• Headline News


    Sunday, May 19, 2019

    Sekdes: Pelatihan Siskeudes Kegiatan Luar Biasa


    SBT, Kompastimur.com 
    Pelatihan sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) lewat Dinas Pemberdayaan Desa dinilai sangat penting.

    Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Desa Englas, Raya Syah Kuantana kepada media ini, Sabtu (18/05/2019) di Bula.

    Selaku sekretaris Desa, dirinya menilai, pelatihan ini sangat bermanfaat untuk pihak Desa, karena lewat pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan bagi para perangkat desa dalam memahami sistem pengelolaan Desa secara online.

    Namun dirinya sadar bahwa lemahnya Sumber Daya Manusia menjadi salah satu faktor penting pada tingkat desa (perangkat desa) yang harus dibenahi, sehingga kedepannya semua desa bisa menggunakan Aplikasi Siskudes ini dengan baik dan benar.

    "Ini kegiatan luar biasa karena memberikan muatan buat perangkat desa. Kelemahan disini adalah SDM dalam mengoperasikan semua ini," katanya. 

    Kegiatan yang dilaksanakan pada, Rabu 15 Mei ini dibuka oleh Ataf Ahli Setda SBT, A. Q. Amahoru.

    Sambutan Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas, yang dibacakan oleh A.Q Amahoru ini mengatakan, Pemerintah Desa harus bisa menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas demi membina dan membangun kepercayaan dari Masyarakat desanya.

    “Dalam 4 Tahun terakhir, Pemerintah Pusat telah mengalirkan melalui Pemerintah Daerah sebanyak Rp.462 Milyar lebih Dana Desa di Kabupaten SBT. Dengan besaran besaran anggaran setiap Desa berfariasi dimana pada Tahun 2019 ini rata-rata Dana Desa mendekati Rp.1 Milyar untuk setiap Desa,” ucap Amahoru.

    Selain itu, melalui Dana Desa terdapat percepatan pembangunan Desa dan munculnya berbagai inovasi Pemerintah Desa dalam memberdayakan masyarakatnya lewat dana desa.

    “Dibelakng cerita sukses, terdapat pula berbagai masalah dan kendala dalam proses pengelolaan Dana Desa, karena beberapa kasus Hukum malahan sempat menimpa beberapa Kepala Desa yang terindikasi menyalahgunakan wewenangnya. Tentu ini adalah hal yang tidak diharapkan terjadi. Semoga dengan adanya sistem ini penyalagunaan dana desa tidak berlanjut,” tuturnya. (KT/FS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sekdes: Pelatihan Siskeudes Kegiatan Luar Biasa Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top