• Headline News


    Wednesday, April 17, 2019

    Ketua Bawaslu SBT Temukan Saksi Parpol Coblos Sisa Surat Suara


    SBT, Kompastimur.com 
    Pelanggaran Pemilu kembali terjadi di Kabupaten Seram Bagian Timur, Kecamatan Pulau Gorom, tepatnya di TPS 10 PPS Desa Kataloka, oleh para saksi partai politik yang ditempatkan di TPS tersebut. Masalah ini ditemukan lansung oleh Ketua Bawaslu SBT, Rosna Sehwaky saat monitoring pada, Rabu (17/04).

    Pencoblosan sisa surat suara yang tidak terpakai akibat pemilih tidak berada di tempat oleh para saksi partai politik tersebut kurang lebih terjadi pada Pukul 15:30 WIT.

    Ketua Bawaslu yang tiba di TPS tersebut lansung mencegah agar sisa surat suara harus di kembalikan, namun salah satu saksi partai yang diketahui bernama Hasan Basri Suwakul bersih keras agar sisa surat suara harus di coblos, sehingga sempat terjadi adu mulut antara Sehwaky dan Saksi tersebut.

    Dihadapan para KPPS dan Para saksi partai politik, Sehwaky mengatakan, jika para saksi memaksakan diri untuk mencoblos sisa surat suara maka silahkan saja, namun pihaknya siap menindaklanjuti masalah ini karena mencoblos sisa surat suara termasuk pelanggaran Pidana Pemilu.

    "Bawaslu hanya mencegah jika tidak diindahkan ya silahkan lanjut, namun Bawaslu akan menindaklanjuti masalah ini, karena saya temukan lansung ya," tegas Sehwaky.


    Selain TPS 10, hal yang sama juga terjadi di TPS 11 PPS Kataloka yang berkedudukan di Dusun Suwakul. Di TPS ini, pencoblosan surat suara diduga dilakukan oleh saksi partai dan dan dua oknum KPPS yang bertugas di TPS tersebut.

    Pantauan lansung media ini di TPS 10, terjadi pencoblosan selama kurang lebih 20 menit, ketua Bawaslu SBT tiba di TPS dan lansung menanyakan hal tersebut, namun salah satu saksi yang bernama Hasan Basri Suwakul lansung membalasnya dengan suara keras, bahkan saksi tersebut mempertanyakan kehadiran ketua Bawaslu, sehingga terjadi adu mulut selama kurang lebih 3 menit.

    Walaupun sudah dicegah, para saksi terus mencoblos sisa surat suara yang diberikan kepada mereka. (KT/FS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ketua Bawaslu SBT Temukan Saksi Parpol Coblos Sisa Surat Suara Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top