• Headline News


    Thursday, January 16, 2020

    KPU Ajak Rakyat Bursel Jaga Persaudaraan Selama Pilkada

    Namrole, Kompastimur.com
    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menggelar kegiatan Launching Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 di ruang Serbaguna Namrole, Rabu (15/1).

    Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun saat memimpin kegiatan launching yang ditandai dengan pemukulan gong itu yakin bahwa dengan dilaunchingnya Pilkada Kabupaten Bursel ini menjadi tanda bahwa seluruh perangkat KPU Kabupaten BBursel telah siap untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada dimaksud.

    “Kegiatan launching yang dilaksanakan saat ini merupakan bukti bahwa KPU Kabupaten Bursel telah siapuntuk melaksanakan Pilkada Kabupaten Bursel,”kata Kubangun.

    Ia menjelaskan, bahwa dalam pelaksanaan Pilkada, ada banyak aktor penentu dalam mensukseskan agenda demokrasi itu, baik itu KPU pusat, Provinsi dan Kabupaten hingga perangkat terendah, maupun Bawaslu dan turunannya, serta berbagai pihak lainnya, termasuk masyarakat sebagai pemilih.

    Tak lepas dari itu, suksesnya Pilkada ini pun tak akan terlepas dari hubungan persaudaraan yang harus tetap dijaga dalam kegembiraan pesta demokrasi ini.

    “Mari tetap jaga hubungan persaudaraan di Bumi Lolik Lalen Fedak Fena ini. Mari kita jaga semangat ini sehingga Pilkada ini pun akan berlangsung dalam kondisi penuh persaudaraan,” kata Kubangun.

    Sementara itu, Sekda Kabupaten Bursel Iskandar Walla ketika membaca sambutan Bupati Tagop Sudarsono Soulisa mengatakan, momentumpelaksanaan kegiatan launching Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bursel ini adalah sebuah agenda yang mengandung sebuah makna bahwa hari ini KPU Kabupaten Bursel beserta seluruh masyarakat Bursel telah siap berpesta demokrasi lima tahunan untuk melaksanakan Pilkada serentak Tahun 2020.

    “Pesta demokrasi kali ini adalah untuk yang ketiga kalinya Kabupaten Bursel melaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupatu. Catatan sejarah ini akan menorehkan bahwa  para penyelenggara, khususnya KPU Kabupaten Bursel dapat menunjukkan prestasinya masing-masing melalui penerapan dan pengimplementasian peraturan perundang-undangan secara komprehensif dan professional,” katanya.

    Dikatakan, pengalaman penyelenggaraan pemilihan umum di daerah ini dari waktu ke waktu, hendaknya menjadi pelajaran penting dalam membenahi pelaksanaan pemilihan saat ini dan dimasa-masa yang akan datang.

    “Kedepan penyelenggaraan pemilihan di fdaerah ini akan semakin mengalami kemajuan, baik dalam hal teknis pelaksanaan maupun kematangan  dan kecerdasan pemilih untuk menentukan pilihan politiknya, sehingga akan terwujud suasana yang rukun, aman dan damai dalam bingkai orang basudara,” ucapnya.

    Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bursel Syarif Mahulauw dalam sambutannya mengatakan, kegiatan launching ini dilaksanakan sebagai bentuk penegasan keppada publik, khususnya di Kabupaten Bursel, bahwa tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bursel tahun 2020 sudah dimulai dan siap untuk dilaksanakan secara demokratis, berdasarkan azas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

    Iapun mengucapkan banyak terima kasih kepada KPU Provinsi Maluku yang telah banyak memberikan arahannya dalam proses penyusunan anggaran, serta tentunya KPU Kabupaten Bursel berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bursel yang telah sanggub mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 21.912.511.000 dari usulan KPU Kabupaten Bursel sebesar Rp. 25.383.484.804 (95 % dari anggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015).

    Ia mengaku, setelah kegiatan launching ini pihaknya akan dihadapkan pada jadwal dan tahapan yang menindih. Olehnya, kepada segenap warga masyarakat yang telah memenuhi syarat, pihaknya berharap partisipasinya dalam penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bursel Tahun 2020. (KT-01)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: KPU Ajak Rakyat Bursel Jaga Persaudaraan Selama Pilkada Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top