• Headline News


    Friday, May 10, 2019

    LKMS BWM Hadir Pertama Kali Di Al-Anshor Peduli Ambon


    Ambon, Kompastimur.com 
    Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Bank Wakaf Mikro (BWM) yang kelima pertama kalinya hadir di Al-Anshor Peduli Provinsi Maluku-Kota Ambon.

    Hadirnya LKMS BWM secara langsung diresmikan oleh Ketua Dewan Komisoner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI, Wimboh Santoso yang didampingi oleh PT. Astra Internasional Tbk, Pongki Pamungkas, Sekertaris Kota Ambon, A. G. Latuheru, Ketua Pesantren Al-Anshor Provinsi Maluku, Abu Imam Rohim Rumbara dan undangan lainnya.
      
    Ketua Dewan Komisioner OJK RI, Wimboh santoso mengakui, skema pembiayaan melalui BWM adalah pembiayaan tanpa bunga dengan maksimal plafon pinjaman Rp. 3 Juta dan hanya dikenakan biaya administrasi sekitar 3 persen per tahun, dengan persyaratan mudah karena dokumen administrasi yang dibutuhkan hanya berupa kartu tanda penduduk atau kartu keluarga.

    Selain itu, dalam skema pembiayaan BWM juga disediakan pelatihan dan pendampingan yang akan berlnagsung selama 5 hari.

    "BWM Al-Anshor Peduli di Kota Ambon merupakan bank 45 di Indonesia sejak pertama kali didirikan pada akhir 2017. Secara nasional per Maret 2019, BWM telah menyalurkan pembiayaan komulatif ke 15.235 nasabah usaha mikro dengan total pembiayaan sebesar Rp. 18, 54 Miliar," akuinya.

    Sementara itu, Sekertaris Kota Ambon, A. Latuheru mengatakan, kehadiran BWM Al-Anshor peduli ini tentunya memberikan banyak manfaat bagi pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat baik melalui pinjaman dari skala mikro pengelolaan simpan pinjam maupun jasa konsultasi pengembangan usaha yang tidak semata-mata mencari keuntungan karena menggunakan prinsip-prinsip syariah.

    "Masyarakat Kota Ambon yang belum memiliki akses pembiayaan pada lembaga keuangan formal karena terbentur dengan persyaratan. Marilah beramai-ramai mendaftar untuk menjadi nasabah BWM, hindari rentenor yang nanti menjebak dan memberatkan masyarakat dengan bunga pinjaman yang sangat tinggi," katanya.

    Ia berharap, BWM akan menjadi perpanjangan tangan Pemkot Ambon dalam upaya mewujidkan visi dan misinya, lewat kemudahan akses layanan perbankan yang diberikan kepada masyarakat.

    Ditambahkan Pula oleh Ketua Pesantren Al Anshor, Abu Imam Rohim Rumbara mengatakan, pesantren dimana anak-anak Maluku kami bina dan bimbing akhir konflik Maluku ditampung disini minimal menjadi peredam agar tidak akan ada dendam masa lalu dalam konflik ini.

    Oleh karena itu, pesantren ini menjadi bagian dari rekonsiliasi tempat dimana bertemu dan berdamai diantara pihak yang bertikai masa itu.

    "Hampir semua anak-anak belajar dan dibina diaini dari 11 Kabupaten/kota di Maluku, dan semuanya gratis. Tapi biaya pendidikan menjadi tanggung jawab kami," akuinya.

    Ia berharap, pesantren ini menjadi unggulan bagi semua anak-anak yang dibina sehingga muncul calon-calon pemimpin bangsa. (KT/DS).


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: LKMS BWM Hadir Pertama Kali Di Al-Anshor Peduli Ambon Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top