• Headline News


    Wednesday, June 12, 2019

    Bripka Bastian Tuhuteru, Polisi Teladan Se-Indonesia


    Maluku, Kompastimur.com 
    Bripka Bastian Tuhuteru Anggota Polsek Namrole, Polres Buru, Polda Maluku meraih penghargaan sebagai Polisi Teladan Tingkat Nasional Peringkat I dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Muhammad Tito Karnavian.

    Penghargaan diberikan langsung Oleh orang nomor satu di Mabes Polri kepada Bastian dalam acara Musrenbang Polri di Jakarta, Rabu (12/6/2019).

    Pada proses seleksi polisi teladan tingkat nasional 2019, Tuhuteru mengungguli perwakilan dari Polda Jawa Tengah, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, Polda Kalimantan Timur (Kaltim) dan Polda Nusa Tenggara Timur.

    Oleh karena tugas mulianya kepada masyarakat di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menghantarkan Tuhuteru, yang bertugas di Unit Satuan Bina Masyarakat Polsek Namrole ini meraih Polisi Teladan dari Kapolri.

    Disamping menjalankan tugasnya selaku anggota Polri, Bastian juga rajin melakukan kegiatan pemberdayaan kepada masyarakat. Diantaranya pelatihan Pramuka kepada para pelajar SD dan SMP di Kecamatan Namrole, menjadi Guru Sekolah Minggu, serta menjadi guru untuk mengajar siswa-siswi SD di Dusun Walafau Desa Wamkana Kecamatan Namrole, Kabupaten setempat.

    Untuk diketahui, SD di Dusun Walafau merupakan daerah terpencil di Kabupaten Bursel. Namun dengan kegigihannya mengajarkan, anak-anak di dusun ini bisa membaca dan tulis, bahkan yang dulu tidak ada bangunan sekolah kini dusun tersebut sudah memiliki bangunan sekolah.


    Atas pengabdian  dan dedikasi dirinya, pada 18 Maret 2019, Tuhuteru mendapat penghargaan dari Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa. Tuhuteru kemudian mewakili Polda Maluku pada seleksi Polisi Teladan Tingkat nasional di Jakarta.

    Polisi energik ini bersaing dengan 68 Personil Polri perwakilan Polda seluruh Indonesia. Pelayanan dan pengabdian tanpa batas itulah yang menyebabkan Tuhuteru berhasil meraih peringkat pertama sebagai Polisi Teladan tingkat nasional di Jakarta mengalahkan 68 personil Polri perwakilan seluruh Indonesia.

    Pelayanan dan pengabdian tanpa batas serta keunggulannya mengalahkan rekan-rekan sejawatnya membuat ia mendapatkan penghargaan dari Kapolri sebagai Polisi Teladan, disamping itu Tuhuteru  juga mendapat bantuan uang tunai sebesar Rp 100 juta.

    Kapolda Maluku Royke ikut banggga atas prestasi tersebut. Kapolda berharap prestasi tersebut menjadi motivasi bagi anggota Polda Maluku lainnya untuk lebih mengembangkan diri tanpa pamri. Sebab, menurut Kapolda, meski berada di Maluku namun anggota Polda Maluku mampu bersaing dengan Polda-Polda lainnya. (KT/12)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bripka Bastian Tuhuteru, Polisi Teladan Se-Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top