• Headline News

    Thursday, July 11, 2019

    Banjir Bandang Di Werinama, Warga Minta Perhatian Pemerintah

    Baca Juga



    Bula,  Kompastimur.com 
    Kali Wai Lissa Dusun Tanavora Negeri Werinama Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), kembali dilanda banjir bandang pada Rabu (10/6). Kali ini, gelombang banjir terbaru terjadi di daerah itu, setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut dalam beberapa hari terakhir.

    "Banjir bandang di Kali Wai Lissa ini melahap beberapa kuburan warga setempat, satu di antaranya Almarhuma Hawa Fau yang meninggal pada empat tahun silam," kata Ashari Sikdewa seorang warga Werinama kepada media ini, Kamis (11/6/2019).

    Menurut Sikdewa, Banjir tersebut terjadi pada tanggal 10 Juli 2019 pukul 08.00 WIT, saat itu hujan deras melanda Desa Negeri Werinama bahkan Wilayah pesisir Seram Selatan semuanya di guyur hujan yang sangat kuat akibat dari musim timur yang masih berlangsung.

    "Negeri Werinama dan beberapa Wilayah di bagian Seram Selatan diantaranya Kecamatan Siwalalat selalu di landa dua musim yang curah hujannya sangat tingga yakni di musim timur dan barat setiap di perhadapkan dengan dua musim ini masyarakat hampir kewalahan sebab tidak bisa beraktifitas di hutan untuk berkebun, pada sisi lainnya banjir bandang sering terjadi pada kali kali kecil," jelasnya.

    Menurut Sikdewa, Kejadian bencana yang terjadi di Negeri Werinama Dusun Tanavora yang menyeret beberapa makam di Taman Pemakaman Umum (TPU)  Wai Lisa di luar dugaan. Pasalnya, lokasi kuburan sangatlah jauh dari bibir kali kurang lebih sekitar 50 meter namun karena derasan air yang sangat kuat akibat dari lebatnya curah hujan di daerah itu.

    Ditambahkanya, erosi dan arus air membawah beberapa kuburan warga diantaranya Almarhumah Hawa Fau. Melihat peristiwa tersebut, warga Dusun Tanavora Desa Negeri Werinama dan sanak saudara bergegas mengumpulkan tulang belulang Almarhumah untuk dimakamkan pada areal yang aman agar dapat terhindar dari luapan air yang semakin deras.

    "Bagi saya selaku masyarakat Dusun Tanavora Negeri Werinama sangatlah berharap uluran tangan dari Pemerintah Daerah baik Kabupaten maupun Provinsi untuk berikan bantuan sebelum kuburan lainnya ikut terseret," harapnya.

    Sementara itu Anggota DPRD Kabupaten SBT F. Alimudin Kolatlena mendesak pemerintah daerah kabupaten SBT, untuk segera menanggulangi bencana banjir di Desa tersebut.


    "Menanggulangi dengan memberikan bantuan dan sebagainya ke semua korban banjir serta membantu menyelesaikan persoalan di wilayah tersebut, sebab hingga sekarang banjir masih terjadi disana sesuai informasi yang di sampaikan warga disana kepada saya," ujar Kolatlena saat di temui wartawan di Ambon, Kamis (11/6/2019).

    Politisi Partai Gerinda Kabupaten SBT itu, Meminta Pemda SBT untuk merespon ancaman bencana alam di Tanavora Kecamatan Werinam, dengan serius. Pemda harus sibuk mengurusi masalah seperti ini begitu informasi diterima sekecil apapun yang namanya bencana alam harus cepat ditangani.

    Menurutnya, untuk penanganan banjir di Kabupaten SBT yang terjadi di beberapa Kecamatan dan khususnya di Kali Wai Lisa yang saat ini sudah terjadi banjir harus komperhensif dan harus pihak terkait dengan cepat mengambil langkah. Hal ini penting agar warga tak selalu menjadi korban banjir.

    "Harusnya ya pemerintah daerah ini dalam penanganan banjir di Kabupaten SBT lebih komperhensif," pinta Politisi Gerindra SBT ini. (KT/Baim)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Banjir Bandang Di Werinama, Warga Minta Perhatian Pemerintah Rating: 5 Reviewed By: A L
    Scroll to Top
    *Pimpinan dan Staff Kompastimur.com Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MTQ XXVIII Tingkat Provinsi Maluku di Namlea, Kabupaten Buru*