• Headline News


    Tuesday, February 12, 2019

    Proyek Milyaran Rupiah Milik Dinas Pendidikan SBB Sarat Masalah



    Piru, Kompastimur.com 
    Proyek pengadaan pakaian seragam jenjang Sekolah Dasar (SD) dan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2018 milik Dinas Pendidikan Kabupaten Seram Bagian barat (SBB) diduga bermasalah dan terindikasi adanya mark up harga serta ada pekerjaan yang fiktif.

    Proyek milyaran rupiah milik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten SBB yang dikerjakan oleh CV Bone Indah dan CV Megah Indah sampai saat ini diduga ada yang belum terealisasi pekerjaannya hingga 100%.

    Proses pelelangan tender yang dimenangkan oleh CV Bone Indah dan CV Megah Indah ini dengan anggaran yang bervariasi.

    Informasi yang dihimpun Kompastimur.com, CV Bone Indah sebagai pemenang proyek penyediaan pengadaan pakaian seragam jejang Sekolah Dasar (SD) Kabupaten SBB Tahun 2018 sesuai Kontrak nomor : 420. 20. 2/SPK / PPSRG – SD / DIKBUD - SBB / PPK / X /2018.

    Sedangkan CV Megah Indah sebagai pemenang tender proyek penyediaan pengadaan pakaian seragam jenjang Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) Kabupaten SBB tahun 2018 sesuai kontrak nomor: 421. 21. 2 / SPK / PPSRG / SMP / DIKBUD - SBB/ PPK / X / 2018.

    Kedua CV pemenang tender itu dalam melakukan pekerjaannya, terindikasi bermasalah dengan proyek pengadaan pakaian seragam baik dijenjang SD maupun SMP, dengan volume kerja belum mencapai 100% dan terindikasi adanya mark up  serta pekerjaan fiktif yang dilakukan oleh kedua CV itu.

    Proyek pengadaan pakaian seragam jenjang SD dikerjakan oleh CV Bone Indah dengan anggaran sebesar 2,3 Milyar namun terindikasi adanya markup anggaran  dengan pekerjaan belum mencapai 100%.

    Pembagian pada setiap Sekolah Dasar yang berada di Kabupaten SBB diketahui pembagiannya belum merata dan baru mencapai 50 hingga 60 %, namun anehnya setiap sekolah diminta menandatangani berita acara penyerahan 100%.

    Sedangkan pengadaan pakaian seragam jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)  dengan anggaran sebesar 1,8 Milyar fiktif,  dan belum ada realisasi pembagian pada setiap Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kabupaten SBB.

    Salah satu sumber Kepada Kompastimur.com, Selasa (12/2/2019) mengatakan, pakaian seragam jejang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama belum 100 % dibagikan kepada setiap sekolah yang ada di Kabupaten SBB, padahal batas waktu pekerjaan proyek pengadaan pakaian seragam sudah selesai sesuai dengan volume kerja yang ditentukan.

    “Batas waktu sudah selesai,namun pekerjaann belum mencapai 100%,baik pakaian seragam jenjang SD maupun SMP yang ada diKabupaten Seram Bagian Barat,” ungkap Sumber.

    “Contohnya Sekolah Dasar Inpres Hatusua Kecamatan Kairatu Barat, Kabupaten SBB, yang masih kurang dalam pembagian, sehingga banyak siswa yang tidak mendapatkan pakaian seragam sekolah itu,’’ pungkas Sumber.

    Olehnya itu, dirinya mendesak pihak penegak hukum baik kepolisian dan Kejaksaan Negeri Kabupaten SBB untuk segerah mengusut proyek penyediaan pengadaan pakaian seragam jenjang SD dan SMP yang terindikasi adanya mark up serta fiktif itu.

    “Kami minta Penegak hukum untuk mengusut kejahatan yang telah merugikan daerah dan negara milyaran rupiah yang dikerjakan oleh CV Bone Indah dan CV Megah Indah,” pungkasnya. (KT/MFS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Proyek Milyaran Rupiah Milik Dinas Pendidikan SBB Sarat Masalah Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top