• Headline News


    Saturday, August 17, 2019

    Neg.Adm Sumber Agung Gelar Lomba TOGA


    SBT, Kompastimur.com 
    Menyongsong HUT RI yang Ke-74, Negeri Administratif Sumber Agung Kecamatan Bula Barat, Kabupaten Seram Bagin Timur resmi menggelar kegiatan Tanaman obat Keluarga (TOGA) hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat.

    Hal ini diungkapkan oleh Penjabat Neg.Adm Sumber Agung, Bambang Payapo pada, Jumat (16/08/2019) di Sumber Agung.

    Payapo mengatakan, kegiatan yang diinisiasi oleh dirinya dan warga setempat merupakan bagian dari program desa dengan tujuan, warga desa bisa memanfaatkan tanaman di pekarangan rumah sebagai obat-obatan tradisional yang bisa digunakan oleh warga.

    Selain itu, dengan kegiatan seperti ini ikut mendorong warga untuk membersihkan lingkungan, baik didalam maupun diluar rumah sehingga lewat kegiatan ini,  dua manfaat besar yang didapatkan, yaitu kebersihan dan kesehatan.

    “Penanaman TOGA tiap rumah, masyarakat sangat antusias bahkan masyarakat sendiri ikut membiayai kegiatan ini. Desa Saya sudah mulai bersih, jadi ada tanaman toganya dan rumahnya juga bersih,” ucap Payapo.

    Ditempat yang sama, Ketua Tim penggerak PKK Kecamatan Bula Barat, Ny. Kalsum Pelupessy mengatakan, dengan lomba seperti maka secara tidak lansung dapat menyadarkan warga untuk membersihkan rumah dan lingkungan mereka sendiri.

    Selain itu, dengan lomba TOGA yang dilaksanakan di Negeri Administratif Sumber Agung ini dapat menambah pengetahuan warga tentang betapa pentingnya obat-obat tradisional, sehingga kedepannya, ada ide kreatif dari masyarkat sendiri untuk membuat obat tradisional yang bersifat Herbal, sehingga masyarakat tidak  lagi bergantung pada obat yang banyak mengandung bahan-bahan kimia.

    “Dengan lomba ini mereka bisa membersihkan lingkungan mereka sendiri. Dari kegiatan ada ide-ide kreatif untuk bisa membuat obat tradisional, sehingga masyarakat tidak perlu lagi menggunakan obat-obat yang mengandung zat kimia,” harap Pelupessy.

    Salah satu Tim Penilai Lomba TOGA, Sukmawati Rumakur, SKM  memberikan apresiasi positif kepada warga masyarakat yang ada di desa ini, karena dinilai memiliki semangat yang luar biasa dalam penyelenggaran lomba TOGA. 

    Disamping itu Rumakur menambahkan, dalam lomba ini dirinya memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam tumbuh-tumbuhan, masyarakat diingatkan untuk harus tahu tentang nama tumbuhannya, manfaatnya, serta dapat mengolah tumbuhan tersebut sebagai obat.

    Dirinya berharap, kedepannya di Negeri Administratif Sumber Agung pada setiap RT harus memiliki TOGA percontohan.

    “Ternyata masyarakat punya semangat yang luar biasa. Hampir semuanya memahami cara pengolahannya. Selain bisa menanam mereka juga harus tahu manfaatnya, nama tanaman, mengolah dan menggunaknnya. Harapan Saya, setiap RT disini harus punya TOGA percontohan,” ujar Perempuan yang saat ini bertugas di Dinas Kesehatan SBT.


    Untuk diketahhui, Taman Obat Keluarga (TOGA) pada hakekatnya adalah tumbuh di sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan.

    Kebun tanaman obat atau bahan obat-obatan  dan selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat, khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Selain itu, Budidaya Tanaman Obat Untuk Keluarga (TOGA) dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat herbal dan obat tradisional. (KT/FS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Neg.Adm Sumber Agung Gelar Lomba TOGA Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top