• Headline News

    Wednesday, January 8, 2020

    Iklan Tokopedia Boyband Korea Harus Ditarik, Karena Berbau LGBT

    Teks: Boyband korea di iklan tokopedia. Foto: tokopedia.com
    Jakarta, Kompastimur.com 
    Lembaga Advokasi Kajian Strategis Indonesia (Laksi) mendesak Tokopedia menarik Iklan Tokopedia yang menampilkan Boyband Korea, sebab diduga mengarah kepada kampanye LGBT.

    Laksi berharap Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dapat mencabut iklan dari Tokopedia tersebut.

    Pernyataan ini disampaikan Koordinator Aksi, Zoel Nasution didampingi Azmi Hidzaqi Ketua Umum Laksi dalam rilisnya, Kamis (08/01/2020).

    "Diharapkan bangsa ini dapat terlindungi terhadap anak dan remaja yang rentan menduplikasi perilaku menyimpang LGBT. Karenanya, baik televisi maupun radio, tidak boleh memberikan ruang yang dapat menjadikan perilaku LGBT itu dianggap sebagai hal yang lumrah," katanya.

    Menurut Zoel, aturan dalam P3 & SPS itu sudah jelas, baik tentang penghormatan terhadap nilai dan norma kesusilaan dan kesopanan, ataupun tentang perlindungan anak dan remaja yang melarang adanya muatan yang mendorong anak dan remaja belajar tentang perilaku tidak pantas dan atau membenarkan perilaku tersebut. Selain itu, kami juga mengingatkan bahwa dalam Undang-undang Penyiaran juga menegaskan bagaimana tujuan penyelenggaraan penyiaran, yakni salah satunya untuk terbinanya watak dan jati diri bangsa yang beriman dan bertaqwa.

    "Kami meminta kepada Tokopedia untuk membuat iklan yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila dan budaya bangsa, kami meminta agar Tokopedia menggunakan hati nurani dalam membuat iklan agar turut serta menjaga budaya bangsa ini agar tidak mengarah kepada perilaku yang menyimpang dan kurang menghargai budaya bangsa sendiri," desaknya.

    Sedangkan kata dia, KPI sebagaimana dilaporkan di situs resminya, memberikan imbauan kepada semua lembaga penyiaran untuk tidak memberikan ruang yang menampilkan praktik, perilaku dan promosi LGBT. Promosi yang dimaksud dapat dilihat dari aspek judul/tema, narasi, pembawa acara, keberimbangan narasumber dan durasi dalam menyampaikan pendapat dan kesimpulan yang memuat pesan bahwa LGBT sebagai hal yang lumrah dalam kehidupan. 

    "Sesuai dengan fungsinya, KPI kembali mengingatkan kepada semua media agar tetap mematuhi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 (UU Penyiaran) bahwa semua media berfungsi membentuk watak dan jati diri bangsa yang beriman dan bertakwa," tandasnya.

    Zoel menambkan bahwa, Laksi menuntut agar Tokopedia menarik seluruh iklan di media elektronik dan iklan di media luar ruangnya karena figur yang menjadi bintang iklannya mengarah kepada perilaku menyimpang dan mendorong kehidupan liberal dan mengarah kepada perilaku LGBT. Bagi masyarakat muslim Indonesia kami juga mengecam iklan yang dibuat Tokopedia yang secara sengaja memberikan ruang kepada Boyband Korean BTS yang berpenampilan dan gaya hidupnya mengkampanyekan  LGBT.

    "Kami keberatan dengan kampanye LGBT ala Tokopedia ini, cabut izin Tokopedia karena melakukan kampanye budaya asing yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila yang menjunjung tinggi adab," tambahnya.

    Seharusnya kata Zoel, Tokopedia tidak menampilkan artis Korea yang tidak sesuai dengan akar budaya bangsa Indonesia, kami akan mengkampanyekan boikot Tokopedia yang sudah secara terang terangan memberikan ruang kepada Boyband yang mengkampanyekan LGBT secara terang terangan, jelas ini akan merusak perilaku dan budaya bangsa kita.

    “Kita tidak bisa membayangkan bagaimana jadinya bangsa ini nanti kalau seandainya sikap dan gaya hidup dari LGBT tersebut berkembang biak di Negeri tercinta ini," pungkasnya.

