• Headline News

    Tuesday, June 11, 2019

    Pembentukan Kecamatan Baru Masih Terkendala

    Baca Juga




    Namrole, Kompastimur.com 
    Perencanaan pembentukan Kecamatan baru oleh Pemerintah Kabupaten Buru Selatan, masih terganjal beberapa masalah sehingga proses pembentukan kecamatan baru di bumi Lolik Lalen Fedak Fena itu belum dapat dilanjutkan.

    Kabag Pemerintahan Setda Bursel Ridwan Nyio yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

    "Terkait pembentukan kecamatan perencanaannya iya tapi sampai tahun 2018 kemaren ada moratorium sampai terbit PP nomor 17 tentang kecamatan,"  ujar Nyio melalui pesan Whatsappnya, Selasa (11/06/2019).

    Dijelaskan, selain ada moratorium itu, ada juga kendala dalam kajian lokasi strategis untuk kedudukan lokasi kota kecamatan.

    "Untuk lokasi ibu kota kecamatan hasil kajian yaitu di desa Oki Lama, namun desa Oki Baru juga jadi pertimbangan calon ibu kota kecamatan," terangnya.

    Menurutnya, saat ini Pemda Bursel sedang menjajaki dua desa (Oki Lama dan Oki Baru) tersebut untuk memastikan ketersediaan lokasi serta pemenuhan persyaratan-persyaratan lainnya.

    "Pemda akan lihat kesiapan dari 2 desa itu terutama kesediaan hibah lahan untuk persiapan pembangunan infrastruktur kecamatan nantinya, tapi sampai tahun 2019 ini belum memenuhi persyaratan dari segi jumlah desa yang akan dijadikan kecamatan," paparnya.

    Selain perencanaan Kecamatan Oki Lama atau Oki Baru dirinya juga membeberkan bahwa Pemda Bursel juga sedang mengkaji Desa Waemulang dan Desa Waepandang untuk dibentuk menjadi kecamatan baru.

    "Kecamatan Waemulang/Waepandan, dua desa itu akan dikaji kelayakannya untuk calon ibu kota kecamatan," sebutnya. 

    Diketahui jika dua kecamatan itu terbentuk, bebrati Bursel telah memiliki 8 kecamatan di tambah 6 kecamatan yang sudah ada yakni, Kecamatan Namrole, Kecamatan, Ambalau, Kecamatan Fena Fafan, Kecamatan Leksula dan Kecamatan Kepala Madan serta kecamatan Waesama. (KT/02) 
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pembentukan Kecamatan Baru Masih Terkendala Rating: 5 Reviewed By: A L
    Scroll to Top
    *Terima Kasih Sudah Berkunjung ke Portal Kami* Terus Update dan Berbagi Pengetahuan Dengan Dunia*