close
BISA
  • Headline News

    Monday, August 12, 2019

    Prospek Pengembangan Gugusan Pulau di SBT Sebagai Kawasan Minapolitan

    TELAH DIRALAT DENGAN SURAT DIBAWAH INI


    Oleh Mantan pengurus Himpunan Mahasiswa perikanan Indonesi ( HIMAPIKANI) Wilayah VII Maluku, Malut, Papua: M.Taufiq Rumfot 
    SBT, Kompastimur.com 
    Seram Bagian Timur (SBT) merupakan Salah satu dari  Kabupaten yang ada dalam wilayah Provinsi Maluku yang terletak di ujung timur Pulau Seram, Didalamnya terkandung Sumber Daya Alam yang melimpah untuk dijadikan tumpuan pembangunan ekonomi berbasis sumber daya alam. Gugusan pulau di Ujung Timur SBT adalah gugusan Pulau Seram Timur, Pulau Gorom, Kesui Watubela dan Teor. 

    Secara Grografis, berhadapan dalam wilayah Pengelolan perikanan Laut Banda, Laut Arafura dan Laut Seram. Tentu memiliki potensi perikana yang begitu melimpah, namun hingga kini, belum dioptimalkan pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya  yang dimiliki. Pengelolaan perikanan saat ini menunjukkan tren semakin menurun baik dari sisi berlakunya UU 23 Tahun 2014 yang mengamantkan Pemerintah Daerah tidak lagi mengelola laut 4 Mil dari garis pantai maupun Kondisi pemanfaatan sumber daya perikanan di Seram Bagian Timur masih jauh dari harapan untuk menjadi sektor andalan.

    Oleh karena itu, apakah Pemerintah Daerah berfikir untuk menjadikan beberapa Daerah di gugusan pulau di Seram Timur, Pulau Gorom dan Kasui watubela serta Pulau teor sebagai Kawasan minapolitan. Kawasan minapolitan itu dimaksudkan untuk meningkatkan produksi perikanan demi kesejahteraan masyarakat. Program minapolitan digulirkan sebagai akselerator bagi pembangunan kelautan dan perikanan berbasis kawasan yang mampu membangkitkan multiplier effect perekonomian daerah.

    Bisakah Pemda menetapkan lokasi-lokasi pengembangan kawasan perikanan terpadu (Minapolitan di gugusan) sebagai sentra pengembangan perikanan Kawasan, disamping itu, apakah Pemda dapat membuat satu terobosan untuk mengoptimalkan laju perekonomian di gugusan pulau tersebut dengan mengalokasikan dana untuk setiap kecamatan di kawasan gugusan pulau di ujung bumi Ita Wotu Nusa. Dana itu disiapkan untuk memperbaiki dan membangun infrastruktur, khususnya sarana prasarana  yang menunjang kegiatan perekonomian dalam  kawasan minapolitan gugusan Pulau.

    Terhadap kebijakan tersebut, saya akan menganalisis  dari perspektif pembangunan ekonomi nasional dan pembangunan ekonomi daerah, hal ini penting karena suatu kebijakan harus dinilai dari aspek signifikansi, efisiensi, kualitas serta manfaat yang dirasakan langsung oleh masyarakat. Signifikansi kebijakan pada dasar pelaksanaan program minapolitan memiliki tiga tujuan, yaitu meningkatkan produksi serta kualitas perikanan, meningkatkan pendapatan nelayan, pembudidaya serta pengolahan ikan, dan mengembangkan kawasan ekonomi  perikanan untuk menggerakkan ekonomi daerah.

    Maka dalam konteks Nasional, tujuan untuk mewujudkan Indonesia sebagai Negara penghasil produk perikanan terbesar di dunia, maka tentunya Pemerintah Pusat akan memberikan Intervensi khusus dalam mengalikasikan anggaran dalam menyusun program nasional dalam pengembangan kawasan di maksud, sebab program minapolitan yang diyakini akan meningkatkan produksi perikanan di Indonesia yang berkontribusi dari Seram Bagian Timur.
    Sedangkan dalam konteks pembangunan daerah, pengembangan kawasan minapolitan sangat penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di gugusan pulau, disinilah letak keuntungan pengembangan kawasan di gugusan pulau di ujung timur SBT sebagai sebuah strategi pemerataan pembangunan.

    Pengembangan kawasan minapolitan  cukup prospektif karena berdiri di atas prinsip pengembangan kewilayahan yang efektif, efisien. Dengan demikian, diharapkan potensi kekayaan laut di wilayah ujung Timur SBT dapat dikembangkan dan dieksploitasi secara optimal, sehingga berdampak positif bagi masyarakat. Disamping itu, para pengambil kebijakan di daerah ini harus fokus dan serius dalam mengembangkan kawasan tersebut sehingga berjalan sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati SBT saat ini. Bagi saya, semuanya tergantung cara dan pandangan kita masing-masing dalam melihat kemajuan di bumi ITA WOTU NUSA. (KT/Rls)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Prospek Pengembangan Gugusan Pulau di SBT Sebagai Kawasan Minapolitan Rating: 5 Reviewed By: A L
    Scroll to Top