    Rencananya demi menjaga akhlak dan moralitas bangsa kita akan ambruk dan rusak luar biasa. Dan atas dasar tersebut, maka laksi akan melakukan aksi massa memboikot iklan Tokopedia. 

     "Laksi mengundang kawan-kawan media untuk peliputan kegiatan aksi yang akan dilaksanakan pada Kamis/ 9 Januari 2020, Titik Aksi: Tokopedia Tower, Waktu: 13. 00 Wib s.d. Selesai. Adapun tuntutannya adalah Tarik Iklan Tokopedia yang menampilkan Boyband Korea Karena Adanya Dugaan yang mengarah Kampanye LGBT," pungkas Zoel menggebu-gebu penuh semangat 45. (KT-red/GD)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    66 komentar:

    1. Aneh, ini pencemaran nama baik. Hanya karena berbeda budaya bukan berarti kalian bisa ngatain orang LGBT.. dilihat dari segi manapun nggak ada tuh saya liat kalo mereka LGBT

      ReplyDelete
      Replies
      1. sependapat, mungkin Lembaga ini perlu di pertanyakan

        Delete
    2. Hati2 ya. Kalo di tuduh bighit pencemaran nama baik, ati2 ya

      ReplyDelete
    3. LGBT dari mananya ya? Mereka cuman bilang Tokopedia doang terus gaya gayaan,diliat dari mana penyimpangan LGBT itu?dan mereka tidak ada di iklan itu yg mesra mesraan dgn sesama cowo?,jangan menyebarkan isu isu yang tidak masuk di akal terimakasih :)

      ReplyDelete
    4. ANAK SD JUGA TAU MEREKA CUMAN NGOMONG "TOKOPEDIA TOKOPEDIA BELANJA DI TOKOPEDIA SAJA" HMMMMMMM

      ReplyDelete
    5. Tolong dong jelasin, bagian mananya yg terlihat sperti LGBT?!!!
      Pengen kasar, cuman gw takut dosa, kalian pengen tenar, atau apa cerita. Kurang piknik nih si laksi2

      ReplyDelete
    6. Misi disebelah mana yah LGBT nya? Tolong lihat jelas. Kalo misalkan karena tokopedia membawa idol korea. Apa kabar dengan shopee yang membawa juga idol korea? Saya kurang mengerti di mana LGBTnya. Dan lagi hati2 jika nanti malah jadi anda yang kena karena pencemaran nama baik.

      ReplyDelete
      Replies
      1. LGBT darimannya??:)

        Delete
      2. Maaf,
        Ini LGBT dari sisi mananya yaa? Sebaiknya anda perlu tau siapa Boy band yang yang ditampilkan dilagu itu dengan baik dan benar lagu, pandang dari semua penampilannya itu bernilai seni, lagu dan albumnya saja semuanya berteori,berseni , kami saja banyak paham budaya dari mereka, Tokopedia sudah benar memilih Boyband korea tersebut,

        Delete
    7. SECARA TIDAK LANGSUNG INI MENGATAKAN KALO MREKA LGBT?!
      LGBT DARI MANA NYA COBA COK!
      Gue harap nih yaa,kalo BIGHIT liat ini gue harap mereka langsung ngambil jalur hukum dah.Skrng jngn mcm²sama bighit.
      MENDINGAN URUSIN BENCONG²YANG MUNCUL DI TIPI ONOH.DRI PADA NGURUSIN INI,GABUT BNGT DH KYK NYA

      ReplyDelete
    8. mereka dari Korea, mereka punya budaya sendiri di sana. mereka juga udah pada ada kerja sama di UN alias PBB tentang hak asasi manusia, gimana semangatnya mereka memperjuangkan biar violence di dunia bisa berkurang. masalah jadi brand ambassador Tokopedia, kan mereka cuma ngepromosiin Tokopedia aja. ga bawa2 LGBT, UN speech, atau #stopviolence tuh. soal orang2 muslim di Indonesia, saya sebagai muslim wajib bertoleransi dengan hal2 seperti LGBT dan sebagainya, yang penting saya sendiri tidak ikut2an menjadi seperti itu. kalo jadi koordinator lembaga, apalagi lembaga advokat mikir2 ya, udah kuliah hukum yang bener tapi kok pemikirannya cetek. nanti giliran diungkit sama BigHit, dikenai sanksi pencemaran nama baik, nangis2 minta maap. untuk kompastimur.com, kalo nyari berita yang bener juga dong, berita apaan nih anjir

      ReplyDelete
    9. ini yang nuntut udah nonton iklan nya belum sih? LGBT mana nya coba? astaga.. sewaan pesaint tokped apa gimana sih ini heran..

