• Headline News


    Thursday, June 13, 2019

    Pemkot Ambon Gelar JITUPASNA



    Ambon, Kompastimur.com 
    Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Badan Penangulangan Bencana (BPBD) Kota Ambon, menggelar Pelatihan Teknis Kajian Kebutuhan Pasca Bencana (JITUPASNA) yang berlangsung mulai 12-16 Juni 2019.

    Sekretaris Kota Ambon Anthony Gustav Latuheru mengatakan, JITUPASNA merupakan upaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur dalam lingkup Pemkot Ambon, dalam melakukan kajian kebutuhan pasca bencana.

    "Dengan prinsip pembangunan yang lebih baik artinya upaya rehabilitasi dan rekonstruksi yang dilakukan paska bencana merupakan rencana aksi yang terencana, sistemastis dan berkelanjutan,''kata Sekkot disela-sela pelatihan yang berlangsung di Ambon.

    Dia menjelaskan, JITUPASNA adalah kajian akibat bencana, dimana pendekatan yang dilakukan berdasarkan tugas dan fungsi (TUPOKSI). Karena itu lanjut dia, perkaya diri untuk melakukan analisis dampak bencana dan perkiraan kebutuhan yang menjadi dasar penyusunan rencana aksi rehabilitasi dan rekonstuksi pasca bencana yang sasarannya menyangkut aspek pembangunan manusia.

    "Walaupun kegiatan ini waktunya terbatas, namun menurut kurikulum Lembaga Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Penanggulangan Bencana BNPB Pusat dibutuhkan waktu untuk melakukan estimasi kerusakan, kerugian dan kajian kebutuhan serta penyiapan dokumen rencana aksi rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana,'' terangnya.

    Sementara itu, Kepala BPBD Kota Ambon Demy Paays menambahkan, rehabilitasi dan rekonstruksi bagian dari penyelenggaraan penanggulangan bencana yang memerlukan proses penilaian atas kerusakan dan kerugian serta kebutuhan yang bersifat komperhensif baik aspek fisik maupun aspek kemanusiaan.

    "Kesemuanya dilakukan dengan prinsip pengurangan risiko bencana yang diwujudkan dalam bentuk rencana aksi rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana," katanya. (KT/BN)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemkot Ambon Gelar JITUPASNA Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top