• Headline News


    Thursday, June 13, 2019

    Komisi C DPRD SBB Angkat Bicara Soal Sekolah di Hualoy


    Piru, Kompastimur.com
    Terkait gedung sekolah SD 1 dan 2  Negeri Hualoy Kecamatan Amalatu Kabupaten SBB yang terbakar beberapa waktu lalu, komisi C DPRD SBB telah melakukan kunjungan langsung ke Negeri Hualoy pada tanggal 16 Maret 2019 untuk melihat kondisi bangunan sekolah SD 1 dan 2 secara ril di lapangan.

    Berdasarkan hasil kunjungan, kembalinya Komisi C DPRD SBB telah memanggil Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan SBB untuk  laksanakan rapat dengar pendapat.

    “Dalam perkembangannya dinas pendidikan hanya dapat melakukan pendampingan tanggap darurat dengan langkah-langkah koordinasi dengan pemerintah negeri Hualoy untuk alternatif tempat dan proses belajar mengajar. Dan Alhamdulillah itu sudah dilakukan,” ungkap Ketua Komisi C DPRD SBB La Maaruf Tomia Kepada Kompastimur.com Kamis (13/6/2019) di Piru.

    Maaruf menjelaskan, namun terkait dengan rehabilitasi gedung/sarana dan prasarana tentu ada mekanisme tertentu yang harus ditempuh. Olehnya rapat dengar pendapat itu disepakati untuk ada rapat gabungan antara Komisi C DPRD SBB, Badan Anggaran DPRD SBB dan Tim Anggaran Eksekutif.

    Pada kesempatan besoknya Tim Anggaran Eksekutif tidak menghadiri undangan pihak DPRD SBB dalam hal ini Komisi C dan rapat dengar pendapat tidak dapat dilaksanakan.

    “Sehingga pada kesempatan selanjutnya yakni tanggal 21 Mei 2019 dilakukan rapat dengar pendapat gabungan komisi dengan Forkopimda SBB di kantor DPRD SBB dan melahirkan beberapa rekomendasi termasuk salah satunya adalah pembangunan kembali gedung sekolah yang terbakar" ucap Tomia. 

    Ditanyakan tindakan selanjutnya apa yang harus dilakukan Maaruf menjelaskan, karena rapat dengar pendapat gabungan antara Komisi C DPRD SBB, badan anggaran DPRD SBB dan tim anggaran eksekutif tidak dapat dilakukan untuk membicarakan kebijakan anggaran terkait pembangunan kembali gedung yang terbakar tersebut karena tim anggaran tidak hadir.

    Maka dirinya menyarankan dan mendorong pemerintah daerah SBB melalui Tim Anggaran Eksekutif untuk dapat melakukan kebijakan anggaran mendahului APBD-perubahan berdasarkan rekomendasi DPRD yang ada sebagai dasar kebijakan.

    “Sehingga pada waktu pembahasan APBD-Perubahan 2019 tinggal dimasukan. Dari mana anggarannya? Ya dapat menggunakan Belanja Tak Terduga (BTT) kita " Cetus Tomia


    “Ada 5 Milyar Bantuan Tak Terduga ( BTT ) tahun 2019, dan kalau gunakan tentunya harus sesuai dengan peruntukan agar anggarannya tepat sasaran karena itu bencana sosial. Bisa dipakai sebagian untuk bangun gedung sekolah, biar ada prospek tanggung jawab pemerintah,  sisanya biar nanti dianggarkan tahun 2020,” beber Tomia. ( KT/MFS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Komisi C DPRD SBB Angkat Bicara Soal Sekolah di Hualoy Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top