisir penyebaran Virus Corona dari pasien positif di lingkungan masyarakat."ungkapnya. 

    Dengan bertambahnya 2 kasus terbaru, Media Center Satgas Covid-19 Tator menghimbau masyarakat untuk memperhatikan protokol kesehatan perseorangan yaitu rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, saat keluar rumah menggunakan masker dan tetap menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain. Selalu menjaga kebersihan badan dan menjaga daya tahan tubuh. (KT/Febry)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 2 Kasus Baru Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Tator Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top