• Headline News


    Monday, January 21, 2019

    Polres SBB Mediasi Warga Hualoy Terkait Blokade Jalan Trans Seram



    SBB, Kompastimur.com 
    Terkait pemblokiran jalan trans seram di desa Hualoy Kecamatan Amalatu Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) akibat di aniayanya salah satu warga desa setempat membuat Polres SBB harus turun tangan untuk melakukan mediasi dengan pemerintah desa tersebut, Minggu (20/01/2019).

    Bertempat di Kediaman Pejabat Negeri Hualoy, Kabag Ops SBB AKP Akmil Djapa, Kasat Intelkam Res SBB IPTU M. Wenno, Kasat Resmrim Res SBB IPTU R.W Hahury, S.Sos melakukan mediasi dengan para tokoh dan masyarakat Desa Hualoy.

    Pada mediasi itu Penjabat Desa Negeri hasim tubaka, SH mengatakan bahwa pada prinsipnya selaku Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Hualoy mendukung perdamaian, namun masyarakat Desa Hualoy, mengharapkan agar pelaku penganiyaan yang terjadi kepada masyarakat Desa Hualoy di Kota Ambon bisa ditangkap dan di proses sesuai hukum yang berlaku.

    Tak hanya itu, Hadi Wakano, Tokoh masyarakat Desa Hualoy mengatakan Polisi saat ini memiliki peralatan yang dilengkapi dengan alat elektronik untuk bisa melacak teroris untuk bisa ditangkap, sementara pelaku penganiayaan asal masyarakat Latu sampai saat ini belum bisa ditangkap.

    “Polisi kan memiliki Peralatan canggi soal pelacakan, bagaimana bisa pelaku penganiayaan warga kami belum bisa ditangkap,” ketus Wakano.

    Tokoh Pemudah dese itu, Kamarudin Tabuka menjelaskan, aksi blokade jalan ini adalah aksi kekecewaan masyarakat Desa Hualoy terhadap kinerja Polisi yang tidak bisa mengungkap Pelaku warga Desa Latu yang melakukan penganiyaan terhadap warga Desa Hualoy.

    “Warga Deaa Hualoy sangat tidak setujuh personil Polisi melakukan Patroli dengan menggunakan Senjata laras Panjang, seakan - akan masyarakat Desa Hualoy adalah pihak tersangka yang melakukan tindak pidana kekerasaan tersebut,” kesalnya.

    Tokoh Agama Desa Hualoy Ust. Karim Djumad juga menyesalkan hal itu, karena kesan diwarga Hualoy bahwa selama ini pelaku dari warga Latu tidak pernah ditangkap, sehingga timbul kesan di masyarakat Desa Hualoy bahwa tidak adanya keadilan dan aksi pemblokiran jalan adalah bentuk kekecewaan warga Hualoy terhadap keadilan.

    Mendengar keluhan Warga,  Kabag Ops Polres SBB AKP Akmil Djapa menjelaskan untuk Proses penanganan kejadian tindak pidana yang terjadi terhadap korban warga Desa Hualoy sudah ditangani Polres Ambon dan Pulau - Pulau Lease.

    “Ada Team yang telah dibentuk untuk mengungkap pelaku yang diduga warga Desa Latu, namun semuanya membutuhkan waktu dan proses, kami juga dari pihak Poles SBB tidak tinggal diam terkait dengan persoalan tersebut,” sebutnya.

    Dijelaskan Akmil, kehadiran Polisi disini untuk memberikan situasi kamtibmas yang aman kepada masyarakat, serta kegiatan patroli yang dilakukan bukan saja di Desa Hualoy, namun secara menyeluruh di wilayah hukum Polres SBB.

    Sementara, Kasat Intelkam Polres SBB IPTU Marthin Wenno dikesempatan itu menuturkan terkait kejadian penganiyaan itu, berbagai cara dan upaya secara berjenjang telah kita laksanakan, Polisi tidak tinggal diam untuk mengungkap pelaku penganiayaan.

    “ Saya mengharapkan kepada basudara gandong Desa Hualoy untuk mendukung Polres SBB dalam menjaga situasi Kamtibmas di kedua Desa ini,” ajak Kasat.

    Alhasil dari mediasi tersebut masyarakat Desa Hualoy bersedia untuk membuka Blokir Jalan dengan tuntutan agar pelaku segera ditangkap dan sekitar Pukul 12.50 wit, pemblokiran jalan trans seram Desa Hualoy dibuka oleh Kabag Ops Res SBB, Kasat Intelkam Res SBB dan Kasat Reskrim Res SBB serta para tokoh masyarakat Desa Hualoy dengan tuntutan, Persoalan tindak pidana yang terjadi diserahkan kepada pihak Kepolisian Polres SBB dan Pulau Ambon dan Pulau - pulau Lease untuk segera memerintahkan personil Kepolisan asal Desa Latu untuk mencari dan menangkap para pelaku dan apabila tidak membuahkan hasil, maka diberikan tindakan tegas / sanksi. (KT/AJ)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Polres SBB Mediasi Warga Hualoy Terkait Blokade Jalan Trans Seram Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top