• Headline News

    Wednesday, May 15, 2019

    Pemda SBB Diminta Selesaikan Permasalahan Pendidikan

    Baca Juga



    Piru, Kompastimur. com 
    Guna meningkatkan mutu pendidikan, Pemerintah Daerah Seram Bagian Barat (SBB) diminta lebih fokus untuk menyelesaikan permasalahan - permasalahan yang terjadi didunia pendidikan yang ada tersebut.

    Betapa tidak, sampai saat ini pendidikan di Kabupaten SBB belum merata, baik dalam segi pemerataan guru, infrastruktur dan lainnya Pemerintah Daerah sampai saat ini masih fokus mengejar mutasi para guru ASN tanpa dilakukannya pemerataan guru ASN ke daerah pulau - pulau yang ada di Kabupaten SBB.

    Hal ini dikemukakan Ketua Komisi C DPRD SBB La Ma'arif Tomia Kepada Kompastimur.com, Kamis (2/5/2019).

    Dikatakannya pendidikan haruslah menjadi prioritas utama Pemda SBB sebab pendidikan akan menghasilkan pengetahuan yang dapat membangun karakter anak bangsa, dan dengan pendidikan pula akan dapat memajukan bangsa.

    "Pendidikan itu sangat penting dan memiliki pperan penting dalam memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk itu pendidikan juga harus harus didukung dengan sarana dan prasarana untuk menunjang pendidikan itu sendiri,” ungkap Tomia.

    Maaruf juga berharap agar pemerintah terus berinovasi mewujudkan pendidikan yang bermartabat baik di daerah maupun berskala nasional. Olehnya itu, Anggaran negara 20% untuk pendidikan tetap menjadi prioritas pembangunan dibidang pendidikan.

    Tomia lebih lanjut mengingat kepada Pemda SBB untuk harus lebih tanggap dalam menyelesaikan masalah - masalah pendidikan baik infrastrukturnya maupun teknisnya yang sampai saat ini belum sepenuhnya dilakukan.

    Menurut Tomia, yang harus menjadi prioritas Pemerintah Daerah dalam menyelesaikan Pendidikan di Kabupaten SBB yang pertama yang harus dilakukan pemda SBB adalah pemerataan tenaga pengajar.

    Dijelaskannya, karena masih banyak sekolah - sekolah pada pulau - pulau yang da di Kabupaten SBB masih minim tenaga pengajar bahkan satu sekolah hanya memiliki satu tenaga guru ASN dan ini seharusnya menjadi tanggung jawab Pemda guna meningkat pendidikan yang bermutu maka yang dilakukan adalah pemerataan tenaga pengajar.

    " Seharusnya Pemkab SBB dalam hal ini Bupati dan Dinas Pendidikan SBB harus prioritaskan pemerataan tenaga pengajar khususnya pada pulau-pulau yang ada di Kabupaten SBB," terangnya.

    Sedangkan kedua, yakni penempatan kepala sekolah sudah harus definitif, karena hingga sampai saat ini masih banyak sekolah yang memiliki kepala sekolah Pelaksana Harian (PLH) dan ini sangat tidak baik bagi pengembangan pendidikan itu sendiri.

    “Ketiga, adalah harus menyelesaikan beberapa bangunan sekolah yang mandek  dan sampai saat ini belum ada lanjutan pembangunannya, termasuk pembangunan sekolah akibat bencana dan dampak konflik sosial,” tegas Tomia.

    “Kami mendorong Pemda SBB dan secara bersama-sama untuk lebih agresif dalam menyelesaikan problem yang terjadi dibidang pendidikan ,dan mencari solusi agar bisa keluar dari permasalahan dan kondisi pendidikan yang ada saat ini,” paparnya. (KT/MFS)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemda SBB Diminta Selesaikan Permasalahan Pendidikan Rating: 5 Reviewed By: A L
    Scroll to Top