• Headline News

    Thursday, July 11, 2019

    Minta Klarifikasi, Wailissa Tak Bisa Jelaskan Kapasitasnya

    Baca Juga



    SBT, Kompastimur.com 
    Pemberitaan yang dirilis oleh kompastimur.com, terkait dengan dampak perusahaan kayu Bulat yang beroperasi di Negeri Atiahu Kabupaten Seram Bagian Timur oleh Perusahaan CV Berkat Sumber Makmur yang berujung banjir, dinilai keliru oleh salah satu akun Facebook yang bernama, Bbng Bayu Wailissa Rumalutur. Seperti postingannya pada salah satu Group, New PILAR-SBT, Kamis (10/07) dini hari.


    Akun facebook Bbng Bayu Wailissa Rumalutur dalam postingannya sekaligus menscrenshoot isi berita dengan caption yang isinya menuduh pemberitaan ini keluar dari etika-etika jurnalis. Padahal isi berita yang dirilis media ini sangat  lengkap dan memenuhi unsur-unsur pemberitaan. Akun ini bahkan meminta untuk pihak media harus mengklarifikasi berita yang sudah dimuat, jika tidak maka akan dituntut dengan UU ITE. Berikut isi Postingan yang ditulis akun tersebut


    "Kepada YTH: Pimpinan Redaksi Meida Kompas Timur.com SBT.

    Saran saya terkait dengan berita tentang banjir di Negeri Atiahu. Itu adalah bentuk berita yg (yang) tidak benar, kalau bisa mau menulis berita, saya minta anda harus turun lapangan dan jangan asal menulis berita.
    Anda tidak tau persoalan air ini, dan air ini tidak ada sangkut pautnx (pautnya) dengan penabangan kayu yg (yang) dilakukan oleh PT. Berkat Sumber Makmur.
    Saya minta anda mengklarifikasi berita tersebut. Karena anda telah keluar dari Etika pers dan jurnalis.
    Dan anda bisa dituntun dengan UU ITE.

    Hormat saya," tulis akun ini.
     
    Ferdi Suwakul (Kontributor Kompastimur.com Kab. SBT)
    Dalam komentar pada postingan tersebut, kontributor kompastimur.com di Kabupaten Seram Bagian Timur Ferdi Suwakul dengan akun facebook Bung Fherdy Arabhuz, lansung mempertanyakan kapasitas akun tersebut di perusahaan dalam kolom komentarnya, namun tak bisa dijawab. Selain pada kolom komentar, akun yang bersangkutan dikonfirmasi lansung via mesengger, namun yang bersangkutan tidak bisa menjawab.

    "Bbng Bayu Wailissa Rumalutur. yg (yang) kedua apakah pak ini direktur perusahaan?? Karyawan ataukah humas perusahaan???," tanya bung Fherdy dalam postingan tersebut.

    Kontributor kompastimur.com di SBT, Ferdi Suwakul yang juga mantan Aktivis ini meminta perhatian semua pihak, jika segala pemberitaan yang ditulisnya, jika tidak sesuai, maka pihak-pihak yang tertuju segera mengklarifikasinya secara lansung melalui dirinya atau lansung menghubungi pimpinan redaksi, bukan dengan cara menggunakan tangan atau mulut orang lain yang tidak jelas kapasitasnya untuk mengklarifikasi atau menghujat insan pers dengan dalil-dalil yang tidak bertuan alias tidak ada korelasinya.

    Itu merupakan bagian dari cara atau tindakan yang bertujuan untuk melemahkan insan pers.

    "Sumber beritanya jelas. Pihak tertuju kalau merasa tidak benar ya lansung menghubungi kami untuk mengklarifikasi, bukan dengan cara menggunakan tangan orang lain yang kapasitasnya tidak jelas," tegas Suwakul. (KT/FS)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Minta Klarifikasi, Wailissa Tak Bisa Jelaskan Kapasitasnya Rating: 5 Reviewed By: A L
    Scroll to Top
    *Pimpinan dan Staff Kompastimur.com Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MTQ XXVIII Tingkat Provinsi Maluku di Namlea, Kabupaten Buru*