• Headline News

    Monday, April 6, 2020

    Cegah Covid 19, Dinkes SBT Siapakan SDM



    SBT, Kompastimur.com 
    Sikapi Penanganan Diseases Corona virus Covid 19,Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Timur pastikan setiap puskesmas ada SDM kesehatan yang melaksanakan kegiatan Pencegahan Covid 19 di wilayahnya. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas kesehatan, Abas Rumatamerik pada, Sabtu (4/4/2020).

    Rumatamerik mengatakan, dalam dalam rangka pencegahan, pihaknya mulai menyiapkan SDM kesehatan ( Dokter) yang ada di Puskesmas kecamatan dan akan membantu sejumlah Oraganisasi kesehatan untuk melaksanakan kegiatan yang berlangsung di  Puskesmas, sehingga pelayanan  pada tingkat Puskesmas di kecamatan sehingga semua pelayanan dapat berjalan sesuai tugas yang telah dibagikan.
    "Mensiasati melalui koordinasi dengan sejumlah Organisasi Kesehatan yang ada di SBT  sehingga dapat menjawab kekurangan SDM Kesehatan (Dokter) yang ada di sejumlah Puskesmas kecamatan," ucap Rumatamerik.

    Saat ini, ada 18 tenaga dokter yang ada di Puskemas-puskesmas Kecamatan, namun menurutnya, tenaga dokter yang ada belum mencukupi Puskesmas-Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur.

    Untuk itu, selaku kepala Dinas Kesehatan, Rumatamerik terus membangun komunikasi intensif dengan ikatan dokter indonesia (IDI) SBT untuk membantu mencari solusi demi mengisi semua puskesmas yang ada

    "Kami memiliki 18 Dokter yang ada di Puskesmas, dari jumlah itu masih belum mencukupi Puskesmas di SBT, sehingga kami terus berkoordinasi dengan IDI SBT untuk mencari solusi bagi Puskesmas yang belum memiliki dokter," kata Rumatamerik.

    Selain IDI, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kementrian SDM dan BKD SBT untuk dapat secepatnya didatangkan, namun hal itu terkendala karena rata-rata dokter yang berminat untuk mengisi Puskesmas di wilayah SBT terbilang sedikit karena beberapa kecamatan yang ada di daerah ini berada pada daerah terpencil.

    "Kami berupaya untuk berkoordinasi dengan Kementrian Kesehatan dan BKD SBT untuk bagaimana kekosongan dokter ini bisa terisi. Dokter yang minat untuk mengisi Puskesmas kita sedikit mungkin karna wilayah terpencil,” katanya.

    Dirinya menghimbau agar Puskesmas Kecamatan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dengan tetap berkoordinasi dengan pimpinan. Selain itu, saat melaksanakan pemeriksaan harus teliti dan tetap waspada, terutama imun tubuh harus tetap fit sebelum melakukan tugas di lapangan sehingga tidak berpengaruh pada kesehatan 

    "Utamakan kesehatan dan keselamatan sebelum berkerja, imun tubuh tetap fit, harus berkoordinasi dengan pimpinan, dan teliti saat melakukan pemeriksaan kesehatan serta mendata orang yang masuk ke wilayah masing masing," tutup Rumatamerik. (KT/FS)



    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Cegah Covid 19, Dinkes SBT Siapakan SDM Rating: 5 Reviewed By: A L
    Scroll to Top