• Headline News


    Saturday, August 31, 2019

    Asrama Kampus A Unidar Tulehu Dilahap Si Jago Merah


    Malteng, Kompastimur.com 
    Sebuah bangunan di asrama mahasiswa di kompleks Kampus A Universitas Darusallam (Unidar) Ambon di Desa Tulehu Kecamatan Salahutu di Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Jumat (30/8/2019) pukul 19.00 WIT di lahap si jago merah.

    Kasubag Humas Polres Pulau Ambon dan Pulau Pulau Lease, Ipda Julkisno Kaisupy belum bisa memastikan penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

    “Kami belum dapat pastikan karena bangunan asrama mahasiswa tersebut adalah bangunan lama sehingga tidak ada aliran listrik di dalam bangunan,’ kata Kaisupy di Ambon, Jumat (30/8/2019) malam.

    Dari informasi yang diperoleh lanjut dari Kaisupy, kebakaran tersebut tidak menimbulkan adanya korban jiwa, hanya korban materi. Namun seisi bangunan asrama mahasiswa milik Universitas Darusallam Ambon serta barang-barang milik mahasiswa yang ada ludes terbakar.

    Diperkirakan kerugian materi mencapai ratusan juta rupiah karena aset milik universitas maupun barang-barang milik mahasiswa yang ikut terbakar.

    “Kerugian materi akibat kebakaran tersebut berupa 200 buah kursi kuliah yang disimpan di bangunan asrama FKIP, jaket almamater 1.000 buah serta kain tenda dekorasi 10 kayu/10 rol,” terangnya.

    Menurut dia, sekitar pukul 20.00 WIT, empat unit mobil Pemadam Kebakaran milik Pemerintah Ambon tiba di lokasi kebakaran dan langsung memadamkan api dengan dibantu warga sekitar.

    Setelah berjibaku ddengan api selama setengah jam kemudian kobaran api bisa dipadamkan.

    Polisi telah memeriksa keterangan sejumlah saksi salah satunya Jalil Hunusalela (32) yang menjelaskan bahwa pada saat itu saksi yang sedang berada di dalam rumah di kompleks kampus keluar untuk menghisap rokok di depan teras rumah.

    Ketika itu, saksi melihat api yang dikiranya orang yang sedang membakar rumput. Karena penasaran, saksi menghampiri sumber api tersebut dan ternyata sumber api berasal dari dalam pojok bangunan dalam asrama lama milik mahasiswa.

    Selanjutnya saksi bergegas keluar dengan maksud untuk menurunkan/mematikan  listrik untuk memadamkan aliran listrik. Namun saat belum sempat menurunkan panel listrik, dia dikejutkan dengan bunyi ledakan dari dalam ruangan sehingga ia berlari keluar.

    Dirinya juga sempat menghubungi petugas PLN untuk melakukan pemadaman gardu listrik yang ada di areal kampus. Ketika saksi keluar tiba-tiba api telah membesar dan menjalar ke seluruh sudut bangunan.

    Sedangkan saksi lainnya Abdul Kader Kotta (53) yang merupakan petugas PLN. Ia dihubungi oleh Jalil melalui telepon agar naik ke Kampus Darusallam untuk memadamkan gardu listrik karena bangunan asrama mahasiswa terbakar.

    Mendengar informasi tersebut, petugas PLN datang ke tempat kejadian perkara (TKP) untuk mematikan gardu listrik. Kebakaran pada bangunan asrama mahasiswa milik Universitas Darusallam Ambon di Desa Tulehu ini secara spontan terjadi dan seketika api membesar serta membias ke ruangan yang lain.

    Warga sekitar TKP langsung membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya.

    Personel Polsek Salahutu yang tiba di TKP sekitar pukul 19:00 WIT dipimpin Kanit IK Polsek Salahutu serta personel piket penjagaan dan Bhabinkamtibmas Tulehu langsung membantu mengamankan TKP.  (KT/12)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Asrama Kampus A Unidar Tulehu Dilahap Si Jago Merah Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top