      ReplyDelete
    10. Ada yang aneh sama berita ini. Harusnya kalau kasih judul begitu, kasih bukti juga dong yang mengindikasikan kalo iklan tersebut berbau LGBT. Andaikata mewawancarai LAKSI tanyain juga apa yang mendasari lembaga itu menuduhkan demikian? Kalau gak ada bukti sama aja kayak anak TK nuduh random temennya yg ngumpetin barangnya. Kok bisa gitu berita gak lengkap yang menggiring opini tanpa penjelasan rinci kok dilolosin dan dipublikasi.

      ReplyDelete
    11. Aku gtw salahnya dimaana. Woi lah iya kalau mereka nampilin mesra2an org mereka biasa ajaaa

      ReplyDelete
    12. Mohon maaf bapak/ibu yang terhormat, LGBT sebelah mananya, ya? Apakah ada bukti akurat yang merujuk pada hal tersebut? Tetapi saya rasa tidak demikian,apakah mungkin pandangan saya salah? Atau pikiran bapak/ibu yang melenceng? Oh iya, saya mengingatkan juga, saya rasa perkataan bapak/ibu ini secara langsung telah merusak nama baik boyband tersebut. Saran saya, sebelum bertindak bapak/ibu harus memikirkannya terlebih dahulu. Sekian. (Intinya open minded lah, jangan apa-apa diharamkan)

      ReplyDelete
    13. Dimana bagian yang menunjukan LGBT nya ya? Ini pencemaran nama baik namanya. Hati² bighit akan turun tangan nantinya. Budaya yang berbeda jangan dipukul ratakan dong semuanya. Tolong, mereka hanya ngomong TOKOPEDIA, BELANJA TOKOPEDIA SAJA. πŸ˜•

      ReplyDelete
    14. Emosi gue baca ini.mengandung LGBT dari mananya sih? Tolong jelasin!!!

      ReplyDelete
    15. Apanya yg LGBT sih.pen bnget gw sentil Ginjalnya.BTS jg Biasa biasa aj tuh GK ad unsur" Senonoh nya..kalo negeri ini ad anak" LBTS itu salah Orangnya sendri bukan orang lain.kalo didik yg Bener juga GK bkal jdi LGBT..hiihhh

      ReplyDelete
    16. Heran berbau LGBT dimananya sih?buktinya manaaaa

      ReplyDelete
    17. Lu ga usah sok"an bilang gara" iklan tokopedia ini. Dapat merusak moral, mendorong anak bangsa menjadi LGBT. tanpa ikla ini pun moral anak bangsa udah bnyk yg rusak. Contoh aja tuh si reinhard sinaga :v

      ReplyDelete
    18. Menurut saya! Yg pantas di tarik itu adalah berita ini.. Kenapa? Anda tidak sadar kah? Bahwa semua kata dan ucapan anda pada berita ini semua nya termasuk pencemaran nama baik.!! Penglihatan anda tentang iklan tersebut sangat lah tidak masuk akal!!! Mereka hanya Menyuara kan Kata Tokopedia. Dan, apa ada gaya atau hal yg berbau LGBT dalam iklan tersebut? Heyyy menurut saya semua ini harus di perjelas dan jangan sampai mencemarkan nama baik orang lain.. Serta nama baik bangsa kita sendiri. Karna telah berpendapat salah dan mencemar kan nama baik orang lain.

      ReplyDelete
    19. tau apa lo tentang BTS hahaha

      ReplyDelete
    20. Tolonglah ini LGBT darimananya?
      Jangan mencemarkan nama baik seseorang.

      Sekarang mau nanya, apa ada adegan yg bisa di bilang LGBT?
      Kalo iklan joget" gitu di bilang LGBT kenapa iklan lain kagak? Berarti kalo mau iklanin apa pun harus spaneng ya? Haha lucu sekali Anda sekalian.

