• Headline News


    Friday, May 17, 2019

    Ini Dia 8 Fraksi Utuh di DPRD Kota Ambon


    Ambon, Kompastimur.com
    Sebanyak 8 fraksi utuh diperkirakan akan mengisi komposisi alat kelengkapan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon periode 2019-2024.

    8 fraksi utuh tersebut masing-masing Fraksi Partai Golkar, Fraksi PDIP, Fraksi Gerindra, Fraksi Demokrat, Fraksi Nasdem, Fraksi Perindo, Fraksi PKB, dan fraksi Hanura. Sementara PKS, PPP, PKPI harus berkoalisi untuk masuk dan membentuk fraksi sendiri.

    8 Fraksi utuh tersebut setelah pada hasil Pemilu legislative 2019, mereka mampu menempatkan masing-masing 4 dan 3 wakilnya di DPRD Kota Ambon.

    Partai yang menempatkan 4 wakil di DPRD yakni Fraksi Partai Golkar, PDIP,  Gerindra, Nasdem dan Perindo, sementara yang berhasil menempatkan 3 wakilnya yakni Demokrat, Hanura dan PKB.

    PKS, PPP, PKPI masing-masing mengantarkan 2 wakilnya di Belakang Soya, sementara partai lama yang gagal menempatkan wakilnya di DPRD Ambon yakni PPP dan PAN. Untuk partai baru yang belum berhasil adalah PSI, Garuda dan Berkarya.

    Sementara itu, untuk komposisi pimpinan DPRD Kota Ambon masa bakti 5 tahun berikutnya, kemungkinan besar tidak akan berubah. PDIP-Golkar dan Gerindra masih tetap menjadi pimpinan dewan.

    Namun akan berubah pada komposisi ketua dan wakil-ketua. PDIP yang sebelumnya menjabat ketua DPRD Ambon, akan diambilalih oleh Golkar. Sementara wakil lainnya tetap berada di Gerindra.

    Golkar-PDIP, Gerindra, Nasdem dan Perindo sama-sama memperoleh kursi 4 di Belakang Soya, namun dari sebaran dan jumlah suara akumulasi, ternyata Golkar memimpin diikuti PDIP dan Gerindra.

    Namun ini masih prediksi berdasarkan data hasil rekapan KPPS dan PPK serta sebagian perhitungan KPU Ambon yang sudah dilakukan, namun hasil resmi, tetap berdasarkan keputusan KPU sesuai jenjangnya. (KT/IA)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ini Dia 8 Fraksi Utuh di DPRD Kota Ambon Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top