• Headline News

    Thursday, July 11, 2019

    Besan dan Koedoeboen Lolos Administrasi Seleksi Capim KPK

    Baca Juga


    Jakarta, Kompastimur.com 
    Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemeberantasan Korupsi (KPK) telah mengumumkan 192 kandidat yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Dua diantara kandidat itu adalah putra terbaik Provinsi Maluku yaitu Wakil Bupati Buru Amus Besan dan Mantan Inspektur IV Jamwas Kejagung RI Herman A Koedoeboen.

    Pengumuman kandidat yang lolos tahap awal ini disampaikan langsung oleh Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih di kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (11/7/2019).

    Yenti mengumumkan hal tersebut bersama dengan bersama dengan anggota pansel lainnya yaitu Harkristuti Harkrisnowo, Marcus Priyo Gunarto, Mualimin Abdi, Hendardi dan Al Araf.

    Dilansir dari newsdetikdotcom, 192 peserta itu terdiri dari 180 laki-laki dan 12 perempuan. Dan dari semua kandidat yang lolos terdiri dari berbagai latar belakang profesi berbeda-beda, dimana ada 40 orang dari akademisi (Dosen), 39 dari Konsultan Hukum, 17 orang dari Korporasi, 18 orang dari jaksa dan hakim, 13 orang dari Polri, 9 orang dari auditor dan 13 orang dari Komisioner/Pegawai KPK serta sisanya lainnya (PNS, Pensiunan, Wiraswasta, NGO, Pejabat Negara) sebanyak 43 orang.

    Dalam daftar nama-nama kandidat yang lolos, Wakil Bupati Buru Amus Besan terdaftar pada urutan 19 sementara Herman A Koedoeboen terdaftar pada nomor urut 78.

    Setelah lolos seleksi administrasi bersama 190 kandidat lainnya, mereka nantinya akan mengikuti seleksi tahap berikutnya yaitu uji kompentesi yang meliputi objective test dan penulisan makalah. Mereka yang lolos uji kompetensi selanjutnya akan mengikuti uji publik yang akan dilakukan secara terbuka.

    "Setelah tahapan itu selesai, kita akan mengundang lagi rapat dengan Pemred (pemimpin redaksi) karena ada ide dari media untuk transparansi sebanyak mungkin kita berikan supaya bisa dilakukan, formatnya tergantung media tapi kita beri rambu-rambu dari kita bahwa ini selection bukan electio'," ungkap Yenti.

    Sekedar diketahui, proses pencarian pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masa jabatan 2019-2023. Dilamar oleh 384 kandidat dari berbagai provinsi di Maluku, namun dari seleksi yang dilakukan oleh panitia hanya 192 kandidat Capim KPK yang lolos tahap awal. (KT/02)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Besan dan Koedoeboen Lolos Administrasi Seleksi Capim KPK Rating: 5 Reviewed By: A L
    Scroll to Top