      Humm uang dapat membeli segalanya ya..
      selamat bersakit perut karena makan duit haram Sayang Sayangkuu sekaliaannn kkk~

      NB : Tarik berita ini!

      ReplyDelete
    21. Tolong kasih tau kami dimana letak LGBT nya wahai KPAI yg maha bener kalo soal perfilman! Kemaren bp diginiin sekarang bts juga, mau kalian kek mana ha, lama lama ilfeel org korea sama kita, duuh tolong berpikir cerdas laaa, norak norak

      ReplyDelete
    22. tau apa tentang BTS hah wkwkwkwk sok ngatain LGBT kayak paling tau aja, urusin dulu tuh WNI yang jadi GAY DI MANCHESTER.

      ReplyDelete
    23. Tinggal share link ini atau screenshoot ke bighit ni laman dan org² yg terlibat didalamnya akan dalam bahaya sih, bighit sangat hati² akan artisnya bisa² laman dan org² yg terlibat yg akan terkena dampaknya Karena pencemaran nama baik dari bighit
      Semoga saja tidak ya�� kasian soalnya sesama org indonesia cuman ngingetin harus berhati² aja dalam berbicara.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Monggo langsung report aja, biar udh tu g banyak tingkah lg

        Delete
    24. Dia cuma bilang tokopedia saja apa apaan di cap LGBT dari mananya bisa disimpulkan dengan kata" LGBT TOLONG DIJELASKAN???!!?!?!?!?!?!!?

      ReplyDelete
    25. ANEH LU! KAMPAYE LGBT DARI MANANYA?? BISA BACA KAGAK? UDAH TAU DIA JADI BA TOKPED MASIH MACEM² AJE OMONGANNYE. BIKIN MALU LU, SEHARUSNYA BANGGA TOKPED BISA DAPETIN MEREKA JADI BA DI INDONESIA. NGAJAK WAR ANAK KPOP HABIS LU

      ReplyDelete
    26. anak tk aja tau tu iklan tuh cuman ngomong "TOKOPEDIA" LGBT dri mana ny sih,urus aj dlu tuh pelajar yg msih suka tawuran sana sni

      ReplyDelete
    27. TAU APA ANDA TENTANG BTS? PENCEMARAN NAMA BAIK LU YA. SEHARUSNYA BANGGA BISA DAPETIN BTS JADI BA TOKPED DI INDONESIA. MALU²IN AJA. KALAH SAING LU YE BEGINI CARA MAINNYA?! BEGINI NGAJARIN ANAK BANGSA? DIBACA ANAK BANGSA YG ADA TU MALU. JANGAN URUSIN TU IKLAN YE PERASAAN GAK ADA UNSUR LGBTNYA, CUMA NGOMONG TOKOPEDIA AJA DIBILANG LGBT. TU URUSIN ANAK BANGSA YG LAGI HEBOH SEKARANG. LIAT SOSMED BIAR NGERTI

      ReplyDelete
    28. sebelum berkomentar tuh cari dulu fakta ny yg bner gimana,jangan asal jeplak aja pak,hati hati ya sekarang kalo mau berkomentar,budaya mereka tuh sma budaya kita beda jadi TOLONG MENGHARGAI SATU SAMA LAIN,bukan berarti mereka lgbt,please tarik berita ini secara ga langsung sudah mencemarkan nama baik BTS

      ReplyDelete
    29. yah begituh deh kalau orang cuma pengen disorot agar pencitraan peduli masyarakat, tapi otaknya ga dipake alasan kalian tentang lgbt lemah banget. mending perkusi bencong bencong pasar lebih bermanfaat

      ReplyDelete
    30. Please pak jangan bikin malu bangsa sendiri, dengerin lagu2nya, cermati isinya disitu bakal mengerti kenapa mereka bisa disebut the biggest boyband in the world.. mereka membawa triliun uang utk negara nya sendiri pak, mereka trgabung di unicef (Membawa pengaruh baik buat anak muda utk stop bullying) pernah pidato di PBB juga. disaat mereka jd BA tokopedia kenapa anda bicara seperti itu, tuduhan yg tdk berdasar. Coba direnungkan seblum bicara, dampak keuangan apa yg bakal mereka bawa buat indonesia klo mereka datang kesni pak. Jangan berpikir yg tidak2 dn melenceng dunk pak.. lelah saya menghadapi prilaku2 seperti anda

