• Headline News


    Sunday, July 28, 2019

    UKIM Harus Bisa Pertahankan Kredibilitas dan Kapabilitas


    Ambon, Kompastimur.com 
    Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nataniel Orno berharap Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) dapat mempertahankan kredibilitas dan kapabilitas di tengah-tengah masyarakat.

    Selain itu, UKIM juga harus lebih terbuka dalam dalam rekrutmen mahasiswa.

    Hal ini disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) saat memberi arahan pada kegiatan Dies Natalies UKIM ke-34 di Aula UKIM, Sabtu (27/7/2019).

    “Kami angkatan pertama di UKIM di tahun 1985. Saat itu mahasiswanya bukan saja beragama Kristen Protestan, tapi ada yang beragama Islam dan beragama Katolik. Walaupun identitasnya jelas Universitas Kristen, tapi luar biasa sekali kalau hari ini ada mahasiswa yang beragama Muslim, beragama Katolik dan lain-lain yang berkuliah disini,” kata Wagub.

    Kata Wagub, dalam perkembangan Jaman saat itu, seluruh  kehidupan Civitas Akademik di tengah masyarakat, khususnya mahasiswa UKIM, harus menunjukan perilaku yang baik dan bisa bermanfaat bagi masyarakat. Kredibilitas dan kapabilitas harus tetap dijaga dalam mengimbangi kemajuan jaman.

    Pada kesempatan itu, Wagub menyinggung kearifan lokal Maluku yang dapat mempersatukan kemajemukan di daerah yang bertajuk seribu pulau ini.

    Wagub mencontohkan, ada Kalwedo di MBD, Duan Lolat di MTB, Ain Ni Ain di Kei, Jargaria di Aru, Lolik Lalen Fedak Fena di Buru Selatan, Rete Mena Bara Sehe di Bumi Bupolo Buru, Pamahanu Nusa di Maluku Tengah,  Saka Mese Nusa di SBB, Ita Wotu Nusa di SBT dan Lawamena Haulala di Pulau Ambon.
      
    Lanjutya, bukan hanya itu tetapi ada budaya Pela Gandong dan Sagu Salempeng Dipatah Dua, yang telah menjadi pranata sosial dan menjadi perekat hubungan sosial di antara satu negeri baik yang beragama Kristen maupun negeri yang beragama Islam.

    “Jadi kalau saja seluruh civitas akademika di UKIM mempertahankan identitas ini, dimana pun kita berada bisa menyatukan semua orang. Kita dan Ukim bisa maju tergantung Mahasiswa dan almamaternya,” himbau Wagub yang juga ketua Alumi Ukim itu.

    Dikesempatan itu, Rektor UKIM, Dr Jafet Damamin menyampaikan, dalam  kegiatan-kegiatan yang diperlombakan jelang Dies Natalis ini, semoga akan meningkatkan prestasi UKIM di berbagai bidang dan daya kreatif mahasiswa makin meningkat.

    “Kami berkeinginan pada kegiatan-kegiatan dimaksudkan akan lebih meningkatkan prestasi UKIM bukan hanya di daerah tetapi mewakili UKIM dalam berbagai even, baik peristiwa-peristiwa yang nanti terjadi di daerah, regional dan nasional,” kata Damamain.

    Damamin berharap, kegiatan tersebut akan dapat memotivasi dosen dan mahasiswa untuk terus menerus  meningkatkan prestasi, agar pada gilirannya mewakili UKIM dan mengharumkan nama baik di tengah tengah masyarakat.
    “adanya kegiatan-kegiatan ini bisa memacu dan memotivasi dosen dan mahasiswa untuk terus meningkatkan motivasi,” tandasnya. (KT/12)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: UKIM Harus Bisa Pertahankan Kredibilitas dan Kapabilitas Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top