• Headline News


    Thursday, July 11, 2019

    PPPSM Dukung Acara Sakral Panas Pela Sohuwe - Lumapelu


    Piru, Kompastimur.com 
    Persekutuan Pemuda Pelajar Sohuwe-Maloang (PPPSM) sepenuhnya mendukung acara sakral Panas Pela yang digelar lima Tahunan sekali antara Negeri Sohuwe dan Negeri Lumapelu yang akan berlangsung dalam waktu dekat ini.

    Acara Limatahunan ini menjadi kepercayaan bagi kedua negeri, secara turun temurun sejak zaman dahulu kala, dan sampai saat ini acara sakral lima tahunan tak dilupakan dan luput oleh anak cucu kedua Negeri yang berada di jazirah Taniwel Timur itu.

    “Panas pela menjadi tali persaudaraan antara kedua negeri adat Sohuwe dan Lumapelu, dan secara turun temurun panas pela ini suda terbentuk dan sudah tidak bisa di lepas pisahkan hubungan pela antara sohuwe dan lumapelu," ungkap Franklin Marayate, Ketua PPPSM dalam press rilisnya yang di terima Kompastimur.com, Kamis (11/7).

    Menurut Marayate, acara panas Pela merupakan pengetahuan sosial berupa Norma dan Hukum dan kepercayaan bahwa panas pela merupakan suatu kearifan lokal masyarakat adat yang di akui eksitensinya dalam Pasal 18 B ayat 2 UUD 1945.

    "Dalam pasal itu, Negara megakui dan menghormati kesatuan kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak-hak tradisionalnya dalam hal ini adalah panas pela, pengakuan secara yuridis atas keberadaan masyarakat hukum adat dan kearifan lokalnya,” ucap Maryate.

    Keunikan panas pela antara kedua negeri di Kabupaten Seram Bagian Barat kecamatan Taniwel Timur antara negeri Sohuwe dan Negeri Lumapelu sudah menjadi kepercayaan secara Turun temurun dan Bahu membahu dalam menjaga keharmonisan hubungan Pela tersebut

    "Ini pranata adat, selaku anak negeri harus berpegang pula pada harga diri negeri sendiri, ini identitas sebagai anak negeri jangan pernah pudar dan ditelan zaman. Maka kami sangat mendukung acara panas pela kedua Negeri Suhowe - Lumapale karena itu adalah jati diri kedua negeri yang berada di jazirah Taniwel Timur dan harus dilestarikan oleh anak - anak cucu agar dikenang sepanjang masa," tutupnya. (KT/FS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: PPPSM Dukung Acara Sakral Panas Pela Sohuwe - Lumapelu Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top