      ReplyDelete
    31. Bapak Zoel yang terhormat, mari kita bertemu secara langsung dan bicara secara detail dimana letak LGBT yang anda maksud? Saya akan dengan senang hati membantu jika apa yang anda jabarkan berupa fakta. Tapi jika tidak ada detail juga penjabaran, saya akan melaporkan ini pada pihak agensi atas pencemaran nama baik~

      ReplyDelete
    32. Paling ketua laksi kalo ketemu bts minta foto, pansos, kalo beneran ditarik iklannya hati2 aja sama kemurkaan army πŸ˜‚πŸ˜‚

      ReplyDelete
    33. APASIH ?? KOCAK DAH��LGBT DARIMANA WOY ?? TOLONG DIJELASKAN, NGGAK TERIMA BTS DIGITUIN ������

      ReplyDelete
    34. Ada yg punya ig atau sosial medianya laksi kah? Mau liat mreka tuh kyk gmn sih

      ReplyDelete
    35. LGBT MATAMU!
      DIKASI MATA ITU BUAT NGELIAT! BUKAN DIJADIIN BOLA PINGPONG!!

      MAKSUDNYA LO NGOMONG KEK GINI TUH APA? MINTA DITAMPOL PAKE UANG?! HAH! MURAHAN BANGET SII!!

      AWAS AJA KALO BIGHIT SAMPE DENGER!!
      GUA DOAIN DISERET KE RANAH HUKUM PARA PEMBCD INI.



      ReplyDelete
    36. Klo hrs mnjga budaya sndiri, knp iklan dlu yg ad aktor dri luar,gk ush sbt merek deh , knp kyk gtu gpp , sdgkn kyk gni aj di masalahin. Dan jg dri sisi mana sih ad insur lgbt nya. Bkn brarti dia dri luar itu lgbt kan. Pliss lha, ini tuh yg ada kyk namabah poin jelek bangsa jta sndiri jga nntinya. Mau dipandang apa kita nanti klo ini aja udh 2x tntg mslh penarikan iklan yg diiklankan artis luar. :)

      ReplyDelete
    37. TOLONG DIJELASKAN LGBT DARIMANANYA?? gaya berpakaian menampilkan ciri lgbt? Emang lo kira cowo2 cuman boleh pake kemeja koko dan kain sarung hah. Mereka cuma ngomong TOKOPEDIA TOKOPEDIA BELANJA DI TOKOPEDIA SAJA! BAGIAN MANANYA YANG LGBT???!!! INI NAMANYA PENCEMARAN NAMA BAIK DAN FITNAH.

      ReplyDelete
    38. Heran sama ini tulisan, isinya cuma menyalahkan dgn bilang dugaan mengarah kpd kampanye lgbt, tapi anehnya ga kasih bukti dimana letak mengarah ke lgbt nya. Coba dilihat yg benar iklannya dengan benar dan tanpa prejudge. Mereka diklip cuma bilang brp kata, paling banyak ya belanja? Tokopedia saya,cuma begitu. Bingung deh letak mengarah ke kampanye lgbt nya dimana. Yang ada ini tulisan malah bisa dituntut sma agensi mereka jadi pencemaran nama baik loh.

      ReplyDelete
    39. Terlalu banyak prejudge tidak seksama

      ReplyDelete
    40. Paling si mas ny cemburu, soalny ceweny ngeliatin cogan" terus di tipi ��������

      ReplyDelete
    41. Jika menurut bapak yg terhormat iklan ini berhubungan dengan lgbt tolong disebelah manakah letak lgbtnya?
      Atas dasar apa iklan harus ditarik sedangkan dalam iklan tsb hanya berupa promosi. Tolong ditelaah lebih lanjut sebelum berspekulasi jika tidak ingin berurusan langsung dengan pihak agensi idol kami sebagai pencemaran nama baik.

      ReplyDelete
    42. kemaren yg cewe terlalu seksi, sekarang yg cowo dibilang lgbt. terus bapak mau nya apa? transgender?

