• Headline News

    Monday, April 15, 2019

    BPBJ Provinsi Maluku Utara Gelar Bimtek

    Baca Juga


    Sofifi, Kompastimur.com
    Pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilaksanakan oleh Biro Pengadaan Barang dan Jasa  (BPBJ) Provinsi Maluku Utara yang dimulai pada Senin 15-16 April 2019 dan berlangsung di ruang aula Nuku lantai II, kantor Gubernur Maluku Utara hanya difokuskan pada tiga (3) elemen pokok pembahasan yakni, HPS, Spesifikasi Teknis serta Rancangan Kontrak.

    Hal ini di ungkap Saifuddin Djuba, ST selaku Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provins Maluku utara.

    "Bimtek dalam rangka penyusunan HPS dengan spesifikasi rancangan kontrak ini merupakan tiga elemen yang sangat penting, hal ini karena dalam rangka untuk penyusunan rencana dokumen pemilihan oleh pelaku-pelaku pengadaan, misalnya PPK. Nah apalagi, PPK itu bertanggungjawab penuh untuk menyusun dokumen rencana pemilihan. Oleh karena itu, tiga elemen inilah yang menjadi acuannya,” kata Djuba.

    “Setelah dilengkapi, itu baru di serahkan untuk biro Pengadaan barang dan Jasa dan selanjutnya untuk melakukan proses tender,"ujarnya.

    Menurutnya, yang paling penting sekali pada hari ini pihaknya telah mengundang semua seksi dari PPK sebagai peserta yang ada dilingkup pemerintah Provinsi Malut untuk mengikuti dan pelaksaanaan kegiatan Bimtek, dan ini akan di laksanakan selama dua hari.

    Kegiatan ini kami lakukan untuk bagaimana peserta yang mengikuti kegiatan Bimtek ini agar dapat lebih untuk memahami bagaimana cara penyusunan rencana dokumen pemilihan tersebut.

    "Kami berharap selesainya mereka daripada kegiatan ini, teman - teman PPK sudah harus segera menyusun dokumennya sehingga proses pengadaan itu dapat berjalan dengan lancar dan tertib," harap Saifuddin Djuba.

    Sementara, Plh. Sekertaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Bambang Hermawan, SE, M.Si dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan Bimtek, tak lupa ia mengucapkan terima ksih dan selamat datang kepada Mudjisantosa Kepala Subdirektorat Penanganan Permasalahan Kontrak Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

    Selain itu juga kepada Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) Malut yang sudah turut serta andil untuk berkenaan hadir dan juga bersedia menjadi Narasumber dalam kegiatan bimtek pada hari ini.


    Kata dia, Bimbingan teknis yang dilaksanakan pada hari ini difokuskan pada tiga (3) elemen yang dilaksanakan oleh Biro Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yakni, HPS, Spesifikasi Teknis serta  Rancangan Kontrak.

    Dalam Perpres 16 Tahun 2018 tentang pengadaan barang/Jasa Pemerintah, yang mengamanatkan tugas PPK yaitu untuk menetapkan HPS, spesifikasi teknis dan rancangan kontrak.

    Menurutnya, walaupun hal tersebut merupakan tugas PPK, namun bukan berarti semua penyusunan HPS, spesifikasi teknis dan rancangan kontrak dibebankan hanya kepada PPK.
    “Namun pelaku pengadaan lainnya juga seperti PA/KPA, Pojk Pemilihan, Pejabat pengadaan dan pejabat atau panitia penerima hasil pekerjaan juga harus memahami terkait tiga elemen penting tersebut,” ungkapnya.

    “Oleh sebab itu, perlu adanya upaya seluruh pihak dalam menyeimbangkan ekosistem pengadaan agar tercapainya pengadaan barang dan jasa yang berkualitas," ajaknya.

    Selain itu, ia juga mengatakan bahwa dalam peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa Pemerintah merupakan regulasi pengganti peraturan Presiden  54 Tahun 2010 yang telah menjadi pedoman kurang lebih delapan tahun lamanya.

    Sedangkan Perpres 16 Tahun 2018 adalah era baru sebagai lanjutan dari reformasi sistem pengadaan barang/jasa pemerintah di Indonesia.

    Dengan begitu, sangat diharapkan kepada peserta Bimtek,  diharapkan adanya kerja sama, keterlibatan, dan kesungguhannya untuk dapat mengikuti dengan baik semua materi yang nantinya akan di sampaikan oleh para Narasumber.
    Dan apabila ada hal hal yang kurang jelas, sekiranya dapat untuk didiskusikan, sehingga dapat mencapai tujuan dan sasaran yang kita inginkan bersama," tutupnya. (KT/MS)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: BPBJ Provinsi Maluku Utara Gelar Bimtek Rating: 5 Reviewed By: A L
    Scroll to Top
    *Pimpinan dan Staff Kompastimur.com Mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terselenggaranya MTQ XXVIII Tingkat Provinsi Maluku di Namlea, Kabupaten Buru*