• Headline News

    Thursday, November 7, 2019

    Seluruh Sekolah Di Ambon Harus Punya Pintu Darurat

    Baca Juga


    Ambon, Kompastimur.com  
    Richard Louhenapessy, yang adalah walikota Ambon menegaskan agar setiap sekolah di Kota Ambon diwajibkan harus memiliki satu pintu darurat, sebab jika lokasi sekolah sudah dikelilingi oleh bangunan-bangunan dan terjadi gempa atau bencana maka siswa dan guru hanya memiliki satu akses untuk keluar yakni pintu depan saja.

    Hal ini dikatakan, mengingat kondisi Ambon pasca gempa yang terjadi beberapa saat lalu.

    “Pintu-pintu darurat itu, semua sekolah wajib memilikinya, sehingga kalau misalnya sekolah ini dikelilingi, tahu-tahu misalnya ada gempa lalu ada bencana mereka harus keluar pintu depan, padahal itu tidak menguntungkan, mereka bisa lari melalui pintu belakang,” tegas Louhenapessy beberapa waktu lalu.

    Ia menjelaskan, untuk biaya untuk pintu darurat di sekolah-sekolah yang dikeluarkan, harus ditanggung oleh komite sekolah, mengingat akses yang lancar sangat dibutuhkan untuk saat ini.

    sedangkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmi Salatalohy menyampaikan, untuk masalah pintu darurat diwajibkan untuk semua sekolah yang ada di Kota Ambon. Untuk biaya pembuatan pintu akses tersebut harus ditanggung oleh komite sekolah.

    “Kalau untuk pintu itu kebijakan komite juga bisa karena hanya pintu saja. komite berkeinginan bagaimana lalu di buat akses jalan,” kata Salatalohy kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Rabu (6/11/2019).

    Lanjutnya, biaya ditanggung oleh komite karena sekolah juga bertanggungjawab terhadap keselamatan dari para siswa yang ada saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kedepan.

    Sebab, dengan adanya pintu darurat tersebut akan memberikan manfaat bagi siswa maupun guru di kondisi Ambon yang dilanda gempa dan masih mengakibatkan trauma untuk semua orang termasuk siswa.

    Pihaknya telah menghimbau kepada seluruh sekolah untuk segera membuat pintu darurat terutama untuk sekolah yang berada di dekat pantai sehingga saat terjadi bencana murid dan guru dapat melakukan evakuasi mandiri dengan cepat.

    Bukan hanya itu, untuk sekolah yang dipagari dengan beton harus dibongkar dan dibuat pintu darurat yang lebih aman untuk siswa yang ada untuk evakuasi.

    “Apalagi sekolah yang posisinya dekat pantai tapi kemudian itu tidak ada akses itu kita suruh bongkar terutama sekolah-sekolah yang menggunakan pagar beton yang tebal nah itu kita suruh bongkar supaya anak-anak kita ini apala bila terjadi sesuatu mereka cepat temukan akses lewat jalur keluar itu,” jelasnya.

    “Saat ini ada beberapa sekolah yang tidak punya pintu akses ada di SD teladan itu tapi kita sudah suruh bongkar, kemudian di SD Lateri tetapi posisinya berhadapan dengan jalan raya jadi dibelakang tidak butuh pintu akses tapi memang mungkin pintunya itu ditambahkan lagi kalau misalnya ada satu ditambahkan menjadi dua pintu untuk akses jalan keluar (KT/12).

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Seluruh Sekolah Di Ambon Harus Punya Pintu Darurat Rating: 5 Reviewed By: A L
    Scroll to Top