• Headline News


    Monday, March 25, 2019

    Awas, Anak Kita Dalam Lingkaran Darurat Narkoba

    Foto : Gambar : Dar kiri ke kanan Aist Merdeka Sirait (Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak), Brigjen Pol. Dr.Victor SpB, FICS, DFM (Badan Narkotika Nadional) dan Pdt. Leonard Sigalingging, STh (Pendeta HKBP Pasar Rebo Resort Pasar Rebo).


    Jakarta, Kompastimur.com
    Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait menyatakan bahwa anak- anak di Indonesia berada dalam lingkaran bahaya Narkoba.

    Hal itu dikatakan Arist diselah-selah acara Dialog Interatif dan Simulasi Darurat Narkoba di kalangan Anak Indonesia yang diselenggarakan Paduan Suara MANNA bersama Paduan Suara Kategorial Rema dan N-HKBP  Pasar Rebo dibawah Kordinasi Dewan Koinonia HKBP Pasar Rebo, Jakarta Timur, Senin (25/03/2019).

    "Rumah, sekolah dan ruang terbuka anak dan ruang bermain anak tidak lagi steril dari bahaya Narkoba. Rumah dan sekolah sudah menjadi sarang dan penyimpanan Narkoba," kata Arist.

    Menurut Arist, anak- anak pun sudah menjadi sasaran empuk para bandar narkoba.

    "Data menunjukkan bahwa 33 anak Indonesia ditemukan meninggal dunia setiap hari akibat mengkomsumsi Narkoba. Sementara ditemukan 1.100.000 anak telah dinyatakan positif menjadi pelanggan Narkoba," tegas Arist.

    Sementara itu, kata dia, Pusdatin Komnas Anak melaporkan bahwa ditemukan 1.500 anak usia pelajar positif menggunakan Narkoba.

    "Itu artinya anak-anak kita telah di kepung dan berada dalam lingkaran Narkoba," ujar Arist.

    Arist pun menyebut bahwa ada data yang sangat mengejutkan akhir-akhir ini dimana ditemukan anak tertidur lelap selama hampir 23 jam di Kabupaten Asahan setelah mengkomsi permen dan coklat. 

    Selain itu, lanjutnya dia, baru-baru ini juga ditemukan jenis narkoba yang di kemas dalam bungkus merek minuman segar dan kemasan-kemasan bentuk lainnya.

    "Lingkungan sekolah juga ditemukan sudah dijadikan tempat penyimpanan Narkoba sebelum didistribusikan kepada ana-anak di lingkungan sekolah," tandasnya.

    Terkait hal ini, ia meminta agar para orangtua, guru dan para pemangku kepentingan anak harus memberikan perhatian extra terhadap perkembangan prilaku dan perubahan-perubahan prilaku anak di lingkungan rumah dan di lingkungan sekolah.

    Sementara itu, Pendeta Resort HKBP Pasar Rebo-Ressort Pasar Rebo (sebagai uluan-red)  Pdt. Leonard Sigalingging dalam sambutannya selepas menyampaikan doa dan renuangannya mengingatkan dan menyampaikan pesan pastoralnya kepada seluruh peserta yang hadir terutama kepada anak-anak agar anak-anak Indonesia khususnya anak remaja dan remaja beserta NHKBP pasar Rebo tidak mengotori tubuh dengan mengkomsumsi Narkoba dan zat adiktif lainnya dalam bentuk apapun.

    “Karena menurut pandangan theologia dan alkitabiah bahwa tubuh manusia itu adalah Imagodei yakni ‘segambar dengan Allah dan kudus adanya’. Oleh sebab itu,  jagalah dan lindungilah dirimu dengan sekuat tenaga dari serangan dan godaan Narkoba,” katanya.

    Dua Presenter muda sekaligus bertindak sebagai host  Debora Manurung dan Rinka Pasaribu turut memandu Simulasi Anti Narkoba yang disampaikan Brigjen Pol. Dr. Victor SpB, FICS; DFM.

    Simulasi yang dikemas dalan bentuk penyuguhan data-data visual anak korban Narkoba, dan dalam permainan sulap mendapat antusias dari seluruh peserta. Seluruh peserta khususnya anak usia rentang 12-17 tahun sangat bergembira dan antusias mengikuti seluruh proses acara yang hampir dua jam berlangsung.

    "Anak-anak Indonesia khususnya Anak-anak Remaja dan Pra-Remaja beserta putra dan putri HKBP Pasar Rebo harus mampu menjaga dan melindungi diri dari segala bentuk serangan dan godaan narkoba dengan mengisi kegiatan-kegiatan keagamaan.  mengkomsimsi narkoba adalah memperpendek hidup sementara masa hidup dan masa depan anak masih panjang. Isilah hidup dengan prestasi”, kata Victor.

    Sebab dengan mengkomsumsi Narkoba bukan saja merugihkan dirimu sendiri, namun juga keuargamu.

    “Oleh sebab itu, jangan coba-coba narkoba, Gaul Oke, Narkoba No Way”, demikian pesan yang disampaikan Victor dalam aksi simulasinya dengan penuh keakraban. (KT-Rls-AMS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Awas, Anak Kita Dalam Lingkaran Darurat Narkoba Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top