• Headline News

    Thursday, March 26, 2020

    GTPP Covid-19 Pemda Bursel Semprot Desinfektan


    Namrole, Kompastimur.com 
    Terus mewaspadai masuknya Virus Corona (Covid-19), Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan (GTPP) Covid-19 Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) langsung bergerak cepat melakukan langkah - langkah antisipatif dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di kabupaten tersebut.

    Selain sejumlah himbauan, dan ajakan untuk terus menjaga pola hidup sehat, menerapkan Social Distancing, mengajak masyarakat menggunakn masker dan rajin untuk mencuci tangan, serta melakukan scan suhu tubuh bagi masyarakat yang datang ke Bursel, salah satu langkah antisipatif lain adalah dengan melakukan penyemprotan secara masif cairan Desinfektan di beberapa titik layanan publik yang ada di kota Namrole, Rabu (25/3/2020).

    Sasaran yang menjadi tempat semprot cairan Desinfektan seperti di kapal yang menyinggahi pelabuhan Namrole, area pelabuhan Namrole, area bandara, Kompi D 731 Kabaresi, sekolah, tempat-tempat ibadah, pandopo Bupati, pendopo Sekda, kantor Bupati, kantor-kantor dinas dan tempat-tempat strategis lainnya.

    Penyemprotan desinfektan ini dipimpim langsung oleh Sekda Bursel Iskandar Walla dan melibatkan semua pihak yang tergabung dalam Tim GTPP Covid-19 kabupaten Bursel.

    Sekda Bursel Iskandar Walla di selah-selah aksi penyemprotan menyampaikan bahwa tindakan ini adalah langkah strategis untuk memutus penyebaran dan sekaligus mencegah Covid-19 masuk ke Bursel.

    “Jadi hari ini yang kita lakukan adalah bagian dari upaya kita untuk melakukan pencegahan penyebaran covoid-19 di Bursel serta menjaga masyarakat agar terhindar dari Virus itu,” ucap Sekda. 

    Sekda katakan, kegiatan penyemprotan desinfektan yang dilakukan hari ini akan terus berlanjut.

    Setelah Bandara dan pelabuhan, akan dilanjutkan ke pendopo Bupati, Pendopo Sekda, Kompi D 731 Kabaresi, Polsek Namrole, Bank, kantor-kantor Dinas, kantor Bupati, sekolah dan tempat-tempat Ibadah serta lokasi-lokasi yang di pandang pantas untuk di semprotkan cairan Desinfektan.

    "Kita akan terus berupaya melakukan segala cara untuk memutus penyebaran Covid-19 dan semoga virus mematikan itu tidak masuk sampai ke Bursel. Segala cara sudah kita lakukan kita berdoa sama-sama semoga kita semua terhindar dari Covid-19,” ujar Sekda.

    Ditempat yang sama, Kadis Kesehatan Bursel, Ibrahim Banda kepada wartawan mengatakan saat ini pemeriksaan di pintu-pintu masuk diperketat bagi siapa saja yang datang ke Bursel.

    "Setiap warga yang datang kami tes Suhu tubuhnya, cuci tangan, dan di semprot cairan Deainfektan," kata Banda.

    Tak hanya itu, Banda menjelaskan, setiap masyarakat yang masuk ke Bursel telah dimintai data diri dan disodorkan sejumlah pertanyaan oleh petugas kesehatan seputar perjalanannya diluar daerah.

    "Mereka tiba di Namrole baik melalui kapal dan pesawat dilakukan penyemprotan Desinfektan, mencuci tangan, di scan suhu tubuh dan diambil keterangannya seputar gejala selama perjalanan yang bersangkutan," jelas Banda.

    "Jadi para penumpang dimintai KTP dan ditanya rekam jejak perjalan serta tujuan ke Namrole oleh para petugas medis yang bertugas. Semua mulai dari transit dimana, selama perjalanan apa merasa batuk demam atau flu, bersama siapa melakukan perjalanan, berangkat dari mana tiba tanggal berapa dan lain-lain," tambah Banda.

    Ia katakan, untuk warga yang baru tiba di Namrole sudah dimintai nomor kontaknya dan dianjurkan untuk mengisolasi diri selama 14 hari dirumah.

    "Kami minta mereka setelah tiba di Namrole harus melakukan isolasi diri dirumah selama 14 hari, tidak melakukan perjalann keluar rumah, menerapkan sosial distancing, tetap melakukan dan menerapkan pola hidup sehat dan terus makan minuman dan vitamin. Kami juga sudah minta kontaknya jika terjadi sesuatu kami bisa buka data," terangnya.

    “Kami dari Gugus Tugas yang diketuai pak Sekda selaku ex officio, akan terus berupaya memberikan perlindungan dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19 di Bursel," katanya lagi.

    Banda berharap, semua masyarakat bisa menaati seluruh himbauan dan ajakan serta maklumat baik dari pemerintah pusat, TNI/Polri, maupun dari Pemda Bursel.

    "Kami harap masyarakat bisa taat dan ikut andil dalam gerakan ini supaya kita bisa sama-sama dapat mengantisipasi penyebaran Virus tersebut," pungkasnya. (KT`02)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: GTPP Covid-19 Pemda Bursel Semprot Desinfektan Rating: 5 Reviewed By: A L
    Scroll to Top