• Headline News

    Thursday, August 8, 2019

    Keamanan Bursel Dalam Suasana Kondusif

    Baca Juga



    Namrole, Kompastimur.com
    Bupati Buru Selatan (Bursel) Tagop Sudarsono Soulissa dalam sambuatannya yang dibacakan Staf Ahli Bupati, Hamis Souwakil pada kegiatan Rapat Koordinasi Harmonisasi Antar Umat Beragama, Ormas/OKP dan Tokoh Masyarakat mengatakan bahwa Kabupaten Bursel dalam suasana kondusif.

    “Secara umum kondisi keamanan daerah Buru Selatan dalam suasana kondusif, yang ditandai dengan stabilitas dalam bidang politik, ekonomi, sosial budaya dan keamananan daerah ini selalu aman dan terkendali. Dimana dalam bidang politik ditandai dengan sukses dilaksanakannya agenda demokrasi nasional Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, DPRD dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 secara aman, tertib, lancar dan damai,” kata Tagop, Rabu (7/8/2019)

    Dalam kegiatan dengan tema “Melalui Rakor Harmonisasi Kita Satukan Visi dan Misi Dalam Rangka Menjaga Kondusifitas Situasi Keamanan dan Ketertiban di Kabupaten Buru Selatan” ini, Tagop menuturkan Kondisi ini merupakan wujud nyata karakter kita bangsa Indonesia, sebagai bangsa yang berlandaskan Pancasila serta diperkuat dengan nafas Bhineka Tunggal Ika “Walau Bebeda-Beda Kita Tetap Satu” sebagai wujud entitas persaudaraan yang rukun dan adil.

    Disampaikan, Bursel yang terdiri dari pluralitas masyarakat yang berlatar belakang suku, budaya dan agama maupun berbagai latar belakang sosial yang berbeda, dituntut agar memiliki kepekaan secara menyeluruh terhadap kemajemukan dalam konteks apapun.

    “Secara jujur perlu kita katakan bahwa kemajemukan dalam konteks apapun, selalu memiliki potensi rawan, sehingga diperlukan cara pandang positif, optimis dan tekad bulat untuk selalu memelihara harapan bahwa cara pandang kita dalam hidup berbangsa dan bernegara hendaknya terus diperluas, sehingga persoalan sebesar dan seberat apapun haruslah kita carikan solusinya bersama dan harus bebas dari kepentingan individu maupun kelompok,” ujarnya.

    Untuk itu, lanjutnya, membangun kebersamaan dan persaudaraan yang rukun dan damai di tengah kemajemukan masyarakat, sangat diperlukan koordinasi, komunikasi dan pembinaan secara komprehensif dari stakeholders, terutama dapat dimulai dari diri kita masing-masing.

    Searah dengan pelaksanaan kegiatan Rakor Harmonisasi ini, Tagop menginginkan agar forum tersebut menjadi sarana konsolidasi dan sinergitas antar Pemerintah Daerah dengan Tokoh Agama, Ormas/OKP, LSM dan Tokoh Masyarakat dalam rangka mengoptimalkan fungsi dan peran dalam pembangunan daerah terutama mengantisipasi munculnya masalah-masalah sosial dan radikalisme serta aliran-aliran sesat yang bertentangan dengan Pancasila di masyarakat.

    “Untuk itulah, perlu saya tekankan bahwa dalam mewujudkan kehidupan yang damai dan menciptakan keharmonisan sosial dimasyarakat perlu melaksanakan dengan sungguh sugguh konsensus empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara dalam sebuah ikatan Pancasila sebagai falsafah dan ideologi bangsa dan  Negara, UUD 1945 sebagai konstitusinya, dan menjaga keutuhan,” ucap tagop

    Disamping itu, Ia menghimbau kepada masyarakat Bursel untuk melaksanakan kegiatan yang berbasis masyarakat yaitu yang dapat membantu meredakan potensi konflik, menumbuhkan semangat kebersamaan, kekerabatan, keharmonisan dan kesetiakawanan sosial dalam masyarakat.

    Selanjutnya, memberi penghargaan terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berkembang di masyarakat selama tidak bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, seperti budaya Kai Wait (adik-kakak), sehingga potensi-potensi konflik bisa tereliminir dalam kehidupan masyarakat.

    “Memelihara keharmonisasi kehidupan beragama dapat dilakukan dengan meningkatkan pemahaman bahwa semua agama yang dianut adalah benar, dan sikap menghormati dan menghargai penganut agama lainnya, serta membangun komunikasi secara intensif melalui berbagai forum dialog antar tokoh agama, tokoh pemuda, antar tokoh adat,  tokoh masyarakat, antar kelompok etnis dan unsur pemerintah daerah guna menyatukan pemahaman, persamaan dan saling pengertian,” pungkasnya. (KT/02)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Keamanan Bursel Dalam Suasana Kondusif Rating: 5 Reviewed By: A L
    Scroll to Top
    *Terima Kasih Sudah Berkunjung ke Portal Kami* Terus Update dan Berbagi Pengetahuan Dengan Dunia*