• Headline News

    Saturday, May 23, 2020

    Relawan Jokowi MCM-PK Kawal Program Bantuan Sembako dan BLT dari Pemerintah Pusat di Sulsel




    Jakarta, Kompastimur.com
    Bustan Pinrang Ketua Umum Tim Relawan Nasional Jokowi-Amin 'Masyarakat Cerdas Memilih Kembali Presiden Kita' (MCMPK) akan mengawal program bantuan sembako untuk warga terdampak covid 19 di Sulawesi Selatan. Dimana kata pria yang disapa Bustan ini, bantuan tersebut berupa sembako untuk masyarakat, APK untuk tenaga medis dan uang bantuan langsung tunai (BLT).

    "Kami para relawan Jokowi akan siap mengawal dan mendampingi pemerintah pusat hingga daerah mendistribusikan bansos untuk rakyat terdampak Covid-19. Saat ini program tersebut sudah turun di Propinsi Sulsel dan didistribusikan," kata H. Bustan Pinrang, Jumat pagi (22/05/2020).

    Menurut tokoh masyarakat Sulsel asal Pinrang ini, pihaknya tentu mengawal pendistribusian bansos hingga sampai kepada pihak-pihak yang berhak menerimanya. Jika diperlukan akan membuat semacam Surat Rekomendasi sebagai asas legalitas untuk relawan memantau di lapangan.

    "Hal ini adalah wujud komitmen kami dalam membantu pemerintah sekaligus mengawal hak rakyat agar tepat sasaran.” tandas Bustan.

    Hal lain masih seputar pendistribusian Bansos, dikemukakan Bustan tentang potensi penyalahgunaan Bansos yang dipolitisasi oleh oknum kepala-kepala daerah nakal.

    "Dalam penyaluran bansos, bisa jadi hari ini ada penumpang gelap (Free Rider). Freerider-nya adalah beberapa pejabat daerah memanfaatkan bansos sebagai pork barrell-nya (Politik Gentong Babi) untuk kepentingan politik," terang Bustan.

    Kata Bustan, penerima bansos di daerah-daerah adalah kantong pemilihannya saja, kemungkinan tersebut terbuka mengingat kontestasi Pilkada 2020 yang ditunda membuat kepala daerah/ petahana mencari modal dengan memanfaatkan dana bantuan tersebut.

    "Artinya butuh sumber daya publik juga, penanganan Covid ini bisa jadi penumpang gelapnya masuk ke area dana Bansos,” demikian Ridwan utarakan kepada Narasumber.

    Terakhir kata Bustan, para Relawan Jokowi yang menjadi anggotanya, berkomitmen berjuang kuat bersama rakyat Indonesia, meski saat ini seluruh masyarakat dunia tengah dilanda wabah Pandemi Corona.

    "Tentu kami terus ikhtiar memperjuangkan hak-hak rakyat untuk terus dilakukan. Salah satunya ikut mengawal penyaluran bansos dari pusat. Ikut juga terlibat membantu masyarakat dengan membagi-bagikan sembako secara swadaya, sebab pandemi covid 19 berdampak pada penghasilan sehari-hari," pungkas Bustan penuh optimis. (KT/GD-red)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Relawan Jokowi MCM-PK Kawal Program Bantuan Sembako dan BLT dari Pemerintah Pusat di Sulsel Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top