      ReplyDelete
    43. LGBT?? dari sisi mananya yaaku tanya. Mereka hanya menyuarakan "TOKOPEDIA. BELANJA DITOKOPEDIA SAJA" look at this apanya yang berbau LGBT, atas dasar apa kalian berbicara bahwa ini adalah LGBT. Hanya karena berbeda budaya bukan berarti kalian dengan seenaknya menuduh seseorang, ini salah satu pencemaran nama baik.. Jika kalian bicara soal tentang efeknya ke ANAK - ANAK menurut aku ini sama sekali gak ada hubungannya, karena semua tergantung edukasi kita ke anak anak, kami para penggemar bukan hanya terdiri dari orang dewasa tapi menyakup semua anak- anak, anak muda, orang tua dan juga lansia. jika kalian berbicara soal kampanye LGBT ini sama sekali salah karena bagi saya ini gak ada kaitannya sama sekalian dan gak ada unsurunsurnya apa lagi bau baunya. haduhhh tolong nilai orang jangan dari 1 sisi tapi dari sisi lain juga. jangan sampai kita mencemarkan nama baik negara kita

      ReplyDelete
    44. Buktinya mana!!!
      Memangnya di iklan ada adegan yang tidak senonoh?!
      Kalo ngomong tolong dijaga!
      Kalo memang mau menggugat, harus mendasar dan perlu bukti. Ngomongnya aja gak spesifik.
      Bawa-bawa "merusak moral anak bangsa". Saya sebagai fans yang ngikutin mereka gak dirusak tuh.
      Kalo ngomong yang mendasar dong! Atau bisa didiskusikan dulu!

      ReplyDelete
    45. maaf ya pak, maaf banget bahasa yg sebelumnya tidak sopan. tp kita sebagai manusia pa, bapak bisakan membedakan mana yg lgbt atau tidak? kami semua disini fans boyband tersebut pa, jd kami tau mereka itu bukan yg bapak sebutkan. jd saya dan para fans bts minta tolong untuk tidak memperbesar masalah ini. karena iklan ini sudah berbulan2 dan bapak baru berkoar skrg jadi agak aneh pa. jd tolong ya pa jangan diperbersar masalah ini. terima kasih bapak noel? oh bapak zoel ya. dan maafkan kami karna sudah menuliskan kata kata yg tidak sopanπŸ™‚πŸ™πŸ»

      ReplyDelete
    46. ah maaf nama saya belum ada

      ReplyDelete
    47. Saya kurang setuju.. apanya yang iklan berbau LGBT. Mereka gak tau bedanya LGBT sama Bromance. Bromance itu hubungan intim antara sesama lelaki yang tidak mengandung unsur seksual. Bromance itu seperti sahabat yang sudah sangat dekat, mengerti satu sama lain. Ya jelaslah, mereka terlihat akrab satu sama lain. Tinggal dan hidup bersama lebih dari 7 tahun, bahkan sebelum mereka debut. Budaya Indonesia memang tidak seperti mereka, gimana Indonesia mau maju kalau tidak menghargai budaya negara lain.

      Daripada ngurusin BTS sebagai BA yang kurang sesuai dengan asumsi Anda. Lebih baik ngurusin transgender yang sering muncul di TV, pantaskah itu ditonton rakyat Indonesia? BTS saja bajunya juga lebih sopan dibandingkan artis2 lainnya. Selama mereka promosi pun kita baik-baik saja, gak ada hal yang aneh. Kalau mau jatuhin orang jangan kaya gini, semua ada plus minusnya.

      Laksi gak tau kalo BTS itu paling berpengaruh dibanding yang lain. Kalau memang gak suka Brand Ambasadornya orang asing bilang saja. Memang kalau dari produk sendiri apakah akan segencar itu untuk memasarkan produknya. Bukan berarti mengejek produk dalam negeri ya. Dunia bisnis seperti itu mereka cari keuntungan ya seperti itu. Secara tidak langsung mereka promosi ke luar. Orang luar jadi tau produknya seperti apa sih Tokopedia itu

      Saya bersyukur lo BTS bisa jadi salah satu BA-nya produk Indo. Gak sembarangan lo ya kalo kerja sama BTS semua produk diiyain, susah banget. Apalagi kerja sama dengan BTS itu gak langsung jadi sampai tahunan melakukan perjanjian, karena saking banyaknya label yang pengen BTS jadi BA atau iklan lainnya. Apalagi mereka itu bayarannya mahal.

