• Headline News

    Monday, February 11, 2019

    Abrasi Ancam Desa Elili, Rumata dan Kolatlena Angkat Bicara

    Baca Juga



    SBT, Kompastimur.com 
    Bencana alam (Abrasi) terus terjadi dari tahun ke tahun di Desa Elili Kecamatan Wakate, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), namun sampai saat ini pemerintah daerah lewat Badan Penanggulangan bencana daerah seperti buta dan terkesan cuek dengan masalah tersebut.

    Abrasi ini kini menjadi perhatian Ketua KNPI SBT, Rusdy Rumata dan Ketua Fraksi Gerindra, Alimudin Kolatlena yang ikut memberi tanggapan terkait hal tersebut.

    Rumata menjelaskan, bencana alam (Abrasi) yang terjadi di Desa Elili telah terjadi setiap tahun, namun sampai saat ini tidak ada perhatian khusus dari Pemerintah Daerah  lewat dinas teknis seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), untuk itu, selaku Pimpinan Pemuda di daerah, pihaknya mendesak BPBD SBT Agara sesegar mungkin memperhatikan kondisi yang saat ini dialami oleh warga Elili, 

    "Kami menegaskan kepada pemerintah daerah melalui dinas Bencana Alam untuk segera memperhatikan keadaan ini," ucap Rumata kepada Kompastimur.com, Senin (11/02) di Bula.

    Menurutnya, mestinya Pemerintah Daerah menetapkan kondisi tersebut dalam kondisi tanggap darurat, karena kondisi yang dialami masyarakat Desa Elili tersebut telah berlansung cukup lama sehingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah harus mengambil langka-langka kongkrit. Jika ini dibiarkan terus menerus maka secara tidak langsung Pemerintah Daerah telah melakukan proses pembiaran terhadap masalah yang sementara dihadapi masyarakat Desa Elili.

    "Sudah seharusnya pemerintah tetapkan tanggap darurat pada daerah tersebut, karena bukan baru sekarang,  tahun lalu juga masyarakat setempat suda mengalami keadaan ini," pintanya.

    Ditempat terpisah, Ketua Fraksi Partai Gerinda, Alimudin Kolatlena meminta perhatian serius Pemerintah Daerah, dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD SBT) terkait dengan kondisi yang dialami oleh Warga Elili.

    Ditambahkan, mestinya kondisi seperti ini (bencana alam) Pemda harus responsif dalam menanggapi, bukan mengabaikannya.

    "Kami minta perhatian serius Pemda SBT, Badan penanggulangan Bencana daerah untuk segera merespon kondisi tersebut," tegas Kolatlena.

    Permasalahan seperti Bencana Alam ini, Pemda mesti responsif dan tanggap karena ini soal kemanusiaan sehingga tidak perlu menunggu prosedural yang kaku.  Paling tidak,  begitu mendapat informasi langsung On The Spot untuk meninjau secara langsung, supaya warga tahu kita peduli dan hadir untuk mereka.

    “Kepada Camat sebagai koordinator wilayah semoga secepat mungkin berkorordinasi dengan Pemda untuk penanganan dan penanggulangan bencana di Desa Elili,” tegasnya. (KT/FS)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Abrasi Ancam Desa Elili, Rumata dan Kolatlena Angkat Bicara Rating: 5 Reviewed By: A L
    Scroll to Top
    *Terima Kasih Sudah Berkunjung ke Portal Kami* Terus Update dan Berbagi Pengetahuan Dengan Dunia*