• Headline News


    Thursday, June 13, 2019

    876 Kafilah Siap Bertanding di MTQ XXVIII Maluku



    Namlea, Kompastimur.com
    Sebanyak 876 kafilah dari 11 kabupaten/kota siap berlomba di MTQ Provinsi Maluku ke XXVIII yang digelar tanggal 14 s/d 21 di Namlea, Ibukota Kabupaten Buru.

    Diketahui, menurut rencana, Gubernur Maluku, Murad Ismail akan membuka event ini pada Jumat malam (14/6).

    Seluruh kafilah telah tiba di Namlea dan mengikuti pawai taaruf yang dilepas Ketua LPTQ Propinsi Maluku, Ismail Usemahu, Kamis sore (13/6).

    Peserta pawai bertolak dari Kawasan Simpanglima Namlea, dan seluruh kafilah berjalan kaki menuju arena puncak MTQ yang berjarak kurang lebih 2 km.

    Kabupaten SBB membawa kafilah terbesar 160 orang. Sedangkan tuan rumah Kabupaten Buru membawa kafilah sebanyak 150 peserta.

    Sementara kontingen Buru Selatan sebagai juara bertahan membawa  87 peserta.

    Sedangkan Kabupaten MTB dan Kepulauan Aru mengirim masing-masing 35 peserta, MBD 40 peserta.

    Malteng dan Kota Tual masing-masing 87 peserta, Malra 130 peserta, dan SBT 75 peserta serta Kota Ambon 78 peserta.

    Peserta dari 11 kabupaten/kota ini akan berlomba dalam sembilan cabang mata lomba, yakni Tilawah Quran, Qiraat Sabah, Tartil Quran, Khatil Quran, Hifdzil Quran, Tafsir Quran, Syahril Quran, Fahmil Quran dan Fahmil Quran.

    Sementara itu, Bupati Buru Ramly Ibrahim Umasugi SPI MM dalam sambutan singkatnya di hadapan peserta pawai taaruf, memintaa agar moment MTQ ke 28 yang dipusatkan di kota Namlea ini dapat dimanfaatkan untuk seluruh peserta untuk dapat saling kenal mengenal, dan membangun silaturahmi.

    Kata Ramly, para kafilah dari 11 kabupaten/kota ini masing-masing datang dengan spirit dan semangat kedaerahannya.

    Dalam konteks itu, bawalah spirit daerah masing-masing untuk bertanding bersamadengan spirit kabupaten Buru yakni Rete Mena Bara Sehe. artinya maju terus pantang mundur.

    Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Buru dan khususnya kota Namlea yang majemuk terdiri dari berbagai macam suku, ras, agama, golongan serta adat istiadat Indonesia, Ramly berpesan, agar sebagai tuan rumah, Kabupaten Buru harus mampu menunjukan kepada semua kafilah apa itu senyum bupolo.

    "Terimalah saudara kita dengan penuh sukacita dalam semangatku orang bersaudara," pinta Ramly.
    Kepada kafilah dari daerah-daerah, Ramly juga meminta, bila ada penyambutan panitia kurang maksimal, datanglah kepadanya untuk mengadukan kekurangan itu.

    Sehingga, sekembalinya dari bumi bupolo, Insya Allah seluruh kafilah akan mendapat kesan yang baik dan menceritakqn kebaikan itu kepada masyarakat umum.

    Diakhir sambutannya, Ramly turut menyentil event MTQ ke 28 ini akan dihadiri para bupati/wealikota se Maluku dan akan dibuka Gubernur Murad Ismail. (KT/10)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 876 Kafilah Siap Bertanding di MTQ XXVIII Maluku Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top