      Mohon LAKSI lebih bijak dalam mengambil keputusan. Jangan kalah bijak dengan anak kecil. Saya beri tahu ya. Ini termasuk pencemaran nama baik terhadapat BTS. Belum tahu saja Big Hit itu Label yang seperti apa.

      ReplyDelete
    48. Haduh no comment aku baca beritanya panas kupingku.... Kita sebagai netizen yg baik juga bisa bedain mana yg baik dan tdk baik.. jadi tolong tdk perlu saling menjatuhkan apa lagi bukan dri negara sendiri. Kalau tdk suka lngsung bilang kepihak terkait tdk usah dibesar2kan dimedia karena ini membawa nama baik negara low. Jadilah netizen yg cerdas

      ReplyDelete
    49. Menurut hemat saya, berita ini dan juga pernyataan dari pihak laksi hanya tuduhan yg tidak berdasarkan bukti. Asal liat boyband korea di cap banci, lalu banci mengarah ke LGBT. Ini mindset primitif yg perlu di rubah.

      ReplyDelete
    50. Lgbt dari mana? Dia kampanye love your self bukan LGBT. LANGGG LANG BAPAKLO LIAT LANGG

      ReplyDelete
    51. WKWKWK INI NIH YANG BIKIN NEGARA INDONESIA GA JADI NEGARA MAJU GIMANA MAU MAJU SEDANGKAT PEMIKIRAN RAKYATNYA MASIH SEMPIT GINI HAHAIN AJA... TOLONG YA YANG BILANG LGBT COBA DEH ANDA BANYAK BACA BUKU BARU KOMEN JANGAN APA2 LANGSUNG DIKOMEN INI UNSUR LGBT NYA DARIMANA YAAA????

      ReplyDelete
    52. padahal mereka kampanye stop bullying dan dukung hak asasi manusia di pbb sama kampanye love myself, situ yang nuntut udah pernah pidato di pbb belum? kalah dong sama namjoon awoakwoakwok

      ReplyDelete
    53. LAKSI itu lembaga apa ya? Tugasnya ngapain? Aku gak pernah denger

      ReplyDelete
    54. Laksi kumpulan orang2 bego? Kayak gitu aja di protes. Dungu!

      ReplyDelete
    55. Bapak ini pnya ig atau apa gtu pengn gue maki2 lwt dm πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„ kessel bat gue .. dia tau lgbt g sih.. dn mnt pnjlsn juga lgbt drmnanya .. mhn pnjlsnnya pak.. jngn asal ngmng ..

      ReplyDelete
    56. Kagak ada bts diikln toko pedia indoesia jg gt2 aj .. ank2 muda smkin mnjdi jdi klkuannya . Zina dmn mna .bencong dmn mn .. trasgender dmn mn .. bhkn wara wiri ditv ..

      ReplyDelete
    57. LGBT darimananya ya? Ini pencemaran nama baik namanya. Jangan asal nuduh dong. Klo mau iklan Indonesia gaada artis Korea jangan gini.

      ReplyDelete
    58. I CAN SEE THE POWER OF ARMYS �� saranghae kelen semua ��

      Wahai siapapun yg bersangkutan atas ingin penarikan iklan bts × tokped, menurutku yg kudu ditarik iklan nya itu ya iklan² sabun noh yg di TV, ngga sesuai pancasila dan norma² bgt, masa sampe liatin punggung, paha, dan hampir bugil. Tolong lah itu yg kudu ditarik. Ini alhamdulillah ya bts masih jd ambasador tokped, msh pake baju. -_-!

      ReplyDelete
    59. WOI BTS LGBT DARIMANA? DIKIRA SEMUA BOYBAND GIRLBAND KOREA PENDUKUNG LGBT APA?? NGACO ANEH KENAPA TOKPED DOANG KLO GT KAN SHOPEE JG SERING KOK PK GIRL BAND KEK BP SM GFRIEND TAPI GA DITUNTUT APAANSI idih

      ReplyDelete
    60. What's the problem with BTS and Tokopedia ads? what's wrong with that? please don't spread bad news and slander it, if you don't like them it's better to just stay quiet don't need to bad-mouth them.

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Iklan Tokopedia Boyband Korea Harus Ditarik, Karena Berbau LGBT Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top