• Headline News


    Thursday, May 28, 2020

    Diskusi Online Covid-19, GMF Keluarkan 5 Rekomendasi Bagi Pemda Bursel

    Namrole, Kompastimur.com 
    Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Fena Fafan (GMF) yang diketua oleh Andre Biloro  dan Berry Lesnussa selaku sekretaris telah merangkumkan 5 rekomendasi bagi tim gugus tugas Pemda Bursel dalam penanganan Covid19 di daerah tersebut.

    5 rekomendasi ini merupakan hasil  teleconfrence antara GMF dengan pemateri diantaranya Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulisa yang juga ketua Tim Gugus Tugas Kabupaten, Kadis Kesehatan Ibrahim Banda, Ketua PPNI Bursel, Ridwan Nurdin, serta beberapa organisasi kepemudaan Bursel yaitu AMGPM, GAMKI, KNPI, dan GP Angsor.

    Ketua GMF, Andre Biloro dalam rilisnya kepada media ini, Kamis (28/5/2020)  menyebutkan bahwa, sesuai dengan kesepakatan dirinya bersama-sama seluruh anggota GMF merekomendasikan 5 hal untuk dapat diperhatikan oleh Pemda Bursel melalui Tim Gugus Tugas kabupaten dalam penanganan Covid-19 di kabupaten Bursel.

    “Pertama, Kami GMF mendorong pemuda dan Pemda Bursel untuk aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat  agar tetap menjaga pola hidup sehat, menjalankan  aktifitas dengan  mentaati protokol  kesehatan. Dan kedua mendorong  Pemda melalui Gugus Tugas agar segera mendistribusikan APD di seluruh rumah sakit, di pusat  ibu kota kecamatan dan seluruh pustu di desa-desa,” ucap Biloro.

    Biloro juga mengharapkan agar seluruh tenaga medis yang ada dikabupaten Bursel terutama yang menangani pasien Covid-19 harus benar-benar diperhatikan oleh Pemda, baik itu kesejahteraanya sampai dengan kebutuhan tenaga medis.

    “Selanjutnya, ketiga kami mendorong Pemda untuk memberikan perhatian khusus  kepada para tenaga kesehatan, dokter, perawat sebagai garda terdepan. Keempat, kami minta agar Pemda  mengembangkan potensi sumber daya alam khususnya  sektor pertanian untuk menjamin ketahanan pangan lokal, misalnya Hotong dan komoditas lokal lainnya yang dapat dijadikan sebagai pangan pengganti Nasi,” ujarnya.

    Selain itu, pihaknya meminta agar anggaran yang telah dikucurkan oleh Pemda Bursel untuk menangani Wabah Covid-19 di Bursel harus digunakan dengan baik dan harus dikawal oleh semua pihak baik itu legislatif maupun organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten Bursel.

    “Kelima, GMF mendorong  pihak Legislatif supaya dapat menjalankan fungsi pengawasan terhadap anggaran Penanganan  Covid-19. Bukan hanya Legislatif, tetapi semua pemuda baik GAMKI, AMGPM, KNPI, GP ANSOR  dan OKP lainnya supaya aktif menjalankan fungsi pengawasannya sebagai bagian dari Civil Society,” pungkasnya.

    Sementara itu, Sekretaris GMF Berry Lesnussa kepada media ini di Namrole dengan tegas meminta bukan saja anggaran Covid-19 yang diawasi, tetapi mengawasi pendistribusian Bantuan Langsung Tunai ( BLT) kepada masyarakat juga harus menjadi perhatian semua pihak.

    “Ini dimaksudkan agar semua BLT itu tidak salah sasaran tetapi benar-benar diberikan kepada warga yang membutuhkan dan disinilah sinergitas pemuda dan pemerintah dibutuhkan dalam  Penanganan  Covid-19. Pemuda harus dilibatkan sebagai relawan,” ucap Lesnussa.

    Lesnussa menandaskan, disamping memperhatikan masyarakat di dalam Kabupaten, Pemda juga harus melihat kesejahteraan seluruh mahasiswa asal Bursel yang ada di kota Ambon, sebab dengan kondisi Covid ini, kebutuhan pangan sangat sulit didapatkan, apalagi ditambah dengan pembatasan angkutan transportasi yang diberlakukan saat ini.

    “GMF juga berharap agar Pemda melihat kesejahteraan seluruh mahasiswa Bursel bukan saja dari Kecamatan Fena Fafan tetapi semua mahasiswa baik itu dari kecamatan Namrole, Waesama, Leksula, Kepala Madan maupun Kecamatan Ambalau, mengingat kondisi ekonomi saat ini semakin memburuk mengakibatkan kebutuhan pangan untuk mahasiswa sudah sangat sulit karena orang tua kami tidak lagi melakukan pengiriman pangan sebab angkutan laut tidak lagi terakses lagi dengan baik. Kami minta seluruh mahasiswa harus betul-betul diperhatikan Pemda Bursel,” tutupnya. (KT/02)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Diskusi Online Covid-19, GMF Keluarkan 5 Rekomendasi Bagi Pemda Bursel Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top