• Headline News

    Thursday, November 7, 2019

    DPRD Butuh Pers Sebagai Corong Aspirasi dan Sosialisasi

    Baca Juga


    Namlea, Kompastimur.com 
    Ketua DPRD Buru dari Partai Golkar, Muhammad Rum Soplestuny SE, mengakui sangat membutuhkan peran pers  sebagai corong aspirasi dan sosialisasi.

    Hal itu ditegaskan, Muhammad Rum Soestuny SE (Partai Golkar) dalam pidato politiknya usai dilantik dan diambil sumpah serta janji oleh Ketua PN Namlea, Samuel Ginting SH MH, menjadi Ketua DPRD bersama dua wakil Ketua Dali Fahrul Syarifudin S.Kom (PPP), dan Djalil Mukaddar SP (KPB), pada Rabu pagi (6/11).

    "Kepada rekan-rekan pers, kami menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan kepada lembaga ini. DPRD membutuhkan media sebagai corong dan sosialisasi untuk ikut menentukan perkembangan sebuah kebijakan sebagai kontribusi dalam membangun masyarakat dan daerah ini," tandas Soplestuny.

    Untuk itu, Soplestuny yang akrab dipanggil Rum ini juga mengharapkan agar awak media juga harus mampu menyajikan pemberitaan yang proporsional dan bernuansa edukasi, seimbang tapi transparan.

    "Juga kritis tapi menyejukan,"pungkas Rum.

    Dalam sambutannya, Rum lebih jauh menegaskan, agar semua harus selaras dan  berada pada sebuah persepsi yang sama, bahwa kepentingan rakyat harus ditempatkan paling awal dalam setiap pembentukan kebijakan.

    Dengan demikian, melalul forum paripurna yang terhormat itu, Rum mengajak semua, baik Instansi sipil, TNI dan Polri di daerah, beserta semua elemen masyarakat, untuk bersama-sama membangun koordinasi dan keselarasan dalam segala bidang, demi membangun masyarakat dan Kabupaten Buru menuju cita-cita kemandirian dan kesejahteraan.

    "Bersama kita ciptakan suasana yang kondusif di seluruh pelosok Kabupaten Buru meskipun terdapat perbedaan persepsi dan pemikiran, mari kita satukan. Apabila masih terdapat kepentingan yang sekiranya belum tersentuh kebijakan, mari bersama bicarakan,"imbuh Rum.

    Mengawali sambutannya, Rum turut menyampaikan terima kasih tak terhingga κερada seluruh masyarakat Buru di seluruh daerah pemiiihan, dari semenanjung  Namlea Ilat Sampai Waihotong Baru.

    "Atas dukungan dan pilihannya yang menjadikan Partai Golkar, PPP dan PKB sebagai partai politik pemenang pemilu dengan kursi terbanyak, sehingga menghantarkan kami bertiga menjadi pimpinan DPRD," tandas Rum.

    Dari relung hati yang paling dalam dan rasa yang tulus, dengan ungkapan penghargaan dan rasa terima kasih yang sama, Rum turut menyampaikan kepada Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Buru yang juga adalah bupati atas kepercayaan dan Amanah kepadanya sebagai ketua DPRD Buru.

    "Untuk itu semua, saya bertekad, sebagaimana sumpah yang telah saya ucapkan, bahwa saya akan bersungguh sungguh bekerja dan mengabdi kepada daerah tercinta ini serta menjadikan Buru sebagai pilar peradaban dan mercusuar ilmu pengetahuan yang bapak cita citakan dengan tetap mengharapkan bimbingan dan nasihat bapak yang penuh dengan keteladanan," janji Rum.

    "Demikian pula, saya ingin mengungkapkan rasa haru dan kebahagiaan yang kami bertiga rasakan ini, dengan menyampaikan rasa hormat dan salut kami, kepada kawan seperjuangan saya, senior saya, Bung Iksan Tinggapy yang selama jabatannya memimpin DPRD telah memberikan banyak pelajaran dan pengalaman berharga kepada kami. Kami bertiga hanya ingin berkata, marilah bersama sama kita bergandeng tangan membangun negri ini apa yang telah berlalu akan menjadi abadi, dan semua yang akan datang patutlah kita bahu membahu untuk meraihnya cambuk bersama, walaupun itu masih menjadi rahasia Ilahi,"tambah Rum.

    Menyinggung lebih jauh atas amanah kepada mereka bertiga sebagai pimpinan dewan, ditegaskannya, bahwa itu  isyarat akan tanggungjawab besar untuk menahkodai lembaga Legislatif dengan semangat kolektif bersifat yang kepemimpinan kolegial untuk memainkan peran penting dalam dan menentukan arah kebijakan pemerintahan pembangunan daerah menuju Kabupaten Buru yang mandiri dan sejahtera.

    Peranan lembaga ini terletak pada tercapainya keseimbangan antara kepentingan daerah dengan kebutuhan yang menjadi masyarakat amanah keterwakilan DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan bersama bupati, melalui fungsi legislasi fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan.

    Dalam rangka mewujudkan tanggungjawab 25 anggota dewan, maka pembentukan alat kelengkapan dewan menjadi agenda prioritas yang harus segera dilaksanakan. Penataan lembaga DPRD, akan menjadi instrumen bersama pemerintahl daerah terutama dalam hal menyusun strategi anggaran melalui pembahasan kua ppas serta batang tubuh APBD tahun anggaran 2020 yang telah memasuki batas waktu penetapannya.

    Sementara itu, Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I, H Masri Bugis, menyampaikan selamat atas pengambilan sumpah dan janji tiga pimpinan dewan oleh ketua PN Namlea.

    Kata bupati, dengan dilantiknya tiga pimpinan dewan difinitif ini, maka DPRD Buru sudah dapat memainkan perannya sesuai tugas dan fungsi dewan demi menyuarakan aspirasi masyarakat.

    Ramly juga mengharapkan melalui pimpinan dewan, akan terus terjalin kemitraan yang selalu harmonis antara legislatif dan eksekutif. (KT/010)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: DPRD Butuh Pers Sebagai Corong Aspirasi dan Sosialisasi Rating: 5 Reviewed By: A L
    Scroll to Top